TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

13 Mainan Edukasi Anak 3 Tahun, Optimalkan Perkembangan

Tak cuma seru, mainan ini juga mengoptimalkan kemampuan motorik dan kognitif anak

13 Juli 2022

13 Mainan Edukasi Anak 3 Tahun, Optimalkan Perkembangan
Pexels/Karolina Grabowska

Anak akan selalu berkembang setiap saat sesuai dengan bertambahnya umur. Ketika anak memasuki usia 3 tahun, kemampuan motorik dan kognitifnya mengalami perkembangan pesat.

Di masa-masa ini, anak akan bergerak aktif. Anak senang melakukan kegiatan bermain yang berhubungan dengan fisik. 

Untuk mendukung perkembangan si Kecil, orang tua dapat memberikan mainan edukasi anak 3 tahun. Tidak hanya seru dan menarik, edukasi mainan tersebut dapat membantu anak melatih kemampuan motorik dan kognitifnya.

Nah, mainan edukasi anak 3 tahun memiliki beragam jenis. Selain itu, mainan tersebut juga mempunyai fungsi yang berbeda. Tugas orang tua adalah memilih mainan edukasi yang tepat.

Berikut Popmama.com telah merangkum bermacam-macam mainan edukasi anak 3 tahun yang menunjang perkembangan si Kecil. Simak ulasannya, ya.

1. Alat musik mainan

1. Alat musik mainan
Pexels/Ron Lach

Mainan edukasi anak 3 tahun ini sangat direkomendasikan. Pasalnya, rata-rata anak berumur 3 tahun mulai gemar mendengarkan bunyi atau suara.

Untuk itu, berikan anak alat musik mainan, seperti alat musik piano, harmonika, atau ukulele. 

Selain menyenangkan, alat musik mainan dapat mendorong anak berekspresi. Anak juga dapat menyalurkan kreativitasnya sekaligus mengurangi stres.

2. Mainan lego

2. Mainan lego
Freepik/8photo

Inilah mainan edukasi anak 3 tahun yang cukup populer, yakni mainan lego.

Dengan mainan ini, anak menyusun komponen lego sesuai dengan bentuk atau model yang ditentukan. Secara otomatis, kemampuan motorik dan kognitif dipacu untuk bekerja aktif. 

Di sisi lain, mainan ini mendorong akan untuk terampil dalam memecahkan masalah.

3. Mainan stacking cups

3. Mainan stacking cups
Pexels/Towfiqu barbhuiya

Di usia 3 tahun, umumnya anak juga senang kegiatan menyusun. Untuk itu, mainan stacking cups cocok untuk si Kecil.

Mainan ini mendorong anak untuk menyusun cups warna-warni dengan beragam ukuran. Kemampuan kognitif pun akan terasah karena anak harus menyusun cups sesuai dengan warna, angka, atau ukuran.

4. Mainan balok geometri

4. Mainan balok geometri
Freepik/Dashu83

Mainan edukasi anak 3 tahun berikutnya adalah balok geometri.

Mainan ini dapat mengasah kemampuan kognitif. Anak akan membuat atau menciptakan bentuk tertentu sesuai dengan imajinasinya. 

Selain itu, anak juga bisa belajar mengenal warna. Jadi, pengetahuan dan kreativitas anak dapat berkembang secara optimal.

5. Bermain pasir

5. Bermain pasir
Pexels/Allan Mas

Siapa yang menyangka bahwa pasir mainan dapat memaksimalkan kemampuan motorik dan kognitif anak usia 3 tahun? 

Ketika bermain pasir, kemampuan berpikir dan berimajinasi akan terlatih. Anak dapat membuat bentuk benda yang ada di bayangannya dengan pasir, seperti bentuk istana, gunung, rumah, dan sebagainya. 

Jadi, sesekali ajak anak bermain pasir bersama. Mama dan Papa bisa mengajak anak ke pantai. Alternatif lainnya, beli pasir mainan (kinetik) agar anak bisa bermain di halaman rumah.

Editors' Picks

6. Permainan papan

6. Permainan papan
Unsplash/VD Photography

Pemainan papan melatih kemampuan anak dalam memahami arahan. Mainan edukasi anak 3 tahun ini juga melatih kesabaran anak. 

Di sisi lain, mainan ini dapat mengasah kemampuan berkomunikasi sekaligus bekerjasama dalam kelompok. Salah satu contoh mainan papan, adalah count your chicken atau mainan ular tangga.

7. Mainan cocok bentuk

7. Mainan cocok bentuk
Pexels/Yan Krukov

Mainan cocok bentuk termasuk mainan edukasi anak 3 tahun yang tak kalah populer. Dengan mainan ini, anak akan belajar mencocokkan bentuk satu objek dengan objek yang sesuai. 

Selain mencocokkan dan menyortir bentuk, anak juga belajar warna karena mainan ini memiliki bermacam-macam warna menarik.

8. Magnetic numbers and letters

8. Magnetic numbers and letters
Pexels/Karolina Grabowska

Mainan edukasi anak 3 tahun seperti magnetic numbers and letters terbilang seru. Pasalnya, orang tua dapat memanfaatkan benda atau barang yang ada di rumah. 

Misalnya, kumpulkan beberapa barang di satu wadah, Kemudian, sandingkan dengan mainan angka. Lalu, ajak anak untuk memahami benda-benda dengan simbol angka.

9. Papan tulis

9. Papan tulis
Pexels/Stephen Andrews

Papan tulis merupakan mainan edukasi anak 3 tahun yang menarik. Dengan mainan ini, anak dapat menulis apa pun yang diinginkan.

Bahkan, anak bisa menulis atau menggores sesuatu di papan tulis. Sehingga, anak dapat mengeksplorasi sisi kreativitasnya.

10. Magic straw

10. Magic straw
Pexels/Mentatdgt

Mainan edukasi anak 3 tahun seperti magic straw membuat anak berpikir logis. Anak juga bisa mengasah kecerdasan spasial.

Apabila sering bermain magic straw, kemampuan koordinasi mata dan tangan anak makin terlatih. Dampaknya, kemampuan kognitif dan imajinasi anak berkembang dengan optimal.

11. Finger paint

11. Finger paint
Freepik/Bedney Images

Mainan edukasi anak 3 tahun selanjutnya adalah finger paint. Dengan mainan ini, anak mengekspresikan diri melalui cat lukis khusus.

Jadi, selain menarik, mainan finger paint dapat melatih kreativitas anak. 

Caranya pun cukup mudah. Anak melukis dengan menggunakan jarinya. Celupkan permukaan tangan ke cat. Kemudian, lukis di atas kertas.

12. Main puzzle

12. Main puzzle
Freepik/Racool Studio

Bermain puzzle sangat bagus untuk anak usia 3 tahun. Permainan ini tidak membosankan. Caranya, dengan mencocokan susunan gambar yang terpisah menjadi susunan yang utuh kembali.

Saat mencari susunan yang benar, anak dilatih untuk fokus. Semakin sering main puzzle, anak tentu akan memiliki kemampuan konsentrasi yang tinggi.

13. Mainan mobil-mobilan

13. Mainan mobil-mobilan
Pexels/Polesie Toys

Mainan edukasi anak 3 tahun ini tentu tidak asing lagi. Meski mobil-mobilan identik dengan mainan anak laki-laki, anak perempuan juga bisa memainkanya.

Dengan main mobil-mobilan, anak dapat melatih koordinasi mata dan tangan. Latihan koordinasi ini dapat mengembangkan kemampuan motorik si Kecil.

Itulah 13 mainan edukasi anak 3 tahun. Pastikan Mama dan Papa memilih mainan yang sesuai dengan kebutuhan perkembangan anak. Selain itu, pastikan mainan tidak mengandung zat yang berbahaya.

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk