7 Kebiasaan Sederhana untuk Meningkatkan Kesehatan Jantung Anak

Kebiasaan kecil ini bermanfaat untuk anak saat dewasa nanti, Ma

24 Oktober 2019

7 Kebiasaan Sederhana Meningkatkan Kesehatan Jantung Anak
Freepik/lsantilli

Dalam budaya yang dibanjiri dengan kebiasaan dan makanan yang tidak sehat, ini bisa menjadi tantangan besar bagi orangtua untuk menanamkan kebiasaan sehat yang baik kepada anak mereka.

Walaupun mungkin mustahil untuk sepenuhnya menghindari makanan cepat saji, ada banyak pilihan untuk meningkatkan kesehatan jantung pada anak.

Untuk mengajari anak kebiasaan positif yang akan melindungi mereka dari berbagai bentuk penyakit jantung, cobalah mengadopsi beberapa kebiasaan berikut ini yang dirangkum Popmama.com.

1. Matikan TV (atau gadget) dan mengurangi screen time

1. Matikan TV (atau gadget) mengurangi screen time
Freepik/good24

Jangan biarkan anak jatuh ke dalam pola menonton TV tanpa henti, ini berlaku juga untuk gadget. Jika anak menghabiskan seluruh waktu untuk menonton TV dan duduk di depan komputer sekarang, mereka akan melakukan hal yang sama ketika dewasa nanti. Ketika anak menghabiskan banyak waktu duduk di depan TV, mereka tidak bergerak. Kurang bergerak tidak baik untuk kesehatan jantung.

Tetapkan batas waktu untuk TV atau komputer untuk setiap hari, dan kemudian dorong anak-anak untuk bermain di luar atau melakukan kegiatan lain.

2. Buat rutinitas makan malam bersama

2. Buat rutinitas makan malam bersama
Freepik/bearfotos

Jika makan malam bersama dilakukan rutin setiap malam, anak cenderung lebih sedikit mengemil makanan yang kurang sehat sepanjang sore.

Biasakan duduk untuk makan bersama sehingga anak mengharapkan makanan yang lezat di penghujung hari.

Kebiasaan makan bersama ini juga baik untuk memperkuat kedekatan antar anggota keluarga. Di sini orangtua memiliki kesempatan untuk bertanya tentang apa yang dikerjakan anak seharian.

Editors' Picks

3. Berolahraga bersama keluarga

3. Berolahraga bersama keluarga
Pixabay/minibaby

Alih-alih menonton film, lakukan perjalanan kecil ke taman! Naik sepeda di sekitar lingkungan atau bermain sepak bola. Kegiatan kelompok adalah cara yang bagus untuk memastikan bahwa anak mendapatkan banyak olahraga sehingga mereka memiliki jantung yang sehat.

Banyak olahraga seru yang bisa dilakukan di luar maupun di dalam rumah, Ma. Tidak hanya itu, bermain di luar ruangan pun bisa membuat anak menjadi aktif bergerak.

Yuk, ajak anak bermain dan berolahraga di luar.

4. Beri anak tugas yang membuat mereka bergerak

4. Beri anak tugas membuat mereka bergerak
Freepik/Bearfotos

Jika Mama kesulitan memikirkan cara untuk membuat anak bergerak dari sofa, minta mereka untuk mengerjakan tugas-tugas yang membuat mereka bergerak. Mama dapat meminta anak untuk mencuci mobil, menyapu daun, atau memotong rumput.

Dibutuhkan taktik untuk  membuat anak melakukan pekerjaan rumah, terutama yang membuat mereka berkeringat. Beberapa anak mungkin tidak suka.

5. Sajikan makanan yang menyehatkan jantung

5. Sajikan makanan menyehatkan jantung
Freepik

Tawarkan makanan untuk anak yang mencakup beberapa makanan yang baik bagi jantung, seperti salmon, gandum utuh, sayuran segar, dan kacang-kacangan. Jika mereka terbiasa makan makanan ini sekarang, akan lebih mungkin untuk membuat pilihan diet yang baik saat mereka dewasa.

Kebiasaan makan yang sehat harus dipupuk sejak dini, Ma.

6. Hindari makanan yang digoreng dan berlemak

6. Hindari makanan digoreng berlemak
Pexels/Rawpixel.com

Ini merupakan hal yang paling sulit. Hampir semua orang menyukai makanan yang digoreng. Namun demi kesehatan jantung anak dan keluarga, kapan pun memungkinkan, jauhkan anak dari makan segala jenis makanan cepat saji, terutama jika itu digoreng.

Sebagai gantinya, Mama bisa menyiapkan cemilan sehat seperti jagung bakar, es buah buatan sendiri, atau kue tradisional.

7. Ajari anak membaca label pada kemasan makanan

7. Ajari anak membaca label kemasan makanan
Pexels/kumarkrishan

Latih anak untuk mempelajari makanan mereka sebelum mereka membelinya sehingga mereka tahu apa yang harus dicari dan apa yang harus dihindari. Membaca label nutrisi akan membuat mereka lebih sadar akan apa yang mereka makan. Kebiasaan baik ini akan terus mereka lakukan sampai dewasa.

Dengan melakukan beberapa tips sederhana ini, Mama tidak hanya membantu anak untuk menjaga kesehatan jantungnya sekarang, namun sampai ia dewasa kelak.

Apa yang Mama lakukan untuk membantu anak menjaga kesehatan jantungnya?

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.