Apa Itu Justice Collaborator

Hai, Ma! Belum lama ini lagi rame banget netizen ngebahas soal apa itu justice collaborator di media sosial. 

Mulanya sih, justice collaborator ramai diperbincangkan karena kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J tempo lalu. Salah satu tersangka, Bharada E atau Richard Eliezer mengajukan permohonan resmi lewat kuasa hukumnya untuk memberikan justice collaborator ke Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) pada tanggal 8 Agustus 2022 lalu.

Nah, banyak banget yang bertanya-tanya, apa itu justice collaborator? Biar nggak makin penasaran, yuk simak pembahasan di bawah ini yaaa~

Berdasarkan Lembaga Kajian Keilmuan Fakultas Hukum Universitas Indonesia (LK2 FHUI), justice collaborator adalah pelaku bekerja sama untuk mendapatkan keterangan dan bantuan dari penegak hukum. Kalo justice collaborator menurut Surat Edaran Mahkamah Agung Nomor 4 Tahun 2011 adalah pelaku yang mengakui kejahatannya tapi bukan pelaku utama.

Kesimpulannya, justice collaborator adalah pelaku (bukan utama) yang akan memberikan keterangan tapi harus ada imbalannya berupa pembebasan bersyarat, remisi, dan asimilasi. Tapiiii, apabila pelaku justice collaborator nggak jujur dalam memberikan keterangan, maka mereka nggak akan mendapatkan imbalan. 

Sebenarnya aku baru tau juga sih ternyata hal seperti ini ada di dalam hukum. Ibaratnya tuh kayak kerja sama biar mencapai tujuan bersama untuk menemukan pelaku utama dan menghindari ancaman terhadap saksi pelaku. 

Adapun syarat untuk menjadi justice collaborator di antaranya:

  • Merupakan tindak pidana serius dan atau terorganisir
  • Pelaku harus mengungkapkan keterangan secara signifikan, relevan, dan andal
  • Pelaku utama nggak diungkapkan di dalam tindak pidana
  • Aset dikembalikan dalam pernyataan tertulis
  • Terdapat ancaman dan kekhawatiran terhadap saksi pelaku

Dengan adanya justice collaborator diharapkan pelaku akan mengungkapkan semua keterangan tentang kasus kejahatannya. Tapi, bukan pelaku utamanya yaa, Ma. Jika bukti dan keterangan sudah ditemukan, maka tim penyidik atau penuntut umum bisa menemukan pelaku lainnya yang memiliki peran lebih besar. 

Itulah apa itu justice collaborator yang sudah aku rangkum buat Mama, semoga bermanfaat yaaa~

Komentar
Hai, Ma! Belum lama ini lagi rame banget netizen ngebahas soal apa itu justice collaborator di media sosial.  Mulanya sih, justice....

Hai, Ma! Belum lama ini lagi rame banget netizen ngebahas soal apa itu justice collaborator di media sosial. 

Mulanya sih, justice collaborator ramai diperbincangkan karena kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J tempo lalu. Salah satu tersangka, Bharada E atau Richard Eliezer mengajukan permohonan resmi lewat kuasa hukumnya untuk memberikan justice collaborator ke Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) pada tanggal 8 Agustus 2022 lalu.

Nah, banyak banget yang bertanya-tanya, apa itu justice collaborator? Biar nggak makin penasaran, yuk simak pembahasan di bawah ini yaaa~

Berdasarkan Lembaga Kajian Keilmuan Fakultas Hukum Universitas Indonesia (LK2 FHUI), justice collaborator adalah pelaku bekerja sama untuk mendapatkan keterangan dan bantuan dari penegak hukum. Kalo justice collaborator menurut Surat Edaran Mahkamah Agung Nomor 4 Tahun 2011 adalah pelaku yang mengakui kejahatannya tapi bukan pelaku utama.

Kesimpulannya, justice collaborator adalah pelaku (bukan utama) yang akan memberikan keterangan tapi harus ada imbalannya berupa pembebasan bersyarat, remisi, dan asimilasi. Tapiiii, apabila pelaku justice collaborator nggak jujur dalam memberikan keterangan, maka mereka nggak akan mendapatkan imbalan. 

Sebenarnya aku baru tau juga sih ternyata hal seperti ini ada di dalam hukum. Ibaratnya tuh kayak kerja sama biar mencapai tujuan bersama untuk menemukan pelaku utama dan menghindari ancaman terhadap saksi pelaku. 

Adapun syarat untuk menjadi justice collaborator di antaranya:

  • Merupakan tindak pidana serius dan atau terorganisir
  • Pelaku harus mengungkapkan keterangan secara signifikan, relevan, dan andal
  • Pelaku utama nggak diungkapkan di dalam tindak pidana
  • Aset dikembalikan dalam pernyataan tertulis
  • Terdapat ancaman dan kekhawatiran terhadap saksi pelaku

Dengan adanya justice collaborator diharapkan pelaku akan mengungkapkan semua keterangan tentang kasus kejahatannya. Tapi, bukan pelaku utamanya yaa, Ma. Jika bukti dan keterangan sudah ditemukan, maka tim penyidik atau penuntut umum bisa menemukan pelaku lainnya yang memiliki peran lebih besar. 

Itulah apa itu justice collaborator yang sudah aku rangkum buat Mama, semoga bermanfaat yaaa~

mantap nih nambah pengetahuan aku soal istilah hukum

Hai, Ma! Belum lama ini lagi rame banget netizen ngebahas soal apa itu justice collaborator di media sosial.  Mulanya sih, justice....

Hai, Ma! Belum lama ini lagi rame banget netizen ngebahas soal apa itu justice collaborator di media sosial. 

Mulanya sih, justice collaborator ramai diperbincangkan karena kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J tempo lalu. Salah satu tersangka, Bharada E atau Richard Eliezer mengajukan permohonan resmi lewat kuasa hukumnya untuk memberikan justice collaborator ke Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) pada tanggal 8 Agustus 2022 lalu.

Nah, banyak banget yang bertanya-tanya, apa itu justice collaborator? Biar nggak makin penasaran, yuk simak pembahasan di bawah ini yaaa~

Berdasarkan Lembaga Kajian Keilmuan Fakultas Hukum Universitas Indonesia (LK2 FHUI), justice collaborator adalah pelaku bekerja sama untuk mendapatkan keterangan dan bantuan dari penegak hukum. Kalo justice collaborator menurut Surat Edaran Mahkamah Agung Nomor 4 Tahun 2011 adalah pelaku yang mengakui kejahatannya tapi bukan pelaku utama.

Kesimpulannya, justice collaborator adalah pelaku (bukan utama) yang akan memberikan keterangan tapi harus ada imbalannya berupa pembebasan bersyarat, remisi, dan asimilasi. Tapiiii, apabila pelaku justice collaborator nggak jujur dalam memberikan keterangan, maka mereka nggak akan mendapatkan imbalan. 

Sebenarnya aku baru tau juga sih ternyata hal seperti ini ada di dalam hukum. Ibaratnya tuh kayak kerja sama biar mencapai tujuan bersama untuk menemukan pelaku utama dan menghindari ancaman terhadap saksi pelaku. 

Adapun syarat untuk menjadi justice collaborator di antaranya:

  • Merupakan tindak pidana serius dan atau terorganisir
  • Pelaku harus mengungkapkan keterangan secara signifikan, relevan, dan andal
  • Pelaku utama nggak diungkapkan di dalam tindak pidana
  • Aset dikembalikan dalam pernyataan tertulis
  • Terdapat ancaman dan kekhawatiran terhadap saksi pelaku

Dengan adanya justice collaborator diharapkan pelaku akan mengungkapkan semua keterangan tentang kasus kejahatannya. Tapi, bukan pelaku utamanya yaa, Ma. Jika bukti dan keterangan sudah ditemukan, maka tim penyidik atau penuntut umum bisa menemukan pelaku lainnya yang memiliki peran lebih besar. 

Itulah apa itu justice collaborator yang sudah aku rangkum buat Mama, semoga bermanfaat yaaa~

wah baru pertama denger aku ma

POPMAMA-Community-search
POPMAMA-Community
We couldn't find any result for
Baby Name keywords
POPMAMA-Community
We couldn't find any result for
Baby Name keywords
POPMAMA-Community
We couldn't find any result for
Baby Name keywords
POPMAMA-Community
We couldn't find any result for
Baby Name keywords