12 Cara Melipat Pesawat Kertas Anti Mainstream

Mulai dari pesawat tempur hingga pesawat komersil, ada banyak bentuk yang bisa dipilih

8 November 2019

12 Cara Melipat Pesawat Kertas Anti Mainstream
Amazonaws

Siapa yang tidak suka pesawat kertas? Setiap anak pasti pernah mencoba membuat dan menerbangkannya.

Biasanya, pesawat kertas digunakan untuk saling berlomba. Anak-anak akan menerbangkannya bersamaan dan melihat pesawat siapa yang terbang paling jauh.

Pesawat kertas memang permainan yang murah meriah dan menyenangkan. Anak-anak hanya perlu menyiapkan kertas dan keterampilan melipat.

Namun, tahukah Mama? Ternyata ada 12 model pesawat kertas yang bisa dibuat lho! Bentuknya pun bervariasi, mulai dari yang biasa hingga yang menyerupai pesawat tempur ataupun pesawat komersil.

Nah, supaya anak tidak bosan dengan model pesawat kertas yang itu-itu saja, coba ajak ia membuat model pesawat kertas dengan model yang lain yuk. Siapa tau ia bisa mengajarkan teman-temannya juga nanti.

Simak 12 cara melipat pesawat kertas yang telah Popmama.com rangkum berikut:

1. Pesawat kertas "Glider"

1. Pesawat kertas "Glider"
lady-rose.ru

Pasti Mama sudah familiar dengan bentuk pesawat kertas "Glider" ini.

Bentuk ini memang bentuk yang paling umum dibuat ataupun diajarkan ke anak-anak.

Membuatnya pun sangat mudah, Mama hanya membutuhkan enam langkah.

2. Pesawat kertas "Glider #2"

2. Pesawat kertas "Glider 2"
diyfashionhair.club

Pesawat kertas "Glider #2" adalah bentuk lain dari pesawat kertas "Glider". Bentuknya mirip, hanya saja dengan ujung yang lancip.

Bentuk ini juga umum dibuat dan diajarkan ke anak-anak. Tidak heran, pasalnya pesawat kertas ini sangat mudah dibuat.

3. Pesawat kertas "Silke"

3. Pesawat kertas "Silke"
fdokumen.com

Nah, kalau anak bosan dengan bentuk pesawat kertas yang itu-itu saja, Mama bisa mencoba mengajarkan bentuk pesawat kertas "Silke" ini.

Bentuk akhir segi empat dari pesawat ini menjadikannya unik dan anti mainstream. Cara membuatnya pun masih tergolong sederhana.

4. Pesawat kertas "Canard"

4. Pesawat kertas "Canard"
Taringa

Pesawat kertas selanjutnya adalah pesawat kertas "Canard."

Sebagai informasi, bentuk pesawat kertas ini meniru bentuk pesawat asli lho! Nama "Canard" sendiri mengacu pada jenis kerangka pesawat yang memiliki sayap depan yang lebih kecil dari sayap utama di bagian belakang.

Sesuai namanya, pesawat kertas ini pun memiliki dua sayap kecil di bagian depan.

5. Pesawat kertas "The Delta"

5. Pesawat kertas "The Delta"
Bugaga

Sedikit mirip dengan pesawat kertas "Glider", pesawat kertas "The Delta" pun memiliki ujung yang tumpul. Namun, pesawat kertas ini memiliki panjang badan yang lebih pendek daripada pesawat kertas "Glider."

Cara membuatnya pun berbeda lho, Ma. Langkah-langkahnya sedikit lebih kompleks. Namun jika diikuti dengan perlahan, anak pasti bisa membuatnya!

6. Pesawat kertas "The Shuttle"

6. Pesawat kertas "The Shuttle"
Stonegateproducts

Seperti pesawat kertas "Canard", bentuk pesawat kertas "The Shuttle" pun meniru bentuk pesawat asli. Apakah Mama bisa menebak pesawat jenis apa?

Betul sekali, pesawat ini meniru bentuk pesawat airbus yang sering digunakan untuk pesawat udara komersil.

Wah, Mama bisa mengajak anak membuat pesawat kertas ini dan berimajinasi keliling dunia nih!

Editors' Picks

7. Pesawat kertas "Gomez"

7. Pesawat kertas "Gomez"
Imgur

Jika pesawat kertas "The Shuttle" meniru bentuk pesawat terbang komersil, pesawat terbang "Gomez" meniru bentuk pesawat tempur, tepatnya pesawat siluman.

Pesawat tempur tersebut diberi nama demikian karena memiliki kemampuan untuk terbang tanpa diketahui musuh. Ia mampu menghindar dari deteksi radar.

Nah, Mama bisa membuat pesawat ini dan mengajak anak bermain perang-perangan. Tambahkan corak tentara agar pesawat kertasnya semakin mirip pesawat tempur ya, Ma!

8. Pesawat kertas "Locked"

8. Pesawat kertas "Locked"
Son Dakika

Pesawat kertas selanjutnya adalah pesawat kertas "Locked." Bentuk ini juga salah satu bentuk yang sering dibuat. Mama pasti mengenalinya dari lipatan yang ada di bagian depan.

Pesawat kertas "Locked" termasuk mudah dibuat. Namun, anak perlu melipat dengan hati-hati di langkah keempat supaya ujung pesawat tetap lancip.

9. Pesawat kertas "The Hawkeye"

9. Pesawat kertas "The Hawkeye"
Jornalagora

Pesawat kertas "The Hawkeye" memiliki bentuk yang cukup unik, dengan dua ujung lancip di bagian depan. Mama bisa mengajak anak membuat pesawat ini jika ia bosan dengan bentuk pesawat kertas biasa.

Tidak perlu khawatir, meskipun bentuknya unik, pesawat kertas ini cukup mudah dibuat kok, Ma.

10. Pesawat kertas "The Triplane"

10. Pesawat kertas "The Triplane"
Son Dakika

Langkah-langkah untuk membuat pesawat kertas "The Triplane" cukup rumit. Namun, jika Mama mengikuti langkahnya dengan hati-hati, Mama pasti bisa membuatnya bersama anak.

Pesawat kertas ini adalah alternatif jika Mama ingin membuat desain pesawat kertas dengan ujung tumpul, namun bosan dengan desain yang sebelumnya.

11. Pesawat kertas "The Needle"

11. Pesawat kertas "The Needle"
Artur

Bentuk pesawat kertas ini mirip dengan "The Hawkeye," hanya saja ia memiliki satu ujung lancip layaknya jarum. Tidak heran ia dinamakan "The Needle."

Tidak seperti pesawat kertas sebelumnya, "The Needle" cukup kompleks untuk dibuat. Perhatikan langkahnya dengan hati-hati agar tidak salah langkah ya, Ma.

12. Pesawat kertas "Little Nicky"

12. Pesawat kertas "Little Nicky"
Fashion and hairstyle

Pesawat kertas selanjutnya yang juga memiliki bentuk anti mainstream adalah "Little Nicky." Bagian depannya kotak dengan bagian tengah yang menyempit.

Selain bentuknya, pesawat ini juga memiliki warna yang unik. Jika Mama membuatnya menggunakan kertas dengan sisi berbeda warna, "Little Nicky" pasti akan memiliki dua warna pada bagian atas pesawat. Jadi, Mama dan anak tidak perlu repot-repot mewarna badan pesawatnya lagi.

Itulah 12 model pesawat kerta anti mainstream yang bisa dibuat. Cobalah membuatnya dengan kertas berwarna-warni atau kertas khusus origami (seni melipat dari Jepang). Dijamin, pesawat kertas yang Mama atau anak buat akan semakin bagus! Jadi, Mama dan anak paling suka model yang mana nih?

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!