Rekomendasi Krim Ruam yang Aman untuk Anak Balita

Atasi ruam popok, ruam susu, biang keringat dan iritasi lainnya dengan menggunakan krim yang cocok

5 Juni 2020

Rekomendasi Krim Ruam Aman Anak Balita
Unsplash/Jakub Kriz

Ruam merupakan masalah kulit yang umum terjadi pada anak-anak dan bayi. Kebanyakan ruam disebabkan oleh infeksi virus biasa dan tidak perlu dikhawatirkan. Ruam juga tidak berbahaya dan biasanya akan hilang dengan sendirinya.

Mengutip laman The Royal Childern Hospitals Melbourne, ruam memiliki banyak penampilan berbeda. Misalnya, berwarna kemerahan, seperti benjolan, hingga terlihat melepuh.

Ruam dapat menyebar ke sebagian besar atau seluruh tubuh dan dapat berlangsung selama berhari-hari hingga berminggu-minggu.

Namun, kebanyakan ruam ringan dan tidak menyebabkan anak tertekan, tetapi beberapa ruam dapat menyebabkan banyak gatal.

Untuk mengatasi ruam pada si Kecil, Mama bisa mengoleskan krim agar kulit anak tak terasa gatal, merah-merah, dan tetap lembap. Berikut Popmama.com rekomendasikan krim ruam yang aman untuk balita. 

1. Aveeno baby soothing relief moisturizing

1. Aveeno baby soothing relief moisturizing
Aveeno.co.id

Jika anak Mama memiliki kulit kering yang disertai ruam. Mama bisa mencoba krim dari Aveeno karena dapat menjaga dan melindungi kulit bayi yang kering.

Aveeno Baby Soothing Relief Moisturizing Cream mengandung Colloidal Oatmel Complex yang didesain untuk menenangkan dan melindungi kulit Si Kecil yang sensitif dan kering.

Krim bayi ini teruji klinis dapat melembapkan hingga 24 jam. Selain itu, bebas pewangi sintetis dan hipoalergenik sehingga lembut untuk kulit bayi yang sensitif.

2. Johnsons baby cream

2. Johnsons baby cream
Johnsonsbaby.co.id

Krim yang diformulasikan untuk bayi dan anak-anak ini multifungsi karena dapat digunakan untuk berbagai masalah kulit. Misalnya, ruam popok, ruam pipi, biang keringat, dan kulit kering.

Johnsons baby cream dapat membuat kulit anak terjaga kelembapannya sehingga bisa mencegah iritasi akibat kulit kering. Penggunaan krim ini pun aman untuk kulit anak karena memiliki kadar pH seimbang dan telah teruji oleh dermatologi. 

Editors' Picks

3. Mustela barrier cream

3. Mustela barrier cream
Tokopedia.com/Lolypop Baby Shop

Jika anak balita Mama masih menggunakan diapers dan rentan terkena ruam popok, Mustela Barrier Cream mungkin bisa jadi pilihan yang tepat.

Mengandung bahan-bahan alami, seperti zinc oxide yang dapat memberikan efek perlindungan, vitamin F untuk menyembuhkan ruam popok dengan cepat, juga shea butter yang melembutkan dan menenangkan kulit.

Tak hanya itu, krim ini juga mengandung caprylyl glycol yang dapat mencegah perkembangan bakteri.

4. Naif nutruring cream

4. Naif nutruring cream
Shopee.co.id/joy.living

Naif Nutruring Cream merupakan krim yang dapat digunakan untuk mengatasi iritasi pada kulit akibat ruam ataupun adanya bintik-bintik merah pada area muka, leher, tangan, serta kaki.

Mengandung bahan-bahan alami yang baik untuk menjaga kulit dari iritasi atau alergi. Diperkaya ekstrak bunga chamomile, sweet almond oil, cottonseed oil, macademia oil, dan avocado oil.

Tidak mengandung SLS, paraben atau bahan kimia berbahaya lainnya sehingga cocok untuk kulit sensitif.

5. Pure kids rash cream

5. Pure kids rash cream
Tororo.com

Pure Kids Rash Cream merupakan krim untuk mengatasi segala jenis iritasi dan ruam. Misalnya, ruam popok, ruam susu, dan biang keringat.

Selain itu, krim ini juga digunakan untuk melindungi kulit bayi yang sensitif dari kemerahan dan memberikan kelembutan serta kelembapan pada kulit.

6. Pure kids itchy cream

6. Pure kids itchy cream
Shopee.co.id/purebb.indonesia

Jika masalah kulit anak Mama adalah ruam yang disebabkan oleh biang keringat sehingga terasa gatal dan tak nyaman, Pure Kids Itchy Cream bisa bantu mengatasinya.

Kandungan yang terdapat pada Itchy Cream merupakan bahan alami, yaitu oat kernel, cajuput oil, calamine, dan chamomils yang dapat meredakan gatal, anti Inflamasi, anti bakteri, dan melembabkan kulit. 

7. Sudocrem

7. Sudocrem
Mothercare.co.id

Sudocrem adalah krim antiseptik ringan yang mengurangi ruam popok, biang keringat, eksim, luka karena tempat tidur, eksim, luka bakar ringan dan jerawat sehingga ideal untuk digunakan oleh anak dan seluruh keluarga.

Krim ini memberikan lapisan penghalang air terhadap penyebab iritasi dan kotoran, dan juga menenangkan peradangan dan iritasi dengan kandungan anaesthetic yang lembut.

Dilengkapi dengan kandungan purified water, parafin cair, asam sitris dan bahan-bahan terbaik. 

Itulah 7 rekomendasi produk krim ruam untuk anak balita. Selain menggunakan krim yang tepat, perhatikan juga kebersihan diri dan lingkungan sehingga anak terhindar dari masalah kulit. Semoga bermanfaat, Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.