5 Kegiatan Menyenangkan Agar Tak Bosan Hadapi Perjalanan Panjang

Tak harus dengan benda mahal untuk menghibur anak dari rasa bosan perjalanan jarak jauh

13 Desember 2019

5 Kegiatan Menyenangkan Agar Tak Bosan Hadapi Perjalanan Panjang
Freepik

Jelang akhir tahun artinya liburan akan segera tiba. Momen yang sangat pas untuk menghabiskan waktu berkualitas bersama anak. Banyak keluarga sengaja menjadikan momen liburan panjang untuk bepergian ke luar kota atau pun ke luar negeri. 

Liburan ke luar kota atau ke luar negeri merupakan tantangan bagi orangtua. Terutama jika anak cenderung mudah bosan dalam perjalanan. Rutinitas sehari-hari seperti makan, tidur dan bermain akan berubah dalam perjalanan panjang menuju ke tempat tujuan. Anak pun rentan stres dan rewel karenanya. 

Untuk mencegah kekacauan yang dapat membuat suasana liburan jadi kacau, yuk siapkan kegiatan agar anak tidak bosan. Berikut Popmama.com punya 5 rekomendasi kegiatan yang dapat dilakukan di perjalanan panjang, dilansir dari verywellfamily.com:

1. Permainan kartu

1. Permainan kartu
Toyskingdom.co.id

Banyak permainan kartu seru yang bisa dimainkan oleh anak mulai usia 6 tahun. Kemas setumpuk kartu remi atau flash card tematik untuk bersenang-senang di pesawat, mobil atau pun hotel untuk membunuh rasa bosan. Bermain kartu remi biasa atau pun UNO bisa jadi hal yang sangat seru dilakukan sekeluarga.

2. Menonton film

2. Menonton film
Freepik

Menonton film streaming atau dari pemutar DVD portabel bisa jadi pilihan untuk mengurangi rasa bosan saat anak harus terjebak berjam-jam di perjalanan. Pilih film favorit atau film yang belum pernah mereka tonton sebelumnya. Kemas dengan makanan ringan favorit anak untuk menghadirkan pengalaman menonton film yang mengasyikkan di perjalanan hingga tak terasa waktu pun berlalu.

Editors' Picks

3. Mewarnai atau menggambar

3. Mewarnai atau menggambar
Pixabay/free-photos

Kegiatan mewarnai buku mewarna dengan krayon atau pun pensil warna tidak akan pernah gagal membunuh rasa bosan anak. Pilih buku mewarna dengan topik yang disukai anak dan punya banyak detil yang membutuhkan konsentrasi, seperti peternakan, superhero atau pun bajak laut. Bila perlu, sediakan khusus spidol, pensil warna dan krayon di sebuah wadah khusus yang mudah ditenteng agar mudah dibawa ke mana-mana.

4. Melakukan kegiatan dari workbook

4. Melakukan kegiatan dari workbook
Pexels/Lina Kivaka

Workbook atau buku kegiatan memuat berbagai aktivitas seperti halaman untuk mewarnai, puzzle, gambar tersembunyi, permainan memasangkan obyek atau pun menempel stiker. Sesuaikan materinya dengan usia dan tingkat perkembangannya. Untuk anak usia SD, Mama bisa memilih workbook seperti pelajaran mengeja, alfabet, membaca, belajar menulis tangan, geometri dan lain-lain.

5. Mainan baru

5. Mainan baru
Pixabay

Belilah mainan baru agar anak selalu antusias terhadap perjalanan ini. Jangan beritahu mereka tentang mainan apa yang Mama siapkan hingga perjalanan dimulai. Mainan ini tidak perlu mahal kok, Ma. Tetapi yang terpenting adalah memilih mainan yang pasti disukai anak, seperti mobil-mobilan, set playdough, set merangkai perhiasan untuk anak yang suka kerajinan tangan, atau pun set Lego untuk anak yang suka permainan membangun.

Jika bepergian naik pesawat, Mama bisa menghubungi pihak penerbangan dan menanyakan apakah punya fasilitas in-flight entertainment untuk anak. Semoga rekomendasi kegiatan di atas dapat menginspirasi keluarga ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.