Simak 6 Manfaat Bermain Board Game untuk Anak, Ma

Bermain tidak melulu menghabiskan waktu, Ma!

5 Maret 2020

Simak 6 Manfaat Bermain Board Game Anak, Ma
Pexels/Skitterphoto

Sangat disarankan bagi anak untuk diperkenalkan dengan board game pada usia dini sehingga mereka dapat bersenang-senang sambil mempelajari hal-hal baru.

Permainan papan atau board game untuk anak dirancang khusus untuk memberi manfaat bagi anak-anak dengan berbagai cara. Mulai dari meningkatkan daya konsentrasi hingga mengajarkan hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan.

Selain itu, permainan ini juga merupakan pengganti sempurna untuk anak yang kecanduan gadget. Apa saja manfaat lainnya? Popmama.com merangkum khusus untuk Mama di sini.

1. Menampilkan sisi kompetitif dan keterampilan kognitif anak

1. Menampilkan sisi kompetitif keterampilan kognitif anak
Freepik

Bermain board game dapat membuat anak menjadi termotivasi karena mereka sepenuhnya bertekad untuk memenangkan permainan. Permainan seperti itu memunculkan sisi kompetitifnya untuk mengalahkan lawan-lawan mereka. Hal ini akan diterapkan anak dalam kehidupan sehari-hari seperti saat melakukan perlombaan atau belajar.

Board game populer untuk anak-anak yang tersedia saat ini cukup inovatif dan membantu anak-anak mendapat manfaat dengan berbagai cara, salah satunya adalah meningkatkan keterampilan sosial mereka. Dengan permainan papan fantastis yang menuntut keterampilan dan banyak pemikiran membantu membangun kualitas seperti kesabaran dan tekad.

Juga, permainan yang menggunakan memori membantu mereka meningkatkan daya memori dan konsentrasi mereka. Ini tentu akan membantu anak untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis mereka serta tetap fokus untuk durasi yang lebih lama. Anak juga mengenal berbagai ekspresi verbal dan kata-kata baru ketika membaca peraturan atau tata cara bermain.

2. Membantu meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan pengambilan keputusan

2. Membantu meningkatkan keterampilan pemecahan masalah pengambilan keputusan
Freepik/Pressfoto

Permainan ini juga membantu meningkatkan keterampilan pemecahan masalah. Dengan tingkat yang semakin sulit seiring permainan berlangsung, anak semakin terlibat dalam permainan dan berusaha keras untuk menyelesaikan permainan seperti itu.

Ini dapat akan membantu anak di masa depan karena mereka akan memahami bagaimana menghadapi situasi kehidupan yang sebenarnya ketika mereka tumbuh dewasa. Anak akan belajar bagaimana menganalisis situasi tertentu dan memikirkan beberapa solusi yang layak.

Tidak hanya itu, permainan ini juga mengasah keterampilan pengambilan keputusan anak. Ada berbagai macam board game untuk anak yang tersedia di pasar yang berbasis strategi dan menuntut pemain untuk membuat keputusan penting di setiap tingkat tertentu.

Anak belajar bahwa keputusan mereka akan mempengaruhi hal-hal yang akan datang yang terjadi dalam permainan, ini akan meningkatkan konsentrasi saat mereka berpikir lebih keras dan membuat keputusan.

Editors' Picks

3. Membantu menjaga pola pikir positif untuk mencapai tujuan

3. Membantu menjaga pola pikir positif mencapai tujuan
Freepik

Sementara anak memainkan beberapa board game yang kompetitif, mereka belajar cara mencapai tujuan. Anak melakukan langkah yang berbeda, membuat sekutu, dan memahami strategi lawan mereka, di sini anak belajar mengembangkan pola pikir tentang bagaimana mencapai tujuan mereka dan memenangkan permainan.

Dalam kehidupan nyata juga, ini akan membantu mereka memiliki pola pikir positif untuk mencapai tujuan mereka.

4. Waktu berkualitas bersama keluarga

4. Waktu berkualitas bersama keluarga
eblcoaching.com

Aspek penting lainnya adalah anak menghabiskan waktu berkualitas bersama keluarga ketika bermain. Setiap anggota keluarga dapat memainkan board game dan ini merupakan cara terbaik untuk menghabiskan waktu bersama dan bersenang-senang.

Mama dapat memanfaatkan waktu ini untuk memahami anak dan mempererat hubungan dengan anak. Tunggu apalagi, yuk ajak anak bermain!

5. Mendapatkan pengetahuan baru

5. Mendapatkan pengetahuan baru
Pixabay/Bru-nO

Sambil bermain, anak pun mendapatkan pengetahuan baru, Ma. Bermain board game edukasi membuat anak belajar hal-hal baru dan mendapatkan pengetahuan sambil bersenang-senang dan bermain bersama teman-teman mereka.

Ini adalah salah satu peluang terbaik di mana Mama dapat mengajari anak beberapa fakta baru dan menarik serta nilai-nilai yang akan diingat anak untuk waktu yang lama. Sambil bermain pun anak mendapatkan banyak manfaat, Ma.

6. Anak belajar menerima kenyataan, menang atau kalah

6. Anak belajar menerima kenyataan, menang atau kalah
Pexels/Suzy Hazelwood

Di mana pun, anak akan menghadapi kemenangan atau kekalahan. Kalah seringkali terasa menyebalkan. Bermain board game secara teratur mengajarkan anak untuk menangani kekalahan dengan baik. Anak akan belajar bahwa dari kekalahan, mereka mendapatkan pelajaran dan pengalaman.    

Ini adalah hal terpenting yang harus dipelajari oleh anak.

Apakah anak dan Mama memiliki board game kesukaan di rumah? Yuk, komen di bawah.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.