Ini 7 Rekomendasi Obat Radang Amandel Anak

Yuk, cegah radang amandel agar tidak semakin parah, Ma

21 November 2021

Ini 7 Rekomendasi Obat Radang Amandel Anak
Freepik

Amandel merupakan organ kecil yang terletak di belakang tenggorokan. Apabila amandel membengkak dan kemarahan, kondisi tersebut disebut sebagai radang amandel atau tonsilitits.

Radang amandel biasanya disebabkan oleh infeksi bakteri dan virus dan bisa dialami oleh siapa pun. Umumnya, dialami oleh anak-anak usia 3 hingga 7 tahun.

Anak yang menderita radang amandel akan mengalami berbagai gejala, misalnya tenggorokan terasa sakit saat menelan, demam, bau mulut, batuk, gangguan tidur, hingga kesulitan bernapas.

Ada beberapa cara untuk mengatasi penyakit ini, yaitu melalui operasi maupun obat medis dan obat alami. Obat-obat tersebut pun bisa didapatkan secara bebas atau tanpa resep dokter.

Kali ini, Popmama.com telah merangkum 7 rekomendasi obat radang amandel anak yang aman digunakan tanpa harus operasi. Disimak yuk, Ma!

1. Antibiotik

1. Antibiotik
Pexels/Pixabay

Obat yang diyakini ampuh untuk meredakan sakit radang amandel adalah antibiotik.

Seperti yang diketahui, antibiotik merupakan jenis obat yang dapat digunakan untuk mencegah dan mengobati infeksi yang disebabkan oleh bakteri, salah satu radang amandel.

Mengonsumsi antibiotik harus sesuai dengan resep dokter dan dihabiskan guna mencegah resistensi bakteri dan komplikasi.

Umumnya, jenis antibiotik yang akan diresepkan adalah golongan penisilin dengan jangka waktu 10 hari. Dosisnya pun disesuaikan berdasarkan usia si Kecil dan kondisi fisiknya.

2. Tablet pelega tenggorokan

2. Tablet pelega tenggorokan
favo.id

Obat radang amandel untuk anak selanjutnya, yaitu menghisap tablet pelega tenggorokan.

Amandel yang membengkak menyebabkan tenggorokan terasa sakit, sehingga diperlukan tablet pelega tenggorokan karena tablet tersebut dapat membantu menenangkan tenggorokan.

Tablet pelega tenggorokan yang mengandung licorice dipercaya memiliki manfaat antiradang yang kuat, sehingga dapat mengurangi rasa sakit akibat pembengkakan.

Apabila si Kecil belum bisa menghisap atau mengemut tablet pelega tenggorokan, Mama bisa memberikannya semprotan tenggorokan.

Tablet pelega tenggorokan ini bisa Mama dapatkan di apotek atau melalui toko online. Namun, akan lebih baik jika Mama berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter sebelum membelinya.

Editors' Picks

3. Paracetamol dan ibuprofen

3. Paracetamol ibuprofen
Shopee/apotekmeifarma

Mengutip The Royal Children's Hospital Melbourne, paracetamol dan ibuprofen dapat mengobati radang amandel. Kedua obat tersebut dapat menghilangkan rasa nyeri radang amandel dan menurunkan panas.

Paracetamol dan ibuprofen dijual secara bebas di apotek dan toko online, tanpa harus menggunakan resep dokter.

Meski demikian, Mama harus memberikan dosis sesuai dengan aturan pakai. Ada baiknya jika Mama berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Air garam

4. Air garam
Pexels/castorlystock

Berkumur dengan air garam dapat meredakan rasa sakit akibat radang amandel. Sebab, kandungan garam bisa mengurangi peradangan dan membantu mengobati infeksi.

Meski tidak menyembuhkan infeksi bakteri dan virus yang menyerang amandel, tetapi berkumur dengan air garam setidaknya sangat berguna untuk mengurangi gejala-gejala yang dialami si Kecil akibat pembengkakan.

Untuk menggunakan metode ini, Mama hanya perlu mencampurkan 1 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Kemudian, berikan kepada si Kecil untuk berkumur menggunakan air garam tersebut.

Saat berkumur, tunggu selama beberapa detik sebelum dimuntahkan. Ulangi cara tersebut 2 hingga 3 kali sehari atau saat dibutuhkan ya, Ma.

5. Teh hangat campur madu

5. Teh hangat campur madu
Pexels/valeria-boltneva

Selain berkumur dengan air garam, Mama juga bisa menggunakan cara ini sebagai upaya untuk mengobati radang amandel pada anak.

Teh yang memiliki kandungan senyawa antiradang tertinggi diyakini dapat meredakan nyeri dan melegakan tenggorokan. Apalagi jika dicampur dengan madu. Kandungan senyawa antibakteri pada madu dapat membantu tubuh melawan infeksi bakteri pada radang amandel.

Akan tetapi, tidak semua teh memiliki kandungan antiradang ya, Ma. Mama bisa berikan teh jahe yang dicampur dengan air hangat dan madu kepada si Kecil. Campuran teh jahe dan madu tersebut dapat diminum setiap hati saat amandel terasa nyeri.

6. Bawang putih

6. Bawang putih
Pexels/karolina-grabowska

Salah satu rempah-rempah yang ampuh membantu mengobati radang amandel ialah bawang putih. Sebab, bawang putih memiliki banyak senyawa antioksidan, antibakteri, dan antivirus yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh atau imunitas si Kecil guna melawan infeksi penyebab radang amandel.

Untuk menggunakan metode ini, Mama harus merebus bawang putih terlebih dahulu selama 5 menit. Kemudian, matikan api dan tunggu selama 10 menit. Setelah itu, saring bawang putih dan air rebusan bawang putih siap diminum oleh si Kecil.

Akan tetapi, Mama perlu berhati-hati karena air rebusan bawang putih dapat menyebabkan darah menjadi encer.

7. Air putih

7. Air putih
Pexels/jcomp

Air putih berperan penting saat si Kecil mengalami radang amandel. Karena saat radang amandel terjadi, kondisi tersebut dapat menyebabkan dehidrasi.

Dehidrasi dapat memperlambat proses penyembuhan radang amandel, bahkan memperparah rasa nyeri.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk memperbanyak minum air putih saat radang amandel untuk mencukupi kebutuhan cairan.

Setidaknya, 2 liter dalam sehari. Selain air putih, Mama juga bisa berikan sari buah atau jus buah tanpa gula.

Itu dia 7 rekomendasi obat radang amandel anak yang bisa Mama jadikan pilihan alternatif. Pastikan sesuai anjuran ya, Ma. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.