Rahasia Ryan's Toys Review, Youtuber Paling Kaya Versi Forbes

Wow! Youtuber cilik kesukaan anak mama ini jadi orang berpenghasilan paling tinggi menurut Forbes!

5 April 2019

Rahasia Ryan's Toys Review, Youtuber Paling Kaya Versi Forbes
YouTube/Ryan's Toys Review

Ternyata memiliki akun YouTube bisa jadi terkenal dan kaya raya. Majalah bisnis, Forbes, baru-baru ini merilis daftar 10 YouTuber yang memiliki penghasilan tertinggi dari akun YouTube-nya. Dan, yang masuk rangking pertama adalah Akun Youtube, Ryan's Toys Review. 

Anak berumur 7 tahun bernama Ryan menjadi milyuder karena video-video YouTube-nya. Menurut catatan Forbes selama 1 tahun, yaitu dari 1 Juni 2017-1 Juni 2018, akun Ryan's Toys Review mendapat penghasilan 22 juta Dollar AS atau setara dengan Rp 312,4 milyar per tahun.

Di daftar penghasilan YouTuber versi Forbes ini, Ryan mengalahkan YouTuber-YouTuber kondang misalnya Jake Paul (rapper), Dude Perfect (olahragawan), DanTDM (gamer). 

Bagaimana Ryan bisa sukses? Ini fakta tentang Ryan yang Popmama.com rangkum sebagai inspirasi untuk Mama. 

1. 18 juta orang suscribe akun Ryan

1. 18 juta orang suscribe akun Ryan
YouTube/Ryan's Toys Review

Ryan menjadi lakon di dua kanal YouTube. Yang pertama yang paling terkenal adalah kanal Ryan’s Toys Review. Suscribernya sudah hampir 19 juta orang! Akun yang kedua adalah Ryan’s Family Review yang telah memiliki lebih dari 3.7 juta suscriber. 

Di kanal kedua, Ryan tampil bersama kedua adik kembar perempuannya. 

2. Video bertema kejutan yang bikin ketagihan

2. Video bertema kejutan bikin ketagihan
YouTube/Ryan's Toys Review

Seperti kebanyakan anak-anak yang lahir di zaman now, Ryan sangat suka menonton YouTube. Video favoritnya adalah tentang review mainan. Tapi, tidak seperti anak lain, Ryan kemudian ingin punya video sendiri. 

Tidak ingin sama dengan anak-anak yang melakukan review mainan, video Ryan dibuat berbeda. Sang Mama Ryan, membuat video review 100 mainan dari karakter film Cars dengan cara yang unik. Ia membuat telur raksasa yang disebut  Ryan’s Giant Surprise Eggs.

Di dalam telur raksasa yang dibuat dari karton, mama Ryan memasukkan aneka mobil dan mainan karakter Cars. Keseruan Ryan mengambil mainan dari dalam telur raksasa itu ternyata memikat anak-anak yang menonton video mereka.  

Editors' Picks

3. Menyembunyikan nama keluarga

3. Menyembunyikan nama keluarga
YouTube/Ryan's Toys Review

Begitu video pertama dirilis pada Maret 2015, Ryan langsung punya fans. Demi keamanan dan menjaga privasi mereka, orangtua Ryan memutuskan untuk tidak mengungkap nama lengkap Ryan.

Yang diketahui adalah Ryan tinggal di Amerika Serikat bersama orangtua dan adik kembarnya.

4. Kerjasama keluarga dan Mama yang resign

4. Kerjasama keluarga Mama resign
YouTube/Ryan's Toys Review

Penggemar Ryan terus meningkat. Sang Mama merasa perlu lebih serius lagi membuat video untuk anaknya. Akhirnya, ia memilih resign dari pekerjaannya. Mama dan papa Ryan kemudian mulai ikut muncul di dalam video. Salah satu video yang banyak ditonton adalah Ryan’s Box Challenge dan Smash Challenge. 

Video Ryan memang bisa membuat penonton penasaran karena ada unsur kejutannya. Tidak heran jika anak-anak betah hingga 10-15 menit menonton video Ryan.

5. Pesona dua adik kembar yang ikut ambil peran

5. Pesona dua adik kembar ikut ambil peran
YouTube/Ryan's Toys Review

Ryan punya adik perempuan kembar, Emma dan Kate yang sekarang ini ikut tampil di kanal YouTube  Ryan’s Family Review. Keceriaan Emma dan Kate membuat suasana review menjadi lebih seru dan menarik. 

6. Punya produk mainan dengan namanya

6. Pu produk mainan namanya
YouTube/Ryan's Toys Review

Di ujung tahun 2017, keluarga Ryan menandatangani kerjasama dengan Pocket.watch, sebuah perusahaan multiplatform media untuk anak-anak.

Mereka membuat perjanjian untuk membuat aplikasi, buku, lisensi, dan mainan dengan nama Ryan sebagai mereknya. Wow! 

Tips Menjadi Influencer Digital

Tips Menjadi Influencer Digital
Flickr/Esther Vargas

Bagaimana caranya bisa sukses seperti keluarga Ryan? Mama Ryan memberikan tipsnya seperti yang dikutip dari inc-asean.com:

  • Jangan dengar komentar negatif orang. Mama Ryan tahu bahwa banyak orang juga memberikan komentar negatif mengenai kanal mereka. Namun, mama Ryan memutuskan untuk tidak ambil pusing dengan komentar-komentar itu. 
  • Jangan terlalu banyak berpikir. Waktu pertama kali Ryan meminta mamanya membuat video, sang Mama tidak tahu bagaimana cara membuatnya, bahkan ia tidak paham cara mengunggah video ke YouTube. “Saya belajar saja dan coba-coba sendiri. Saya nggak pernah berpikir bahwa ini akan menjadi besar. Saya hanya ingin Ryan senang karena ia meminta bikin video dan ia senang melakukannya,” kata sang Mama. 
  • Jangan berhenti mencoba. Video pertama yang dibuat Ryan adalah Giant Egg Surprise yang mereview 100 mainan dari Disney Pixars, Cars. “Saya tidak menghitung berapa banyak yang menonton. Saya hanya mencoba dan ternyata langsung banyak penontonnya. Tahu begitu, saya bikin banyak video sejenis, haha,” kata mama Ryan. 
  • Lakukan yang disuka saja. Tips sukses lainnya adalah, “Lakukan yang sangat disuka. Sesuatu yang tanpa paksaan, pasti hasilnya menyenangkan,” kata mama Ryan. Mama Ryan tidak pernah memaksa anaknya untuk membuat video-video itu. Ryan malah selalu happy ketika mamanya bilang, “Yuk, bikin video!” Ryan dan adik-adiknya akan sangat bersemangat. Itu kunci video-video yang ditampilkan menjadi sangat natural dan terlihat sekali keceriaan keluarga ini. Menyenangkan ya, Ma?

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.