Jenis Sumber Daya Alam Berdasarkan Habitatnya, Terestris dan Akuatik

Sumber daya alam di Indonesia tidak terhitung jumlahnya loh

8 September 2021

Jenis Sumber Daya Alam Berdasarkan Habitatnya, Terestris Akuatik
Pexels/quang-nguyen-vinh-222549

Indonesia memiliki beragam sumber daya alam dan sangat berlimpah. Hal tersebut dikarenakan iklim dan kondisi bentuk muka bumi yang bermacam-macam, sehingga mengakibatkan keragaman sumber daya alam. Hal itu pula yang menyebabkan setiap wilayah di Indonesia memiliki kekayaan alam yang berbeda-beda.

Kehidupan manusia di bumi ini tidak bisa lepas dari sumber daya alam karena pada setiap aktivitasnya manusia membutuhkan sesuatu yang berasal dari alam untuk digunakan dalam kebutuhan hidup, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Tidak hanya membutuhkan hewan, tumbuhan, dan air, tetapi manusia juga memerlukan komponen seperti mikroorganisme, gas alam, minyak bumi, berbagai jenis logam, tanah, dan lainnya.

Meski begitu, ada pula sumber daya alam yang tidak boleh dimanfaatkan begitu saja. Apalagi sampai di eksploitasi secara berlebihan.

Apa itu sumber daya alam?

Menurut buku Alam Melimpah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, sumber daya alam (SDA) adalah semua bahan yang ada di alam yang dapat ditemukan dan dimanfaatkan oleh manusia untuk kepentingan hidupnya.

Sementara menurut istilah, sumber daya alam adalah segala sesuatu yang berasal dari alam dan memiliki nilai guna untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

Terdapat berbagai jenis sumber daya alam berdasarkan kemungkinan pemulihan, materi, dan habitat.

Nah, kali ini Popmama.com hanya akan membahas 2 jenis sumber daya alam berdasarkan habitat, yaitu sumber daya alam terestris dan akuatik. Yuk disimak rangkumannya!

1. Sumber daya alam terestris

1. Sumber daya alam terestris
Pexels/minan1398

Sumber daya alam terestris (daratan) merupakan sumber daya yang berhubungan dengan tanah sebagai lahan dan segala sumber sumber daya yang berasal dari daratan.

Biasanya, sumber daya alam terestris dimanfaatkan untuk berbagai aktivitas masyarakat guna memenuhi kebutuhan hidup dan sebagai bahan industri, seperti genteng, keramik, guci, dan lain-lain).

Editors' Picks

Contoh-contoh sumberdaya terestris?

1. Hutan

Hutan merupakan salah satu sumberdaya alam yang bernilai tinggi dan banyak dimanfaatkan manusia untuk keberlangsungan hidup.

Di Indonesia, terdapat banyak hutan-hutan yang luas, hingga Indonesia menjadi salah satu negara paru-paru dunia.

Biasanya, hutan dimanfaatkan oleh manusia sebagai sumber oksigen dan kebutuhan pangan, serta industri. Misalnya, pembuatan rumah dan alat-alat berbahan dasar kayu, hingga industri pembuatan kertas. Selain bermanfaat bagi manusia, hutan dimanfaatkan hewan sebagai tempat tinggal.

Ada beberapa jenis hutan di Indonesia, antara lain hutan bakau, hutan rawa, hutan sabana, hutan musim, dan hutan hujan tropis.

2. Tanah

Tanah merupakan bagian kerak bumi yang tersusun dari mineral dan bahan organik.

Di Indonesia, ada beragam jenis tanah, di antaranya tanah humus, tanah kapur, tanah pasir, tanah vulkanis, tanah regosol, tanah latosol, tanah litosol, tanah alluvial. tanah organosol, tanah inseptisol, tanah mergel, dan tanah laterit. Tingkat kesuburan tanah pun berbeda-beda, tetapi tanah di Indonesia memiliki kesuburan yang baik.

Selain dapat dimanfaatkan manusia untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari, seperti sebagai lahan, bahan mentah industri, hingga sumber energi, tanah juga menjadi tempat tinggal bagi hewan. Sebab itu, keberadaan tahan merupakan hal yang sangat penting untuk makhluk hidup.

3. Hasil tambang

Bahan tambang merupakan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Hasil tambangnya pun biasanya dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan dan kegiatan perekonomian guna memberikan keuntungan.

Manfaat hasil tambang yang dapat membantu manusia untuk bertahan hidup, baik secara langsung maupun diperjual belikan, antara lain minyak bumi dan gas, tembaga, batu bara, emas, timah, asbes, bauksit, nikel, dan belerang.

2. Sumber daya alam akuatik

2. Sumber daya alam akuatik
Pexels/mali

Sumber daya alam akuatik adalah sumber daya yang berhubungan dengan laut, sungai, danau, air tanah, air hujan, dan perairan lainnya.

Manfaat sumber daya alam akuatik sangat banyak sebagai sumber penghidupan dan kehidupan manusia. Tidak hanya dapat memanfaatkan hewan yang hidup di dalamnya, tetapi sumber daya alam akuatik juga dapat berfungsi sebagai sarana transportasi untuk mendukung mobilitas manusia.

Contoh-contoh sumber daya alam akuatik

1. Laut

Laut bisa menjadi sangat berguna bagi manusia apabila dimanfaatkan sekaligus dikelola dengan baik, tanpa mengeksploitasi, karena dapat memberikan keuntungan yang sangat besar.

Apalagi, di Indonesia sendiri laut termasuk salah satu sumber daya alam yang luas dan tidak hanya memberikan manfaat sebagai bahan pangan, tetapi juga sumber mata pencaharian. Misalnya, objek wisata, media transportasi, hingga sebagai bahan makanan, obat-obatan, dan kosmetik.

2. Danau

Danau merupakan perairan yang terbentuk secara alami akibat adanya aktivitas alam. Akan tetapi, danau memiliki cekungan besar yang digenangi air tawar ataupun air asin yang seluruh cekengungannya dikelilingi oleh daratan.

Selain dimanfaatkan sebagai tempat wisata atau rekreasi, danau juga dapat berfungsi sebagai sumber irigasi pertanian, dan pembangkit listri tenaga air dengan bantuan kincir air.

Ada banyak danau di Indonesia, salah satunya Danau Toba.

Nah, itulah 2 jenis sumber daya alam berdasarkan habitatnya dan contohnya. Semoga dengan adanya informasi ini, pengetahuan dan wawasan terkait sumber daya alam akan semakin bertambah.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.