6 Penyebab Tekanan Darah Rendah pada Anak, Materi Kelas 5 SD Tema 4

Tekanan darah rendah tidak hanya bisa diderita orang dewasa saja, tapi juga pada anak-anak

21 Januari 2022

6 Penyebab Tekanan Darah Rendah Anak, Materi Kelas 5 SD Tema 4
Freepik

Tekanan darah tinggi atau hipertensi adalah salah satu penyakit kronis yang berbahaya. Selama ini kita beranggapan bahwa hanya tekanan darah tinggi yang membahayakan kesehatan.

Namun, tahukah kamu, bahwa tekanan darah rendah pun sebetulnya tidak kalah berbahayanya dengan tekanan darah tinggi lho.

Seseorang dikatakan mengalami tekanan darah rendah ketika tekanan darahnya berada di bawah 90/60 mmHg. Apabila mengalami ini, seseorang akan merasa lemas dan pusing. 

Ternyata, tekanan darah rendah juga bisa diderita anak-anak lho!

Berikut ini Popmama.com merangkum 5 penyebab tekanan darah rendah pada anak untuk kamu ketahui yang juga bagian dari pelajaran kelas 5 SD tema 4, simak yuk!

1. Mengalami hipotensi ortostatik

1. Mengalami hipotensi ortostatik
Freepik/Lev.studio.x

Hipotensi ortostatik adalah kondisi saat seseorang duduk kemudian berdiri secara tiba-tiba, atau pun sebaliknya, tekanan darah bisa berubah seketika juga. Kadang disertai kungang-kunang atau pandangan terasa kabur. 

Hipotensi ortostatik dapat menyebabkan penurunan tekanan darah sistolik sebanyak 15-30 mmHg.

2. Dehidrasi

2. Dehidrasi
Freepik/stanisluva

Seringkali seseorang terlalu asyik berkegiatan hingga lupa minum. Hal ini bisa membuatnya mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Kondisi lain yang dapat menyebabkan dehidrasi adalah diare.

Nah, dehidrasi inilah yang dapat menyebabkan tekanan darah rendah karena darah kekurangan cairan. 

Editors' Picks

3. Anemia

3. Anemia
Pexels/MART PRODUCTION

Anemia adalah kondisi saat tubuh kekurangan sel darah merah. Anemia juga disebut dengan penyakit kurang darah. Banyak anak yang mengalami anemia karena kurang asupan gizi dari zat besi, asam folat, dan vitamin B12.

Salah satu gejala anemia adalah tekanan darah rendah yang menyebabkan seseorang merasa lemas dan pusing.

4. Pendarahan besar

4. Pendarahan besar
Freepik/rawpixel-com

Pendarahan besar mengakibatkan darah keluar dari tubuh dalam jumlah yang banyak. Biasanya pendarahan besar terjadi saat seseorang mengalami cedera serius dan terkena syok. Karena hal inilah, tekanan darah bisa menurun secara drastis.

5. Ketidakseimbangan hormon

5. Ketidakseimbangan hormon
Freepik

Hormon adalah zat kimia dalam tubuh yang memengaruhi banyak kinerja organ-organ tubuh kita. Apabila hormon dalam tubuh seseorang terganggu, maka seseorang bisa terserang berbagai penyakit, seperti diabetes atau penyakit Addison. 

Penyakit-penyakit ini memengaruhi keseimbangan kadar mineral, air, dan darah dalam tubuh. Termasuk bisa mengakibatkan tekanan darah rendah.

6. Penyakit jantung

6. Penyakit jantung
Freepik/A3pfamily

Orang dengan penyakit jantung tidak hanya berisiko menderita tekanan darah tinggi saja lho. Melainkan juga bisa menderita tekanan darah rendah. Hal ini disebabkan karena darah tidak bisa dipompa dengan baik oleh jantung ke seluruh tubuh.

Jika tekanan darah sangat rendah, tubuh bisa kekurangan oksigen sehingga organ-organ tubuh tidak bisa menjalankan fungsinya dengan normal. Akibatnya tubuh bisa mengalami kerusakan pada bagian jantung dan otak. 

Supaya tidak mengalami tekanan darah rendah, seseorang harus rajin makan makanan yang bergizi. Terutama buah-buahan, ikan, sayuran hijau, dan juga berolahraga secara rutin.

Itulah penjelasan dari penyebab tekanan darah rendah pada anak yang merupakan materi kelas 5 SD tema 4. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk