5 Jenis Ikan yang Baik Bagi Pertumbuhan Anak Mama

Ikan yang teksturnya lembut dan rasanya enak cocok untuk menu makan si Kecil

29 Oktober 2018

5 Jenis Ikan Baik Bagi Pertumbuhan Anak Mama
Unsplash/mali maeder

Siapa yang tak tahu kalau ikan itu makanan bergizi yang baik untuk pertumbuhan anak. Dimana ikan mengandung protein, zat besi, dan mineral yang tinggi. Ikan juga baik untuk kesehatan jantung dan perkembangan otak bayi.

Selain teksturnya lembut dan rasanya gurih, ikan mudah didapat serta harganya terjangkau. Nah, maka itu ikan makanan yang wajib orangtua berikan untuk Si Kecil pada masa pertumbuhannya.

Meskipun begitu, tidak semua jenis ikan baik untuk anak. Salah satu faktornya ialah ikan ada yang mengandung metil merkuri, jenis merkuri inilah yang bisa meracuni otak dalam jumlah besar.

Sedangkan pada ikan-ikan besar yang usianya panjang cenderung memiliki kadar kontaminasi terbesar lho.

Jangan khawatir, Mama bisa meminimalkan risiko paparan merkuri tersebut. Caranya yaitu hanya memilih jenis ikan yang aman untuk dikonsumsi anak. 

Berikut ulasan mengenai jenis ikan yang baik dikonsumsi oleh si Kecil:

1. Salmon

1. Salmon
Mrsiraphol / Freepik

Pasti Mama sudah tak asing lagi mendengar manfaat salmon. Tahukah Mama, setiap 100 gram ikan salmon terdapat  415 kalori, 46 gram protein, dan 23 gram lemak.

Selain itu, salmon yang kaya akan asam lemak omega-3 sangat penting dalam meningkatkan intelegensi anak dan meningkatkan fungsi kognitif.

Kandungan lainnya seperti zinc, zat besi, niasin, vitamin B12 dan vitamin B6 merupakan nutrisi yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak si Kecil. Ikan salmon  makanan  yang cocok diberikan untuk menu si Kecil.

Editors' Picks

2. Tuna

2. Tuna
Mrsiraphol / Freepik

Siapa yang tak tahu ikan tuna? Ikan tuna yang memiliki kandungan omega-3 sangat tinggi ini, baik untuk mengoptimalkan perkembangan otak anak juga Ma.

Selain omega-3, tuna juga kaya akan nutrisi esensial seperti DHA, fosfor, kalium, magnesium, dan vitamin B6. Lalu setiap 100 gram ikan tuna mengandung 184 kalori, 30 gram protein, dan 6 gram lemak.

Jadi tuna makanan yang sarat akan gizi dan nutrisi. Tuna yang juga mengandung lemak jenuh rendah sehingga bisa dijadikan sumber protein untuk si Kecil.

3. Bandeng

3. Bandeng
Freepik

Jenis ikan berikutnya adalah ikan bandeng. Ikan bandeng salah satu jenis ikan yang murah meriah dan memiliki banyak gizi.

Bandeng mengandung kalori, protein, lemak, dan juga mengandung asam lemak omega-3 yang dapat mencerdaskan serta meningkatkan daya ingat anak.

Kandungan omega-3 dan vitamin A-nya bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu agar Si Kecil memiliki penglihatan yang lebih baik.

4. Cakalang

4. Cakalang
Pexels/Skitterphoto

Mama juga bisa memberi asupan makanan bernutrisi berupa ikan cakalang untuk si Kecil. Ikan cakalang merupakan jenis ikan yang berprotein tinggi.

Kandungan proteinnya bermanfaat meningkatkan kecerdasan otak anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Selain itu, ikan cakalang juga dapat meningkatkan daya ingat anak, lho.

Hal ini karena kandungan asam lemak omega-3 yang terdapat di dalamnya. Dalam 100 gram ikan cakalang terdapat 107 kalori, 19,6 gram protein, 0,7 gram lemak, dan 5,5 gram karbohidrat.

Ikan cakalang biasanya diolah menjadi ikan asap atau abon. Mama bisa memberikan buah hati abon ikan cakalang yang rasanya enak dan gurih. 

5. Ikan ekor kuning

5. Ikan ekor kuning
Photodiod / Freepik

Jenis ikan berikutnya yaitu ikan ekor kuning. Ikan ekor kuning kaya akan protein,  omega 3 dan omega 6 yang bermanfaat untuk mendukung perkembangan otak anak.

Ikan ekor kuning ini pun sangat dibutuhkan untuk anak yang malas makan, ikan cakalang mampu menambah nafsu makan lho Ma.

Sedangkan 100 gram ikan ekor kuning mengandung 108 kalori, 22,3 gram protein, 1,2 gram lemak, dan 2,1 gram karbohidrat. Mama bisa sajikan ikan ekor kuning dengan digoreng dalam bentuk fillet untuk si Kecil. 

Ma, itulah beberapa jenis ikan yang bisa Mama berikan untuk meningkatkan kecerdasan si Kecil. Untuk meningkatkan kecerdasan otak buah hati tercinta, yuk selalu sediakan menu ikan di rumah. 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.