Optimalkan Masa Golden Age, 5 Hal Ini Penting Mama Ketahui

Si Kecil sehat, Mama pun tenang

4 Mei 2021

Optimalkan Masa Golden Age, 5 Hal Ini Penting Mama Ketahui
ShutterStock/AnurakPongpatimet
ShutterStock/AnurakPongpatimet

Demi keluarga, Popmama.com yakin 100% nih kalau Mama pasti ingin memberikan yang terbaik bagi keluarga di rumah. Bahkan untuk masa pertumbuhan dan juga kebutuhan anak, secara otomatis akan Mama prioritaskan apalagi kalau mereka sedang berada di masa golden age

Sudah jelas, naluri sebagai seorang ibu pun pasti akan selalu ada demi memastikan si kecil tumbuh maksimal. Maka dari itu, wajib hukumnya untuk memperhatikan asupan untuk mereka. Ketika nutrisi sudah dipenuhi, asupan tambahan seperti Program 12 Hari Realfood Stay Fit pun juga bisa jadi referensi nih Ma. Soalnya, lima hal ini sangat dibutuhkan di masa golden age mereka, Ma! 

1. Menjaga daya tahan tubuh (imunitas)

1. Menjaga daya tahan tubuh (imunitas)
ShutterStock/Fizkes
ShutterStock/Fizkes

Golden age anak yang berkisar antara usia 0 sampai 5 tahun menjadi masa yang sangat penting bagi orangtua untuk memberi didikan terbaiknya. Agar bisa mengoptimalkan masa tumbuh kembang pada periode ini, maka penting sekali bagi Mama untuk menjaga imunitas si kecil. 

Di usianya yang dini, ada banyak faktor yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh anak. Si kecil pun masih sangat rentan terkena berbagai macam penyakit seperti cacar, maupun flu.

Optimalkan Masa Golden Age, 5 Hal Ini Penting Mama Ketahui
Popmama.com/Realfood
Popmama.com/Realfood

Ada beberapa cara yang Mama bisa lakukan untuk menjaga daya tahan tubuh anak. Mulai dari menanamkan penerapan gaya hidup sehat sejak kecil, menyediakan waktu yang cukup untuk bermain, hingga memberikan makanan bergizi. 

Mama juga bisa memberikan dukungan dengan memberikan Realfood Stay Fit yang merupakan partner tepat dalam memenuhi nutrisi sehari-hari bagi keluarga. Program ini diciptakan untuk membantu menjaga sistem imunitas agar si kecil dapat menjalankan kegiatan sehari-hari dengan maksimal. 

Editors' Picks

2. Menjaga metabolisme tubuh

2. Menjaga metabolisme tubuh
ShutterStock/Ucchie79
ShutterStock/Ucchie79

Metabolisme tubuh merupakan mekanisme kimiawi di dalam tubuh yang membantu tubuh mendapatkan energi yang cukup. Ada beberapa hal yang membuat metabolisme tubuh melambat. Ada yang disebabkan oleh faktor genetik dan juga kebiasaan pola hidup.

Demi menjaga metabolisme si Kecil, Mama bisa memberikan asupan gizi dan nutrisi terbaik agar si kecil bisa tumbuh sehat dan cerdas. Mengonsumsi makanan bergizi di masa kanak-kanak menentukan keberlangsungan sistem tubuh berfungsi normal serta berguna untuk pemeliharaan kesehatan tubuh dan perkembangan otak. Maka dari itu, pemenuhan gizi serta nutrisi sangat penting untuk masa pertumbuhan dan perkembangan si kecil. 

Selain itu, luangkan cukup waktu untuk mengajak si kecil bermain dan bercanda yang bermaksud memancing si kecil agar rajin melakukan aktivitas fisik. Perlu diketahui, saat tubuh bergerak maka metabolisme tubuh pun akan bekerja untuk menyalurkan energi yang dibutuhkan tubuh.

3. Memberikan tambahan nutrisi pendukung

3. Memberikan tambahan nutrisi pendukung
ShutterStock/OduaImages
ShutterStock/OduaImages

Tumbuh kembang anak juga dipengaruhi oleh nutrisi yang diberikan. Pola makan seimbang yang kaya vitamin, mineral, protein, karbohidrat dan lemak sangat penting untuk perkembangan otak dan tubuh anak.

Selain itu, memberikan tambahan nutrisi pendukung yang terkandung dalam beragam produk Realfood juga bisa jadi pilihan nih, Ma. Apalagi, sekarang lagi ada program 12 hari Fit with Realfood untuk menyelaraskan pola hidup sehat. 

Mama tak perlu khawatir soal khasiatnya untuk si kecil karena produk Realfood sudah tersertifikasi halal, tanpa bahan pengawet, pemanis, dan pewarna buatan, serta diproduksi dengan teknologi modern bersertifikasi ISO 22000. Nah untuk tau informasi lengkapnya, lihat manfaat sarang walet untuk anak di sini ya Ma!

4. Meningkatkan daya ingat si Kecil

4. Meningkatkan daya ingat si Kecil
ShutterStock/Fizkes
ShutterStock/Fizkes

Tentunya sebagai orang tua, Mama ingin si kecil tumbuh dengan sehat, cerdas, dan kreatif, bukan? Namun, keterampilan ini tidak muncul begitu saja Ma, melainkan dilatih sejak dini. Tidak perlu melakukan aktivitas yang berat dan membosankan, Mama bisa melatih daya ingatnya dengan cara yang menyenangkan bahkan sambil bermain sekali pun. 

Misalnya, Mama mengarahkan anak untuk melakukan kegiatan seperti belajar menyusun puzzle, belajar berhitung, dan belajar kosa kata baru, untuk merangsang perkembangan sensorik dan motorik anak. Lebih baik lagi jika Mama rutin melakukan aktivitas tersebut sehingga akan menjadi kebiasaan bagi si kecil.

5. Merangsang rasa keingintahuannya

5. Merangsang rasa keingintahuannya
ShutterStock/SurachetKhamsuk
ShutterStock/SurachetKhamsuk

Pada periode golden age, si kecil dipenuhi dengan rasa keingintahuan dan imajinasi yang tinggi. Wajar jika si kecil menanyakan seribu hal pada Mama demi memuaskan rasa keingintahuannya. Nah, penting banget nih Ma untuk memberikan jawaban yang benar serta memperhatikan cara penyampaiannya agar si kecil bisa memahami. 

Biasanya juga rasa ingin tahu ini juga dipengaruhi oleh apa yang menarik perhatian si kecil. Misalnya ketika si kecil menunjukkan rasa ingin tahunya dengan benda yang ada di sekitar, lalu dimasukkan ke mulut. Sebagai orang tua, Mama bisa menjelaskan mengapa benda-benda tidak boleh dimasukkan ke dalam mulut dengan bahasa yang halus dan mudah dipahami. (WEB)

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.