5 Tips Meningkatkan Daya Ingat Anak, Jadi Lebih Cerdas

Tips penting untuk anak yang memasuki usia sekolah nih, Ma

22 November 2021

5 Tips Meningkatkan Daya Ingat Anak, Jadi Lebih Cerdas
Pexels/Andrea Piacquadio

Kemampuan mengingat bukanlah hal yang jatuh sendirinya dari langit atau pun bawaan lahir. Kemampuan ini dapat dipelajari dan diasah agar menjadi lebih tajam dari hari ke hari. 

Bagi anak-anak, sangat penting melatih daya ingat. Terutama bagi anak yang menginjak usia sekolah karena ada begitu banyak hal yang perlu dihafalkan dan dipahami saat belajar. 

Berikut ini Popmama.com punya tips meningkatkan daya ingat anak, dengan cara yang menyenangkan dan tidak membuat anak frustrasi, dilansir dari Colorado Parent:

1. Beri anak instruksi yang semakin kompleks

1. Beri anak instruksi semakin kompleks
Pexels/Kindel Media

Alih-alih menyuruh anak merapikan tempat tidurnya di pagi hari, Mama dapat memberikan instruksi yang kompleks, seperti merapikan tempat tidur, menyikat gigi, melepaskan piyama kemudian melipatnya. 

Cara ini dapat menguji anak tentang kompetensi menyelesaikan banyak tugas secara berturut-turut. Apabila anak bisa melakukannya dengan baik, tambahkan satu atau dua instruksi lagi. Tambahkan tingkat kesulitan sampai anak menguasainya secara alami.

Editors' Picks

2. Libatkan banyak indera

2. Libatkan banyak indera
Pexels/Yan Krukov

Psikolog menyarankan untuk menggunakan banyak indera dalam menyampaikan informasi. Setiap indera akan memiliki jalur yang berbeda ke otak. Jadi ketika informasi yang sama melewati beberapa jalur, ada lebih banyak rute untuk memanggil kembali ingatan tersebut. 

Contoh yang seringkali dipraktekkan guru adalah mempermudah hafalan melalui lagu atau gerakan tubuh.

3. Bantu anak membagi informasi dalam kelompok

3. Bantu anak membagi informasi dalam kelompok
Pexels/Yan Krukov

Membagi informasi dalam kelompok lebih mudah diingat. Cara ini bisa diterapkan, misalnya, saat mengingat nomor telepon. Ketimbang mengingat angka per angka, lebih mudah jika mengelompokkannya ke dalam kumpulan tiga atau empat nomor. 

Contohnya: "084627468", akan lebih mudah jika dikelompokkan menjadi "084-627-468".

4. Ajarkan anak membuat "jembatan keledai"

4. Ajarkan anak membuat "jembatan keledai"
Freepik/Jcomp

Jembatan keledai adalah cara mengingat atau menghafalkan sesuatu secara lebih mudah, dengan akronim yang menarik. Contohnya adalah "Mejikuhibiniu" (merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu), atau "Mevebu mayu saurneptu" (merkurius, venus, bumi, mars, yupiter, uranus, neptunus).

5. Minta anak menjelaskan kembali kepada orang lain

5. Minta anak menjelaskan kembali kepada orang lain
Pexels/gustavo-fring

Sebuah fakta yang unik adalah ketika kita menjelaskan kembali kepada seseorang pengetahuan yang telah kita ketahui, kita justru lebih mudah mengingatnya. Setelah anak mempelajari sesuatu, minta ia menjelaskan kembali kepada orang lain. 

Saat anak mampu menjelaskan bagaimana suatu hal terjadi atau bagaimana caranya melakukan sesuatu, di sinilah ia melibatkan pemahaman informasi. Hal ini membuat ingatan mereka bekerja secara komprehensif ketimbang sekadar menghafalkan kemudian berdiam diri. 

Itulah lima tips meningkatkan daya ingat anak yang dapat diterapkan oleh orangtua. Semoga menginspirasi!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.