Lebih Peka Yuk! Ini 5 Tanda Mama Harus Segera Ganti Ukuran Popok Anak

Jangan asal ganti ukuran, Ma!

17 Juni 2021

Lebih Peka Yuk Ini 5 Tanda Mama Harus Segera Ganti Ukuran Popok Anak
Shutterstock/Onjira Leibe

Dukungan penuh dari Mama dan Papa sangat dibutuhkan pada masa pertumbuhan si Kecil yang semakin aktif dari hari ke hari. Untuk itu, Mama harus lebih peka lagi penuhi kebutuhan si Kecil, salah satu yang terpenting yakni popoknya. Sebab, jika popok si Kecil sudah semakin sempit, hal ini bisa mengganggu aktivitas dan kenyamanannya.

Apakah selama ini Mama sudah tahu tanda-tanda ukuran popok si Kecil harus diganti? Coba simak ulasannya terlebih dahulu yuk, Ma!

1. Popok terlihat ketat di bagian perut dan paha si Kecil

1. Popok terlihat ketat bagian perut paha si Kecil
Shutterstock/hasrullnizam

Tanda yang pertama bisa Mama terlihat dari popok yang ketat di bagian perut dan paha. Itu artinya, popok tersebut sudah mulai sempit saat dipakai si Kecil. Hal ini menyebabkan bekas merah pada perut dan pahanya. Jika Mama tidak terlalu peka, kulit si Kecil lama-lama akan iritasi. Wah, jangan sampai terjadi, Ma! Segera ganti ukuran popok si Kecil secepatnya.

2. Area bokong si Kecil tidak tertutup dengan sempurna

2. Area bokong si Kecil tidak tertutup sempurna
Shutterstock/Rawpixel.com

Selanjutnya, jika bokong si Kecil tidak tertutup sempurna artinya popok tersebut punya ukuran yang salah. Dampak jika si Kecil tetap memakai popok tersebut, pada saat ia buang air kecil dan besar nantinya akan gampang tercecer. Jadi pastikan dulu Ma, popok yang dipakai si Kecil bisa menutupi bagian bokongnya secara keseluruhan.

Editors' Picks

3. Gampang bocor, daya serap kurang

3. Gampang bocor, daya serap kurang
Shutterstock/ViewStock

Penyebab utama popok si Kecil gampang bocor ialah ukuran popok yang tidak sesuai. Seiring dengan bertambahnya usia, si Kecil akan lebih sering pipis. Sehingga penting bagi Mama untuk memilih produk popok yang tepat, sesuai ukurannya dan punya daya serap yang tinggi.

Mama bisa langsung coba produk Genki Moko Moko yang punya formula Maxi Gel, mampu menyerap cairan lebih banyak hingga 12 jam. Jadi, si Kecil bisa bebas bocor deh!

Lebih Peka Yuk Ini 5 Tanda Mama Harus Segera Ganti Ukuran Popok Anak
Popmama.com/Genki Moko Moko

Selain itu, Genki Moko Moko juga punya keunggulan Triple Bebas, yaitu:

  • Bebas Bocor, popok yang dilengkapi Maxi Gel dengan daya serap tinggi hingga 12 jam.
  • Bebas Iritasi, popok terbuat dari bahan yang lembut dan berpori, sirkulasi udara aman
  • Bebas Gerak, popok yang pas di badan dan dilengkapi karet elastis, nyaman bergerak

Pas banget nih, Ma! Genki Moko Moko memang bisa jadi solusi untuk popok si Kecil yang sering bocor. Tersedia dalam berbagai ukuran yang menyesuaikan berat badan si Kecil, bisa disesuaikan aja Ma dengan kebutuhan si Kecil. Untuk informasi lebih lanjut, Mama bisa klik di sini ya!

4. Popok terlihat terlalu pendek di bawah pusar bayi

4. Popok terlihat terlalu pendek bawah pusar bayi
Shutterstock/Pepsco Studio

Selanjutnya, popok terlihat terlalu pendek dan bagian pinggang terletak di bawah pusar si Kecil. Kalau Mama memaksakan pakai popok tersebut, kenyamanan dan aktivitas si Kecil akan terganggu. Pergerakan si Kecil jadi kurang leluasa, sehingga pertumbuhannya juga akan terpengaruh, Ma!

5. Berat badan bayi berpengaruh dengan ukuran popok

5. Berat badan bayi berpengaruh ukuran popok
Shutterstock/zhu difeng

Berat badan si Kecil akan berpengaruh dengan ukuran popok yang pas untuknya. Secara umum, coba simak panduan ukuran popok Genki Moko Moko berikut ini:

  • Berat badan 4-6 kilogram, bisa memakai popok ukuran S
  • Berat badan 7-12 kilogram, bisa memakai popok ukuran M
  • Berat badan 9-14 kilogram, bisa memakai popok ukuran L
  • Berat badan 12-19 kilogram, bisa memakai popok ukuran XL

Mama bisa gunakan panduan di atas sebelum mengganti ukuran popok ya. Tapi perhatikan juga tinggi badan, lingkar paha dan lingkar pinggang si Kecil. Meski memiliki berat badan yang sama, tiga faktor tersebut bisa berpengaruh pada ukuran popok, Ma! 

Setelah mengetahui kelima tanda di atas, Mama pasti jadi semakin yakin kapan waktu yang tepat untuk mengganti ukuran popok si Kecil! (WEB)

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.