Kapan Waktu Tepat Mengenalkan Sendok Garpu pada Anak?

Seiring bertambahnya usia, anak harus belajar makan yang benar dengan sendok garpu

28 Januari 2020

Kapan Waktu Tepat Mengenalkan Sendok Garpu Anak
babycenter.com

Setelah berusia enam bulan, anak sudah bisa mengonsumsi makanan lain sebagai pendamping ASI.

Umumnya, ada dua cara yang dilakukan untuk memberikan makanan tersebut, yaitu dengan menyuapinya langsung atau dengan membiarkan anak makan dengan tangannya sendiri (dikenal dengan nama baby-led weaning).

Sebenarnya, cara yang manapun tidak masalah. Namun, kedua cara ini tidak bisa dilakukan untuk jangka panjang. Seiring bertambahnya usia, anak harus belajar etika makan yang baik dan benar, termasuk belajar untuk menggunakan sendok garpu sendiri.

Pertanyaannya, kapan waktu yang tepat untuk mengenalkan sendok garpu ke anak? Nah, untuk menjawab rasa penasaran Mama, simak informasi yang telah Popmama.com rangkum berikut, yuk!

1. Mengenalkan sendok garpu sekaligus mengajarkan kemandirian

1. Mengenalkan sendok garpu sekaligus mengajarkan kemandirian
ourstart.com

Rasanya tidak mungkin jika anak terus menerus disuapi ketika ia sudah dewasa nanti. Ia harus belajar untuk makan dengan mandiri.

Nah, inilah pentingnya mengenalkan sendok garpu ketika anak sudah siap. Mama sekaligus mengajarkan kemandirian pada anak.

Tidak apa-apa meski masih berantakan. Yang paling penting adalah anak memiliki keinginan untuk menyuapi dirinya sendiri.

Editors' Picks

2. Mengenalkan sendok garpu akan mengasah motorik anak

2. Mengenalkan sendok garpu akan mengasah motorik anak
bubhub.com.au

Mengenalkan sendok garpu sejak dini adalah latihan yang bagus untuk mengasah motorik anak lho, Ma.

Nyatanya, gerakan menyendok makanan dan menyuapi diri sendiri bukanlah gerakan yang mudah bagi anak. Meski terlihat sederhana, rata-rata anak butuh waktu beberapa bulan sampai bisa menggunakan sendok garpu dengan benar.

Pada usia enam bulan, anak mungkin sudah bisa menggenggam sendok. Namun, gerakan menyuapi dirinya sendiri hanyalah berupa gerakan naik turun.

Barulah ketika berumur 13-18 bulan, anak sudah bisa menggunakan sendok garpu dengan baik dan kemudian menjadi mahir pada umur dua tahun.

3. Kapan waktu yang tepat?

3. Kapan waktu tepat
hk01.com

Penggunaan sendok garpu melibatkan perkembangan motorik. Nah, Mama perlu tahu bahwa perkembangan motorik setiap anak berbeda-beda. Ada yang cepat, namun ada juga yang lambat. Oleh karena itu, kenalkan sendok garpu hanya ketika anak sudah siap agar anak tidak terpaksa untuk mempelajarinya ya, Ma.

Salah satu tanda yang bisa Mama perhatikan adalah respons anak terhadap sendok garpu. Jika anak menunjukan ketertarikan, itulah saat yang tepat untuk mengenalkan sendok garpu.

4. Kenalkan fungsi sendok dan garpu yang berbeda

4. Kenalkan fungsi sendok garpu berbeda
kinderbetreuung-infos.de

Saat mengenalkan penggunaan sendok garpu ke anak, jangan lupa untuk mengenalkan fungsinya masing-masing ya, Ma.

Sendok digunakan untuk menyendok makanan yang berukuran kecil atau berair, seperti sup, nasi, bubur, yogurt, atau pudding.

Sedangkan garpu digunakan untuk mengambil makanan yang lebih besar atau licin, seperti potongan buah, kue, pasta, atau mie.

5. Tips mengenalkan sendok garpu ke anak

5. Tips mengenalkan sendok garpu ke anak
126.net

Peralatan yang tepat akan mendukung proses belajar anak lho, Ma. Oleh karena itu, siapkan sendok khusus anak ya.

Sendok garpu yang ideal untuk anak adalah yang terbuat dari plastik. Sendok garpu ini cenderung ringan sehingga mudah diangkat oleh anak. Mama juga bisa memilih sendok garpu yang dilengkapi karet di bagian ujung. Karet tersebut membuat sendok garpu tidak mudah terlepas dari tangan anak.

Lebih baik, hindari menggunakan sendok garpu untuk orang dewasa. Selain ukurannya terlalu besar untuk mulut anak, sendok garpu ini juga lebih berat.

Kesimpulannya, mengenalkan sendok garpu dapat dimulai ketika anak sudah berusia enam bulan. Namun, Mama harus memerhatikan kesiapan anak sebelum mengenalkannya. Pasalnya, setiap anak memiliki waktu perkembangan yang berbeda-beda.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.