Membuat Stempel dari Buah dan Sayuran Bersama Anak Sambil Ngabuburit

Ide ngabuburit bersama anak selanjutnya adalah membuat stempel dari buah dan sayuran

4 Mei 2020

Membuat Stempel dari Buah Sayuran Bersama Anak Sambil Ngabuburit
firstpalette.com

Kegiatan apalagi yang bisa dilakukan bersama anak-anak sambil ngabuburit? Kali ini Mama bisa bikin stempel dari buah dan sayuran bersama anak. Kerajinan tangan ini bertujuan mempelajari simetri dan pola pada alam sekitar.

Di samping itu, kerajinan tangan ini mengajari mereka juga tentang limbah makanan karena memakai buah tidak segar yang belum busuk atau bentuknya benar-benar rusak. Contohnya, apel yang sedikit berlubang dan memar.

Popmama.com akan memaparkan cara bikin stempel dari buah dan sayuran yang bisa Mama lakukan bersama anak-anak sambil ngabuburit. Berikut ini pemaparannya.

1. Siapkan peralatan untuk bikin stempel buah dan sayuran

1. Siapkan peralatan bikin stempel buah sayuran
royalacademy.org.uk

Untuk bikin stempel dari buah dan sayuran, diperlukan beberapa peralatan seperti di bawah ini.

Bahan-bahan:

Cat tempera (bisa dicuci) dan cat akrilik

Kertas secukupnya

Kain secukupnya

Piring plastik atau cat palet besar untuk wadah cat

1 Pisau tajam

1 Pisau plastik

1 Pisau stencil (opsional)

2 Talenan

kardus bekas

Editors' Picks

2. Siapkan bahan makanan, yaitu buah dan sayuran

2. Siapkan bahan makanan, yaitu buah sayuran
firstpalette.com

Ada beberapa bahan makanan yang kita butuhkan ketika bikin stempel buah dan sayuran. Tentu saja buah dan sayuran itu sendiri. Berikut yang bisa dipakai.

Buah dan sayuran yang dibutuhkan:

1 buah kentang

1 buah jeruk (jenis apapun)

1 buah apel

1 buah brokoli

1 buah paprika

1 buah jagung

3. Cara memotong buah dan sayuran untuk stempel

3. Cara memotong buah sayuran stempel
craftingagreenworld.com

Beberapa cara memotong buah dan sayuran untuk stempel yang bisa jadi referensi Mama dan anak-anak. Potong buah dan sayuran di atas talenan supaya lebih mudah.

Cara memotong:

  1. Iris kentang menjadi dua. Mama bisa membuat bentuk stempel oval atau kotak dengan membuatnya timbul (emboss). Jika ingin tantangan, buat ukiran mudah di bagian tengah kentang dengan pisau stencil.
  2. Mama bisa menggunakan jeruk apapun, misalnya jeruk keprok, lemon, limau, atau jeruk bali. Semuanya menghasilkan ukuran dan pola yang berbeda. Disarankan untuk mendiamkannya semalaman setelah diiris menjadi dua bagian supaya jeruk kering.
  3. Mama dapat mengiris apel dengan dua cara berbeda, yaitu membuat bentuk bintang di bagian tengah apel dan membelah dua sehingga tampak seperti bentuk jantung.
  4. Brokoli dapat dibelah dua memanjang atau membuat bagian atas (bunga) tetap utuh seolah menjadi sikat kuas.
  5. Paprika hijau dapat dibelah dua dan untuk membuat stempel bisa keluarkan bagian bijinya atau biarkan begitu saja.
  6. Jagung bisa dibelah dan bagian ujungnya menjadi stempel seperti bentuk bunga atau biarkan jagung menjadi roller untuk membuat pola di sepanjang kertas mereka.

Pastikan Mama mendampingi prosesnya untuk keamanan anak. Dan bantu anak memotong buah yang lebih besar atau lebih keras, seperti apel, jeruk, paprika, jagung, dan kentang. Sementara, anak-anak memotong brokoli dengan pisau plastik.

4. Cara mengaplikasikan stempel buah dan sayuran

4. Cara mengaplikasikan stempel buah sayuran
entertainyourtoddler.com

Sebelum mengoleskan cat ke buah-buahan dan sayuran, Mama harus menghilangkan kelembaban airnya. Semakin kering buah dan sayuran, semakin baik cat menempel. Mama bisa menggunakan kardus atau kain untuk mengeringkan setelah memotongnya.

Cat tempera bisa digunakan pada kertas dan cat akrilik pada kain. Kemudian, lakukan pengaplikasian stempel buah dan sayuran pada kain atau kertas sebagai berikut.

Cara mengaplikasikan:

  1. Tuang beberapa warna cat pada piring yang berbeda. Sebarkan hingga cat melebar dan tidak menggumpal.
  2. Biarkan anak-anak mencelupkan beberapa potongan buah dan sayuran pilihannya ke dalam cat lalu tekan pada kertas atau kain. Letakkan stempel dengan lembut, tunggu sebentar, lalu tekan dengan hati-hati agar merata.
  3. Minta anak untuk membuat pola. Sebelumnya, Mama bisa beri contoh pola jagung-paprika yang diulang-ulang hingga memenuhi kertas atau kain. Setelah itu, biarkan ia memilih pola sesuai keinginannya.
  4. Biarkan karya seni stempel mengering.
  5. Minta anak mengidentifikasi buah atau sayuran apa yang dicetak, berdasarkan pengamatan sebelumnya.

5. Pelajaran simetri dan pola dari kerajinan stempel buah dan sayuran

5. Pelajaran simetri pola dari kerajinan stempel buah sayuran
funlittles.com

Ketika Mama memotong sebuah apel dari atas ke bawah, anak-anak akan melihat simetri reflektif. Artinya, separuh apel merupakan cerminan dari setengah lainnya, seperti dua sisi kupu-kupu. Biarkan anak menyatukan apel menjadi dua lalu menariknya lagi.

Jika Mama memotong apel dari sisi ke sisi, mereka akan melihat berbagai jenis simetri yang disebut rotasi simetri. Ketika memutar bagian tengah apel, setiap bagiannya akan terlihat sama, seperti jari-jari pada sepeda atau bilah (baling-baling) kipas angin.

Sementara, sayuran terdiri dari batang, daun, dan akar tanaman yang bentuknya tidak selalu simetris.

Untuk pelajaran pola, Mama bisa memberi contoh stempel jagung diselingi dengan stempel brokoli, begitu seterusnya hingga memenuhi seluruh bagian kertas. Minta anak membuat pola sendiri sesuai kesukaannya.

Seru kan, Ma. Selain bermain warna sambil belajar menggunakan buah dan sayuran bersama, Mama dan anak-anak juga memiliki ikatan yang lebih kuat.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.