TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Profil Pangeran William, Anak Pertama Raja Britania Raya Charles III

Pangeran William kelak menjadi penerus tahta kerajaan di Britania Raya

19 September 2022

Profil Pangeran William, Anak Pertama Raja Britania Raya Charles III
Instagram.com/princeandprincessofwales

Berpulangnya Ratu Elizabeth II pada 8 September 2022 meninggalkan duka yang sangat mendalam bagi seluruh warga Britania Raya.

Hal ini membuat Pangeran Charles, anak tertua dari Ratu Elizabeth II, naik tahta dan menjadi pemimpin yang baru di kerajaan Britania Raya, dengan nama gelar Raja Charles III.

Anak sulung Raja Charles III, yakni Pangeran William, ikut menjadi sorotan publik mengingat dia akan menjadi pewaris tahta kerajaan Britania Raya selanjutnya.

Penasaran seperti apa sosok anak pertama dari raja Britania Raya yang baru ini? Popmama.com telah merangkum profil Pangeran William dari berbagai sumber untuk Mama dan anak mama. Berikut selengkapnya!

1. Biodata Pangeran William

1. Biodata Pangeran William
Instagram.com/princeandprincessofwales

Pangeran William mempunyai nama lengkap William Arthur Philip Louis. Dia lahir di Rumah Sakit St Mary, London pada 21 Juni 1982. Saat ini, dia sudah berumur 40 tahun.

Laki-laki dengan sapaan akrab “Wills” ini merupakan anak pertama dari Raja Charles III dan mendiang Putri Diana Spancer. Dia memiliki seorang adik laki-laki, yakni Pangeran Harry.

2. Anggota keluarga kerajaan paling berprestasi di bidang akademis

2. Anggota keluarga kerajaan paling berprestasi bidang akademis
Instagram.com/princeandprincessofwales

Sebagai bagian dari keluarga kerajaan, penting untuk memiliki wawasan yang tinggi. Begitu pula dengan Pangeran William, yang disebut sebagai anggota keluarga kerajaan yang paling berprestasi khususnya di bidang akademis.

Dia memulai pendidikannya di Mynors School, kemudian lanjut bersekolah di Ludgrove School. Wills lalu masuk ke Eton College dengan mengambil peminatan Geografi, Biologi, dan Sejarah Seni, dan berhasil meraih predikat A.

Pangeran William sempat melakukan berbagai aktivitas seperti bekerja di tempat pemerahan susu di Inggris dan mengunjungi beberapa negara di Afrika. Setelahnya, ia lanjut berkuliah di St. Andrews University dan menyelesaikan studi di bidang Geografi dengan hasil memuaskan.

Editors' Picks

3. Memulai karier di bidang militer usai lulus kuliah

3. Memulai karier bidang militer usai lulus kuliah
Today.com

Usai lulus kuliah di tahun 2005, Pangeran William memutuskan untuk mengikuti jejak adiknya, Pangeran Harry, dengan masuk di Akademi Militer Kerajaan Sandhurst. Dia lulus dengan pangkat letnan.

Tidak berhenti sampai di situ, Wills tetap melanjutkan karier sebagai seorang prajurit bersama adiknya dengan bergabung di Blues and Royals. Setelahnya, dia mendaftarkan diri di pusat pelatihan Angkatan Udara Kerajaan dan Pasukan Udara Kerajaan.

4. Suami dari Catherine Middleton

4. Suami dari Catherine Middleton
Instagram.com/princeandprincessofwales

Pada 29 April 2011, Pangeran William resmi menikah dengan Catherine Middleton (Kate). Dia bertemu Kate untuk pertama kali saat dirinya masih berkuliah di St. Andrews University, dan diketahui sudah menjalin hubungan bersama sejak tahun 2003.

Walaupun sempat mengalami hubungan “pasang-surut”, keduanya tetap mempertahankan ikatan cinta mereka. Bukti ini diperkuat setelah kerajaan resmi mengumumkan rencana pernikahan keduanya di tanggal 16 November 2010, dan akhirnya menikah beberapa bulan kemudian.

5. Menjadi Adipati Cambridge

5. Menjadi Adipati Cambridge
Instagram.com/princeandprincessofwales

Di hari pernikahannya juga, Pangeran William dinobatkan dengan gelar Adipati Cambridge (Duke of Cambridge), dan istrinya diberi gelar Duchess of Cambridge. Keduanya memegang tanggung jawab besar dalam memimpin wilayah tersebut.

Selama lebih dari sepuluh tahun, Wills menjalankan tugasnya dengan baik sebagai Adipati Cambrige serta ikut terlibat di berbagai kegiatan kerajaan, kemanusiaan, dan bidang lainnya.

Tugas yang dilakukannya beragam, seperti menobatkan orang-orang berjasa secara langsung, memberi kata sambutan di acara-acara tertentu, menghadiri kegiatan kerajaan atau kegiatan resmi lainnya, aktif mengikuti kegiatan lingkungan dan kemanusiaan, dan masih banyak lagi.

6. Punya tiga anak yang menggemaskan

6. Pu tiga anak menggemaskan
Instagram.com/princeandprincessofwales

Tidak hanya berperan sebagai seorang adipati yang penuh wibawa, Pangeran William juga memiliki peran sebagai seorang ayah yang kini memiliki tiga anak dengan wajah menggemaskan.

Pada 22 Juli 2013, pasangan William dan Kate dikaruniai anak pertama yang diberi nama George Alexander Louis. Dua tahun kemudian, anak kedua mereka yang bernama Charlotte Elizabeth Diana lahir di tanggal 2 Mei.

Di tahun 2018, Pangeran William dan Putri Kate Middleton kembali menyambut kehadiran anak ketiganya yang lahir pada 23 April, yang diberi nama Louis Arthur Charles.

7. Penerus tahta kerajaan Britania Raya

7. Penerus tahta kerajaan Britania Raya
Instagram.com/princeandprincessofwales

Sebagai anak pertama dari Raja Charles III, yang merupakan anak dari mendiang Ratu Elizabeth II, Pangeran William mempunyai garis keturunan kerajaan yang menakdirkan dirinya sebagai penerus tahta kerajaan Britania Raya.

Dia dan istrinya kini juga berganti gelar dari Duke and Duchess of Cambridge menjadi Prince and Princess of Wales, yakni gelar yang dipakai oleh ayahnya sebelum akhirnya menjadi raja di Britania Raya untuk menggantikan sang nenek.

Nah, itu dia profil Pangeran William yang merupakan anak pertama dari Raja Charles III. Semoga dapat menambah pengetahuan Mama dan anak mama, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk