7 Kegiatan "Sepele" yang Ternyata Membuat Anak Terkesan dan Bahagia

Ini mungkin tak terlalu penting bagi Mama, namun ternyata bisa membuat anak terkesan hingga dewasa

22 Agustus 2019

7 Kegiatan "Sepele" Ternyata Membuat Anak Terkesan Bahagia
Pixabay/Pexels

Pernahkah Mama bertanya kepada si Anak, hal berkesan apa yang paling ia ingat saat menghabiskan waktu bersama keluarga? 

Jawabannya bisa jadi mengejutkan loh, Ma. Mungkin bukan liburan ke luar negeri atau menerima hadiah mahal yang membuat mereka terkesan selama hidup mereka. Namun, bisa saja hal itu sebatas kejadian sehari-hari seperti membuat sup bersama dan ternyata ada ulat besar di sayur yang membuat si Anak menjerit misalnya. Atau, hal ini bisa jadi bersepeda bersama si Ayah setiap sabtu sore, hanya sekadar berkeliling kompleks.

Intinya, justru kebersamaan bersama keluargalah yang melekat di memori si Anak. Kebersamaan ini tentunya menunjukkan bonding seperti apa yang dimiliki oleh keluarga Mama. Kelak, momen-momen kebersamaan itulah yang akan si Anak ingat hingga dewasa. Memori inilah yang akan ia bagikan dan lakukan jika ia berkeluarga nanti, yang menebarkan kebahagiaan di seluruh anggota keluarganya.

Inilah 7 ide kegiatan sehari-hari (dan terlihat sepele) yang dapat Mama lakukan namun akan berkesan dan memberi banyak hal bagi anak:

1. Memasak bersama

1. Memasak bersama
Pixabay/Anna Prosekova

Baik itu membuat kue, atau memasak masakan lainnya, libatkan anak dalam pembuatannya. Beri mereka tugas-tugas kecil yang tak berbahaya seperti menakar atau mengaduk. Tak dipungkiri, mungkin Mama justru lebih repot membersihkan tepung yang bertebaran atau gula yang tumpah. Namun, hal ini akan membuat si Anak berguna dan menantikan saat-saat memasak bersama Mama, memperkuat hubungan antara ibu dan anak.

2. Memberi makan satwa peliharaan

2. Memberi makan satwa peliharaan
Pixabay/Lenka Novotná

Lagi-lagi hal ini terlihat sepele. Namun, libatkan anak dalam memberi makan kucing, anjing, atau burung kesayangan. Hal ini bisa membangun rasa bertanggungjawab dan kebanggaan dalam diri anak, karena mereka bisa merawat satwa peliharaan mereka. Selain itu, kebiasaan ini juga akan meningkatkan rasa kepedulian mereka terhadap mahkluk hidup di sekitar mereka. 

3. Memandikan anak

3. Memandikan anak
Pixabay/lisa runnels

Biasanya anak akan diburu-buru saat mandi. Apalagi menjelang berangkat ke sekolah. Sesekali, ajak si Kakak mandi bersama adiknya yang masih kecil. Atau sesekali luangkan waktu Mama untuk memandikannya dalam keadaan santai bahkan berlama-lama sambil bermain air. Bermain air tentunya adalah hal yang seru. Hal-hal seperti ini secara Mama tak sadari bisa membuat tubuh lebih rileks dan menenangkan hati.

Editors' Picks

4. Minum bersama

4. Minum bersama
Pixabay/Couleur

Mama suka menghabiskan pagi atau sore dengan menyediakan waktu khusus untuk minum teh atau kopi? Sesekali, ajak anak-anak bergabung dengan Mama. Tuangkan susu mereka di gelas dan ajak mereka minum bersama sambil mengobrol. Pilih tempat-tempat yang berbeda seperti di teras rumah alih-alih di dalam rumah. Memindahkan beberapa bangku atau menggeser meja untuk beberapa saat akan menciptakan suasana yang berbeda. Dengan menciptakan waktu seperti ini, Mama juga bisa semakin dekat dengan anak.

5. Bermain bersama

5. Bermain bersama
Pixabay/ErikaWittlieb

Dalam kesibukan sehari-hari yang menggila, coba Mama ingat-ingat, seberapa banyak Mama meluangkan waktu bermain bersama anak-anak? Permainan ular tangga, kartu, ludo, halma, monopoli, atau uno tentunya mengasyikkan jika dilakukan bersama keluarga. Selain itu, Mama bisa juga ikut bergabung dalam permainan yang ia ciptakan, seperti saat bermain boneka atau mobil-mobilan. Walaupun terlihat sepele bagi Mama, namun keterlibatan yang Mama tawarkan memiliki arti besar bagi anak. Tertawa bersama dalam keseruan yang diciptakan permainan ini akan memperkuat bonding antara orangtua dan anak. 

6. Membaca bersama

6. Membaca bersama
PIxabay/Csaba Orban

Membaca buku, bahkan sejak bayi, tentunya memberikan banyak kegunaan yang telah umum diketahui orang. Bahkan saat si Anak mulai sekolah, Mama tetap bisa memanfaatkan momen membacakan buku untuk menghabiskan waktu bersama. Buku akan mengantarkan anak berkeliling dunia, memberinya banyak pengetahuan bagi kehidupannya. Pilih waktu yang santai seperti saat ia hendak tidur siang, maupun saat ia hendak tidur malam, atau bahkan sehabis makan malam. 

7. Berjalan bersama

7. Berjalan bersama
Pixabay/rawpixel

Saat akhir pekan tiba, bawalah si Anak berjalan-jalan ke sekitar rumah. Jangan gunakan kendaraan bermotor. Namun gunakan sepeda atau bahkan lebih naik lagi, berjalan kaki. Pilihlah waktu pagi saat udara masih segar, atau sore, saat orang ramai berkegiatan. Cari pula jalanan yang jarang dilewati kendaran, jalan yang melalui taman, atau bahkan perkampungan. Ajaklah anak untuk melihat hal-hal yang jarang ia (bahkan Mama) perhatian selama ini. Selain belajar untuk memperhatikan keadaan sekitar, ia kan mendapatkan banyak hal dari pengamatan yang ia lakukan saat berjalan-jalan bersama keluarga.

Momen bersama keluarga yang paling melekat pada ingatan anak adalah masa yang paling ia anggap menyenangkan dan bahagia. Momen ini mendekatkannya pada keluarga, dan akan terus ia kisahkan kepada keluarganya kelak. Jadi, Mama, mari luangkan waktu bersama anak untuk menciptakan memori yang indah bersama keluarga. 

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;