Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Inilah Cara Merawat dan Membimbing Anak Albino

Anak-anak dengan kondisi albinisme perlu dibimbing dan dirawat dengan penuh kasih sayang

6 Februari 2021

Inilah Cara Merawat Membimbing Anak Albino
healthjade.com

Albino atau albisnime merupakan kondisi mutasi genetik langka yang membuat kulit, rambut, dan mata seseorang tidak berwarna ataupun berwarna putih. Albinisme merupakan penyakit genetik bawaan yang diturunkan orangtua kepada anak-anaknya.

Anak-anak dengan kondisi albino akan berhadapan dengan berbagai tantangan dalam hidup mereka. Khususnya karena fisik mereka yang terlihat berbeda dari teman-temannya. Anak-anak ini juga memiliki masalah kulit sensitif dan pengelihatan yang menganggu mereka. 

Anak albinisme sesugguhnya tidak berbeda jauh dari anak-anak lainnya. Mereka dapat mencapai keberhasilan seperti anak lainnya. 

Anak-anak ini hanya membutuhan penerimaan dan bimbingan penuh cinta dari Papa dan Mama. 

Temukan di Popmama.com cara membimbing dan merawat anak albino dengan baik. 

1. Membantu anak memahami kondisi yang mereka alami

1. Membantu anak memahami kondisi mereka alami
pinterest.jp

Tidak heran jika anak-anak dengan kondisi albino sulit untuk menerima dirinya. Mereka mungkin merasa asing dan berbeda dari orang-orang di sekelilingnya. Bahkan mungkin juga mereka merasa direndahkan oleh teman-temannya. 

Menanggapi hal tersebut, penting sekali bagi Mama dan Papa untuk membimbing anak memahami dan menerima diri mereka sendiri. Kamu dapat melakukannya dengan cara membantu mereka mengenali kondisi albinisme yang mereka alami. 

Sebenarnya anak-anak dengan kondisi ini tetap dapat meraih keberhasilan mereka kok. Anak-anak albinisme tidak berbeda dengan anak-anak lainnya dalam hal kecerdasan dan kemampuan. Mutasi genetik tersebut juga tidak akan bertambah buruk seiring waktu. 

Kondisi albinisme yang anak-anak alami sebenarnya dapat menjadi berkat tersendiri yang perlu mereka syukuri dan terima. 

Editors' Picks

2. Memahami kondisi kulit anak yang berbeda

2. Memahami kondisi kulit anak berbeda
babycouture.in

Anak-anak albinisme memiliki kondisi yang cukup berbeda. Tidak hanya pada warna kulit dan rambut tubuh mereka, tetapi juga masalah pengelihatan dan kulit. 

Kurangnya melanin dalam anak-anak ini membuat kulit mereka menjadi sangat rentan. Terutama jika anak-anak terkena paparan sinar UV matahari. Terkena paparan sinar UV secara berlebihan dapat berisiko memicu terjadinya kanker kulit. 

Lindungilah si Kecil dari paparan sinar matahari dengan memakaikannya baju lengan panjang, topi, dan tabir surya dengan sun-protection factor (SPF) yang tinggi (SPF 30 atau lebih) ketika mereka beraktivitas di luar rumah. 

3. Memperhatikan gangguan pengelihatan mereka

3. Memperhatikan gangguan pengelihatan mereka
Freepik/freepik

Kekurangan melanin yang dialami anak-anak albinisme juga berpengaruh pada pengelihatan mereka. Pada beberapa kondisi, ini menyebabkan si Kecil mengalami gangguan pengelihatan. Gangguan ini dapat berupa pengelihatan yang tidak baik, juga mata yang lebih sensitif terhadap cahaya. 

Kamu dapat membantu si Kecil mengikuti sejumlah perawatan, seperti mengenakan kacamata dan lensa kontak untuk memperbaiki pengelihatannya. Mata yang sensitif terhadap cahaya juga dapat diatasi dengan mengenakan kacamata yang membantu menghalangi sinar langsung masuk mengenai retina mata. 

Ketika bersekolah nanti, kamu dapat memberikan dukungan ekstra dengan menganjurkan anak duduk di barisan terdepan agar dapat melihat tulisan dan memperhatikan penjelasan guru lebih baik. 

4. Tuntun anak pada cita-cita mereka

4. Tuntun anak cita-cita mereka
stock.adobe.com

Kondisi albinisme sesungguhnya tidak akan menjadi penghambat anak-anak untuk berhasil meraih impian mereka. Mengingat albinisme tidak mempengaruhi dan menghampat perkembangan tubuh dan pikirannya. 

Mama dan Papa dapat membimbing anak untuk selalu berpengaharapan akan cita-cita mereka. Tuntun mereka juga dengan baik ketika mengasah ilmu ataupun kemampuannya. Dan jangan lupa untuk mendukung dan memberikan si Kecil semangat.

Dukungan dari kedua orangtua akan sangat berarti bagi anak-anakmu. Ini membuat mereka merasa berharga meskipun memiliki kondisi yang berbeda. 

Ada banyak lho orang-orang dengan kondisi albino yang berhasil meraih kesukesannya, seperti Leo Jonah dan Thando Hopa yang merupakan model terkenal, juga Victor Varnado seorang aktor dan pelawak dari Amerika. 

5. Membimbingnya dengan penerimaan dan kasih sayang

5. Membimbing penerimaan kasih sayang
lovewhatmatters.com

Kasih sayang menjadi hal terpenting yang perlu Mama dan Papa terapkan dalam mendidik anak dengan kondisi albisnime. Apalagi jika kau merawat mereka dengan penuh rasa penerimaan dan syukur. 

Ada kemungkinan bagi anak-anak albino untuk merasa dirinya berbeda dan tidak diterima. Ini biasanya akan muncul ketika anak-anak ini mendapat perlakukan buruk dari keluraga dan orang-orang terdekatnya. 

Membimbing anak albino dengan penerimaan dan kasih sayang akan membuat mereka merasa dihargai dan diterima. Rasa sayang yang si Kecil terima, khususnya dari orang tua akan berbuah pada semangat untuk menjalankan hidup mereka dengan baik. 

Bimbing dan doakan anak-anak ini dengan penuh kasih ya. Itulah cara merawat dan membimbing anak albino hingga mereka merasa diterima dan nyaman berada di lingkungannya. Mereka tentu dapat meraih impian dan cita-citanya.  

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk