hanco

6 Makanan Ini Dapat Meningkatkan Nafsu Makan Anak, Yuk Dicoba

Jangan sampai di masa puncak pertumbuhannya, anak kekurangan gizi karena nafsu makan menurun

7 November 2019

6 Makanan Ini Dapat Meningkatkan Nafsu Makan Anak, Yuk Dicoba
Freepik.com

Menghadapi anak yang sulit makan tentu memusingkan bagi orangtua. Apalagi di masa puncak pertumbuhannya, anak memerlukan asupan gizi dan nutrisi yang seimbang sebagai pasokan energi tubuhnya. Tanpa makanan yang cukup, anak akan lemah, letih, lesu dan pertumbuhannya terhambat.

Sudah mencoba berbagai trik agar nafsu makan anak meningkat, tetapi belum kunjung melihat perubahannya? Mama bisa mencoba mencampurkan 6 makanan ini ke dalam menu harian anak untuk meningkatkan nafsu makannya. Apa sajakah itu? Berikut Popmama.com merangkum daftarnya, dilansir dari firstcry.com:

1. Lemon

1. Lemon
Freepik/Dashu83

Lemon memiliki banyak sekali unsur menyehatkan, salah satunya membersihkan sistem pencernaan. Ada lagi manfaat lemon yang tak banyak orang tahu, yaitu mengembalikan nafsu makan secara cepat.

Mama bisa mencampurkan lemon ke dalam segelas air hangat atau pun jus lemon untuk anak Mama. Sistem pencernaan akan dengan segera meresponnya dan menimbulkan rasa lapar.
 

2. Plum

2. Plum
Unsplash/Monica Grabskowska

Buah berkulit ungu kemerahan ini mengandung sorbitol dan isatin yang baik untuk mengobati gangguan pencernaan, seperti konstipasi atau sembelit. Selain itu, kombinasi rasa buah plum yang asam-manis menarik bagi pengecapan anak sehingga meningkatkan nafsu makannya. Buah plum dapat ditemukan dengan mudah di supermarket-supermarket terdekat. Lebih baik pilih buah plum segar ketimbang yang dikemas kalengan atau yang sudah dikeringkan.

3. Biji buah labu

3. Biji buah labu
pixabay.com/stevepb

Biji buah labu biasanya tersedia di pasaran sebagai kuaci siap makan. Bukan hanya sebagai camilan yang enak dan bikin nagih, biji buah labu kaya akan zinc. Segenggam biji buah labu dapat meningkatkan nafsu makan anak sekaligus memenuhi kebutuhan gizinya. Bonusnya, biji buah labu mengandung phytochemicals dan antioksidan yang berfungsi menurunkan risiko infeksi virus sehingga meningkatkan kekebalan tubuh.

Editors' Picks

4. Wortel

4. Wortel
Freepik

Manfaat wortel sebagai penambah nafsu makan seringkali dikesampingkan. Padahal, konsumsi wortel ini sudah diterapkan sejak zaman kuno. Satu gelas jus wortel yang diminum 30 menit sebelum makan dikenal dapat menambah nafsu makan karena menimbulkan rasa lapar. 

5. Kacang

5. Kacang
Freepik/Lifeforstock

Siapa sangka kacang bisa meningkatkan nafsu makan anak? Nyatanya, kacang mengandung zinc yang diperlukan tubuh untuk melancarkan proses pencernaan. Saat tingkatan asam hydrochloric di perut normal, pencernaan akan menyesuaikan diri sehingga nafsu makan anak akan kembali. 

6. Oregano

6. Oregano
Pixabay/Robert-Owen-Wahl

Rempah-rempah yang satu ini punya aroma yang khas. Aromanya lebih keluar lagi jika dimasak, seperti dipanggang pada pizza atau ditaburkan pada spaghetti. Sifatnya yang aromatik akan membuat masakan lebih wangi dan membuat lebih berselera.

Itulah enam makanan yang dapat meningkatkan nafsu makan anak. Selain menyertakan enam makanan di atas, sebaiknya variasikan makanan agar anak tidak bosan dan memiliki preferensi yang lebih beragam. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma!

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!