Cara Menurunkan Panas Anak dengan Ramuan Bawang Merah

Lakukan cara ini agar si Kecil panasnya turun yuk, Ma?

7 September 2019

Cara Menurunkan Panas Anak Ramuan Bawang Merah
Freepik/Whatwolf

Penyakit yang sering dialami si Kecil ada banyak seperti, batuk, flu, demam, dan diare. Seringkali sebagian Mama langsung membeli obat di apotek untuk meredakan sakit si Kecil.

Saat si Kecil mengalami sakit tentu Mama akan melakukan segala cara untuk meredakan sakitnya. Mengapa si Kecil rentan terhadap penyakit?

Sebab sistem kekebalan tubuhnya belum sempurna sehingga membuat dirinya rentan terhadap virus dan bakteri yang menyerang tubuhnya.

Namun, lebih baik jika si Kecil sedang sakit berilah obat-obatan yang alami, ramuan dari bahan alami sangat aman dan minim efek samping, dibandingkan obat medis. Meskipun begitu obat medis tetap bisa dikonsumsi dalam batas yang wajar.

Pernah mendengar bawang merah? Pasti tidak asing ya, bawang merah memiliki manfaat untuk menurunkan panas si Kecil. Selain itu bawang merah merupakan bahan alami dan mudah ditemukan.

Bagaimana cara menurunkan panas si Kecil dengan bawang merah ya? Agar tidak penasaran Popmama.com telah merangkum informasinya disini!

1. Menyiapkan bahan utama yaitu bawang merah

1. Menyiapkan bahan utama yaitu bawang merah
Impexenterprise.co.in

Bawang merah memiliki kandungan protein, vitamin C, mineral, dan vitamin B6. Nggak cuma bisa jadi bumbu masakan ternyata bawang memiliki nutrisi yang dibutuhkan tubuh, protein dan peptide mampu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Maka dari itu bawang merah berguna untuk menyembuhkan demam si Kecil, sebab kekebalan tubuhnya bertambah kuat untuk memerangi berbagai penyakit dan infeksi yang ditimbulkan oleh virus.

Sebelum membuat campuran bawang merah untuk menurunkan panas si Kecil, Mama harus menyiapkan 2-3 buah bawang merah setelah itu kupas kulitnya. Kemudian iris bawang merah dan jangan sampai halus. Ketika bawang sudah selesai diiris Mama bisa mencapurkan minyak ke dalamnya.

Minyak yang digunakan bisa minyak kayu putih atau minyak telon, perlu diingat untuk menuangkannya sedikit saja ya. Minyak dibutuhkan untuk memudahkan penggunaan bawang merah. Mama bisa langsung mengolesi tubuh si Kecil dengan bahan ini.

Editors' Picks

2. Balurkan bawang merah di bagian ubun-ubun, perut, punggung, dada, telapak kaki, dan lipatan lengan

2. Balurkan bawang merah bagian ubun-ubun, perut, punggung, dada, telapak kaki, lipatan lengan
Freepik/Prostooleh

Ketika Mama ingin membalurkan bawang merah yang sudah ditambahkan minyak telon atau kayu putih, ajaklah si Kecil untuk melepaskan dahulu pakaiannya untuk mempermudah prosesnya.

Kemudian biarkan ia berbaring dengan posisi yang paling nyaman. Jika sudah Mama bisa mulai untuk mengolesi sambil memijat tubuh si Kecil dengan menggunakan bawang merah.

Bagian tubuh si Kecil yang Mama harus olesi yaitu ubun-ubun, perut, punggung, dada, telapak kaki, dan lipatan lengan. Menggunakan bahan yang herbal membuat tubuh si Kecil tidak ketergantungan pada obat jika sakit. Pemberian obat yang terlalu sering dapat membuat tubuh menjadi kebal.

3. Balurkan bawang merah ketika si Kecil sedang pulas tertidur agar bau bawang merah tidak membuatnya terganggu

3. Balurkan bawang merah ketika si Kecil sedang pulas tertidur agar bau bawang merah tidak membuat terganggu
Freepik/Javi_indy

Biarkan bawang merah menyerap hingga ke kulit si Kecil, biarkan campuran bahan alami tersebut bekerja dengan baik dalam menurunkan panas yang mengganggu kesehatan si Kecil.

Bila ingin mengolesi bawang merah sebaiknya saat si Kecil ingin pergi tidur, sebab ia akan lebih merasa nyaman dan tidak terganggu dengan bau menyengat yang dihasilkan oleh bawang merah.

Bila Mama membalurkannya saat si Kecil sedang melakukan kegiatan, dikhawatirkan dia dapat menggosokan tangannya ke bagian tubuh. Kemudian ia memasukan tangannya ke mulut, tentu ia akan megalami rasa yang tidak nyaman pada mulutnya.

4. Cara lain menggunakan bawang merah sebagai penurun demam si Kecil

4. Cara lain menggunakan bawang merah sebagai penurun demam si Kecil
Pixabay/Couleur

Selain mencapurkan bawang merah dengan minyak telon, Mama bisa dengan mudah langsung memotong bawang merah menjadi dua bagian. Setelah itu oleskan pada tubuh si Kecil, tepatnya di bagian dada, punggung, dan leher.

Tanpa memberi tambahan minyak, bawang merah dapat menurunkan demam si Kecil. Dengan begitu panasnya akan turun dan si Kecil segera sehat kembali.

Bila si Kecil menderita demam disertai flu Mama bisa mengupas dan mengiris bawang merah lalu diletakkan di pojok ruang tidurnya.

Wah, ternyata bawang merah bisa menjadi obat alami penurun panas si Kecil ya, jangan lupa untuk menerapkannya jika si Kecil sedang mengalami sakit demam ya. Semoga bermanfaat, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.