TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

15 Kegiatan Seru untuk Mengisi Waktu Liburan Anak di Rumah

Liburan tetap bisa terasa menyenangkan dan berkesan meski dilakukan di rumah

19 Juni 2022

15 Kegiatan Seru Mengisi Waktu Liburan Anak Rumah
Freepik/freepik

Liburan sekolah telah di depan mata! Jika mendengar kata liburan, sebagian orang pasti berpikir tentang berbagai aktivitas menyenangkan yang dilakukan di luar rumah. Nyatanya tidak hanya itu, Ma.

Liburan tetap bisa berjalan mengasyikkan bagi anak meski dilakukan di dalam rumah. Dari membuat prakarya, eksperimen sains, hingga permainan dalam ruangan lainnya bisa dilakukan untuk membuat masa liburan semakin berkesan.

Sebagai referensinya, berikut Popmama.com telah rangkum sejumlah kegiatan seru untuk mengisi waktu liburan anak di rumah melansir dari School Holidays.

1. Movie marathon bersama anak

1. Movie marathon bersama anak
Freepik/Angel_nt

Siapa di antara Mama yang memiliki anak suka menonton film?

Kegiatan maraton film menjadi pilihan untuk mengisi kegiatan di masa liburan. Tuliskan daftar film yang memungkinkan ditonton bersama anak-anak, seperti ‘Barbie’, ‘Shrek’, ‘Frozen’, dan banyak lagi.

Mama bisa memanfaatkan layanan streaming untuk memperoleh film yang cocok ditonton bersama anak. Akan lebih bermanfaat jika Mama bisa meminta anak menuliskan nilai positif yang didapatkan setelah menonton film.

2. Mengasah kreativitas dengan membuat prakarya

2. Mengasah kreativitas membuat prakarya
Freepik/frimufilms

Ingin mengasah kreativitas anak?

Cobalah membuat prakarya atau kerajinan bersama dengan anak-anak mama. Sediakan beberapa kertas berwarna, lem, gunting, spidol, dan stiker berwarna untuk alat-alat yang diperlukan.

Membuat kerajinan dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan kemampuan anak dalam mengikuti instruksi. Selain itu, kerajinan tangan juga dapat membantu anak mama mengembangkan keterampilan motorik halus.

3. Mainkan permainan papan atau permainan tebak-tebakan

3. Mainkan permainan papan atau permainan tebak-tebakan
Freepik/Vadiar

Bermain board game atau tebak-tebakan merupakan salah satu aktivitas yang menyenangkan untuk dilakukan anak-anak di rumah. Hampir setiap keluarga setidaknya pasti memiliki satu papan permainan di rumah, seperti monopoli, scrabble, ular tangga, dan permainan lainnya.

Selain permainan papan, Mama dan anak juga bisa mencoba bermain tebak-tebakan. Langkah pertama, tentukan tema terlebih dahulu, misalnya hewan atau karakter kartun. Kemudian, cobalah memberikan petunjuk agar anak bisa menebak hewan atau karakter yang dimaksud.

4. Membuat game indoor hasil kreasi sendiri

4. Membuat game indoor hasil kreasi sendiri
Freepik/freepik

Jika masa liburan tahun ini harus dihabiskan di dalam rumah, jangan khawatir. Jika Mama dan anak merasa bosan dengan permainan papan yang dimiliki, maka cobalah membuat permainan hasil kreasi sendiri.

Biarkan anak terlibat dalam proses pembuatan demi membuat imajinasi mereka melambung. Pikirkan permainan indoor buatan sendiri yang sekiranya bersifat menyenangkan untuk dimainkan di rumah. Bisa seperti permainan kartu, mencari harta karun, dan lain sebagainya.

5. Mainkan permainan ‘jangan biarkan balon menyentuh lantai’

5. Mainkan permainan ‘jangan biarkan balon menyentuh lantai’
freepik/serhii_bobyk

Sedang mencari ide permainan untuk dimainkan bersama anak di dalam rumah? Cobalah permainan balon satu ini untuk mengusir rasa bosan. Peraturannya cukup mudah, yakni jangan biarkan balon menyentuh lantai.

Jika Mama ingin membuatnya lebih menantang untuk anak-anak, cobalah suruh mereka untuk membawa lebih dari satu balon atau menyimpan kedua tangan di belakang punggung selagi menuju garis finish. Siapa pun yang sampai ke garis finish duluan, dialah pemenangnya.

6. Bermain bowling dalam ruangan

6. Bermain bowling dalam ruangan
Freepik/freepik

Banyak yang tidak menyadari bahwa bermain bowling juga bisa dilakukan di rumah. Nah, bagi Mama yang memiliki anak tertarik dengan dunia bowling, ini saatnya memanfaatkan kesempatan itu.

Peralatan yang diperlukan untuk bermain bowling di rumah pun cukup simpel, hanya perlu menyiapkan gelas plastik atau botol plastik sebagai pin bowling. Gunakan bola apa saja yang tersedia di rumah untuk dijadikan bola bowlingnya.

Editors' Picks

7. Melakukan eksperimen sains di rumah

7. Melakukan eksperimen sains rumah
Freepik/freepik

Jika Mama ingin melakukan sesuatu yang menyenangkan dan mendidik bersama anak, cobalah melakukan beberapa eksperimen sains. Selain mengasyikkan, kegiatan ini juga dapat menambah ilmu baru bagi anak.

Tanpa disadari, eksperimen sains seolah mengajarkan anak terus belajar sesuatu yang baru dan bisa menjaga pikiran mereka tetap aktif bahkan saat liburan. Sebagai contohnya, Mama dan anak bisa membuat slime kreasi sendiri.

8. Membuat rumah boneka dari kardus

8. Membuat rumah boneka dari kardus
Freepik/Tan4ikk

Mama dan anak bisa memanfaatkan bahan-bahan yang berada di rumah untuk membuat rumah boneka beserta isinya. Sebuah kotak atau kardus bisa dimanfaatkan untuk membangun rumah boneka.

Untuk mencoba aktivitas ini bersama anak-anak, Mama bisa menonton video-video yang tersebar di YouTube atau internet untuk mendapatkan inspirasi. Cari video yang berkaitan dengan kerajinan boneka demi memperoleh ide terbaik agar anak-anak bisa terhibur.

9. Jelajahi seni sensorik dengan menyuruh anak membuat karya seni

9. Jelajahi seni sensorik menyuruh anak membuat karya seni
Freepik/master1305

Salah satu kegiatan indoor yang menarik untuk mengisi masa libur anak adalah mengeksplorasi seni sensorik. Untuk membuat aktivitas semakin menyenangkan, cobalah nyalakan lagu dan biarkan anak berkreasi.

Hargai karya apa pun yang dihasilkan anak. Selain memberikan apresias lewat kata-kata, Mama bisa memajang karya mereka di rumah, seperti digantung di depan pintu kamar atau ditempelkan di pintu kulkas.

10. Membuat scrapbook

10. Membuat scrapbook
freepik/tirachardz

Ada begitu banyak kegiatan kreatif untuk membuat masa liburan di rumah terasa berkesan, salah satunya ialah dengan membuat scrapbook, terlebih jika anak mama memiliki bakat seni dan suka membuat kerajinan.

Scrapbook merupakan cara kreatif untuk menyimpan foto-foto yang sudah dicetak, daripada hanya menyimpan kenangan tersebut di album foto biasa. Selain meningkatkan kreativitas, scrapbook juga akan membantu Mama dan anak terasa lebih terikat, apalagi setelah melihat momen yang diabadikan dalam foto.

11. Membuat origami bisa melatih konsentrasi anak

11. Membuat origami bisa melatih konsentrasi anak
Freepik/Kryazhevaalena

Mama pasti sudah tidak asing dengan kertas origami, bukan? Kegiatan seni melipat kertas asal Jepang ini bisa menjadi agenda menyenangkan untuk mengisi masa liburan di rumah.

Bahkan, penelitian telah menunjukkan bahwa origami dapat membantu mengembangkan koordinasi tangan, mata, meningkatkan keterampilan motorik halus, dan melatih konsentrasi.

12. Pelajari resep baru dan ajak anak untuk memasak bersama

12. Pelajari resep baru ajak anak memasak bersama
Freepik/Tirachardz

Banyak anak yang senang membantu orangtuanya ketika memasak di dapur. Hal tersebut dapat dimanfaatkan Mama untuk mengasah keterampilan memasak, namun dengan cara yang menyenangkan.

Memasak bersama anak diketahui memiliki dampak jangka panjang pada kebiasaan makan sehat mereka. Selain itu, mereka juga bisa belajar cara menyiapkan makanan, melatih kemandirian, dan tentunya kerja sama tim antara Mama dan anak.

13. Mendekorasi ulang kamar tidur anak

13. Mendekorasi ulang kamar tidur anak
Freepik/vanitjan

Sangat dianjurkan untuk mengajarkan anak rapi dan teratur sejak usia dini, karena hal tersebut bisa menjadi kebiasaan yang baik di masa mendatang. Salah satu caranya ialah dengan mengajak anak bersih-bersih atau mendekorasi kamar tidur bersama.

Merubah dekorasi kamar bisa membuat anak merasa tidak bosan dengan interior yang itu-itu saja. Terlebih, kamar diketahui bisa menjadi tempat produktivitas tercipta. Selagi menata ulang kamar, Mama bisa sambil memutar musik untuk membuat prosesnya lebih menyenangkan.

14. Menyelesaikan buku baru setiap minggu

14. Menyelesaikan buku baru setiap minggu
Freepik/freepik

Beberapa penelitian telah menunjukkan pentingnya membaca untuk anak-anak, bahkan di usia muda sekali pun. Waktu liburan menjadi momen yang tepat untuk mendorong kebiasaan baik ini.

Untuk memulainya, setidaknya tetapkan tujuannya terlebih dahulu agar anak semakin bersemangat untuk menyelesaikan buku yang mereka baca. Bisa dimulai satu buku baru setiap minggu selama liburan.

Jika anak mama belum mengembangkan kebiasaan membaca buku, maka pertimbangkan untuk menerapkan blok bacaan. Lima belas hingga dua puluh menit waktu membaca per hari adalah awal yang baik. Bergantung pada usia anak mama dan kemampuan membaca.

15. Beri penghargaan kecil-kecilan setiap anak melakukan pekerjaan rumah

15. Beri penghargaan kecil-kecilan setiap anak melakukan pekerjaan rumah
Freepik/karlyukav

Salah satu cara yang baik untuk membuat anak-anak tetap produktif selama liburan sekolah adalah dengan meminta mereka membantu pekerjaan rumah. Ini juga bisa memberi pelajaran kepada mereka bahwa pekerjaan rumah juga menjadi tanggung jawab mereka.

Nah, agar anak semakin bersemangat melakukannya, maka cobalah membuat sistem penghargaan. Hadiahnya bisa apa saja, mulai dari memilih apa yang akan dimakan untuk makan malam, memilih film untuk ditonton, atau tambahan makanan penutup setelah makan malam.

Nah jadi itulah sejumlah kegiatan seru untuk mengisi waktu liburan anak di rumah. Jadi sekarang sudah tidak bingung lagi kira-kira waktu liburan ingin diisi dengan apa? Selamat mencoba, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk