Penting! Lindungi Si Buah Hati dari Virus dengan Penuhi 5 Nutrisi Ini

Lengkapi nutrisinya agar sehat selalu Ma

24 Maret 2020

Penting Lindungi Si Buah Hati dari Virus Penuhi 5 Nutrisi Ini
Shutterstock/People Image Studio

Di musim yang rawan virus seperti ini, Mama pasti akan melakukan persiapan ekstra untuk keluarga, terutama untuk kesehatan Si Buah Hati. Sebelum mempersiapkan apa yang dibutuhkan Si Buah Hati, ada baiknya Mama mencari tahu nutrisi penting apa saja agar mereka tak mudah terserang virus. Jangan sampai kelewatan ya, Ma!

1. Vitamin D untuk cegah Si Buah Hati terserang penyakit lho Ma

1. Vitamin D cegah Si Buah Hati terserang penyakit Ma
Shutterstock/AS Food studio

Ma, vitamin D ini ternyata memiliki peran penting lho. Vitamin D merupakan nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan tulang, mengatur sistem imun dan mengontrol jumlah kalsium dalam darah.. Penelitian terbaru melaporkan bahwa vitamin D dapat mencegah sejumlah penyakit. Sumber vitamin D dibentuk di tubuh dengan bantuan sinar UV matahari, itu sebabnya Si Buah Hati wajib berjemur dan beraktivitas di bawah sinar matahari selama 5-10 menit pada pukul 10.00-15.00 seperti dikutip dari hellosehat. Setidaknya, minimal 2x sehari untuk mendapatkan asupan vitamin D yang baik.

Oh ya, makanan sumber vitamin D yang bisa dikonsumsi Si Buah Hati mulai dari ikan salmon, tuna, jus jeruk hingga susu. 

2. Vitamin C untuk tingkatkan kekebalan tubuhnya

2. Vitamin C tingkatkan kekebalan tubuhnya
Shutterstock/Jat306

Selanjutnya adalah vitamin C. Nggak kalah dengan vitamin D, vitamin C juga penting banget untuk Si Buah Hati agar tidak mudah terserang virus. Jika Si Buah Hati kekurangan vitamin C bisa membuatnya menjadi rentan sakit. Dengan asupan vitamin C yang cukup dapat meningkatkan kinerja sel T dan fagosit yang merupakan sel imun. Vitamin C juga antibakteri dan antivirus. Ini adalah cara mencegah banyak infeksi.

Sumber vitamin C bagi Si Buah Hati bisa Mama dapatkan dari jeruk, pepaya, stroberi, hingga kiwi. Jadi, jangan sampai malas makan buah ya Ma!

Editors' Picks

3. Selenium untuk imunitas Si Buah Hati

3. Selenium imunitas Si Buah Hati
Shutterstock/MIA Studio

Si Buah Hati mudah sakit? Bisa jadi ia kekurangan selenium Ma. Selenium ini adalah nutrisi yang bisa memberikan efek kuat dalam imunitas. Selain membantu sistem kekebalan tubuh Si Buah Hati, selenium juga bisa membantu sistem kognitif otak. Selenium bisa Mama dapatkan dengan mengkonsumsi udang, kepiting, salmon, kacang brazil, telur dan bayam.

4. Zink untuk tingkatkan kesehatan Si Buah Hati

4. Zink tingkatkan kesehatan Si Buah Hati
Shutterstock/MIA Studio

Selanjutnya ada zink atau seng. Ini adalah nutrisi yang dibutuhkan Si Buah Hati untuk meningkatkan kesehatan dan pertumbuhannya. Jika asupan zink dalam tubuh rendah, bisa menyebabkan imunitas atau kekebalan tubuh Si Buah Hati menurun. Jika sudah begini Si Buah Hati lebih mudah terserang berbagai penyakit. Jadi, pastikan kebutuhan zink Si Buah Hati terpenuhi ya Ma.

Sumber makanan yang mengandung zink ada beragam Ma. Mama bisa memberikan Si Buah Hati makanan laut seperti kepiting, lobster, cumi, ikan salmon, dari sayuran seperti brokoli, wortel, jamur, hingga buah-buahan seperti alpukat, apel, dan pisang.

5. Bakteri baik seperti Lactobacillus rhamnosus untuk melindungi eksplorasi Si Buah Hati

5. Bakteri baik seperti Lactobacillus rhamnosus melindungi eksplorasi Si Buah Hati
Shutterstock/Tarr Pichet

Tubuh Si Buah Hati juga membutuhkan nutrisi seperti bakteri baik. Memang ada bakteri baik? Ma, bakteri dalam tubuh tidak hanya bakteri jahat, namun ada juga bakteri baik seperti Lactobacillus rhamnosus. Bakteri baik seperti Lactobacillus rhamnosus ini berfungsi untuk melindungi eksplorasi Si Buah Hati. Hal ini sudah dijelaskan oleh Ahli Gizi, Prof. Dr. dr. Saptawati Bardosono, M.Sc,

Untuk menjaga kesehatan Si Buah Hati, tentunya asupan gizinya juga harus baik. Anak perlu mendapat asupan gizi lengkap yang mengandung sumber energi atau zat tenaga dari karbohidrat, protein, dan lemak, serta vitamin, dan mineral secara seimbang. Selain itu perlu didukung juga dengan tersedianya bakteri baik untuk mendukung daya tahan tubuhnya,” papar Pakar Gizi Medik FKUI-RSCM, Prof. Dr. dr. Saptawati Bardosono, MSc.

Strategi lainnya adalah menggunakan susu pertumbuhan yang difortifikasi untuk bantu penuhi kebutuhan nutrisinya. Penelitian menunjukkan anak yang mendapatkan susu yang diperkaya dengan bakteri baik Lactobacillus rhamnosus memiliki risiko terkena ISPA, yaitu flu dan batuk lebih rendah. Selain itu bakteri baik Lactobacillus rhamnosus juga membantu mendukung daya tahan tubuh anak agar tak mudah sakit,” tambahnya

Terus Si Buah Hati bisa mendapatkan asupan nutrisi bakteri baik Lactobacillus rhamnosus dari mana ya Ma? Mama bisa mendapatkannya dengan memberi Si Buah Hati susu DANCOW 1+ dengan Nutritods. DANCOW 1+ ini mengandung bakteri baik Lactobacillus rhamnosus dan Nutrisi penting lainnya untuk membantu melindungi eksplorasi Si Buah Hati. Untuk info lengkapnya, klik di sini ya Ma.  

Jadi Ma, pastikan nutrisi di atas sudah didapat Si Buah Hati setiap hari ya. Si Buah Hati bisa sehat kok Ma, optimis!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.