Ini 5 Nutrisi untuk Mendukung Masa Emas Pertumbuhan Si Kecil

Jangan sampai terlewat ya Ma!

25 Maret 2021

Ini 5 Nutrisi Mendukung Masa Emas Pertumbuhan Si Kecil
Shutterstock/Leszek Glasner

Selama masa pertumbuhan, apalagi di usia emas, pastikan Mama selalu memberikan nutrisi esensial untuk si Kecil ya. Sebab, manfaatnya bisa terasa hingga ia dewasa kelak lho Ma. Nah, agar tumbuh kembang si Kecil lebih optimal, ini dia lima nutrisi untuk mendukung masa emas pertumbuhan si Kecil yang tak boleh Mama lewatkan!

1. Sembilan Asam Amino Esensial (AAE)

1. Sembilan Asam Amino Esensial (AAE)
Shutterstock/theshots.co

Menurut jurnal National Library of Medicine, protein di dalam tubuh dibangun dari rantai asam amino. Asam amino adalah unit terkecil hasil cerna protein sebagai zat gizi pembangun sel tubuh dan otak termasuk perbaikan sel. Asam amino ini bisa ditemukan pada makanan-makanan yang mengandung protein hewani seperti daging merah, daging ayam, telur, dan lain sebagainya. Sayangnya, saat ini masih banyak anak Indonesia yang kekurangan protein hewani. Akibatnya, perkembangan tubuh dan kecerdasan anak jadi terhambat.

Nah, asam amino sendiri terdiri dari 20 jenis di mana sembilan di antaranya dikategorikan sebagai Asam Amino Esensial (AAE). Kesembilan jenis Asam Amino Esensial (AAE) tersebut antara lain Histidin, Isoleusin, Leusin, Lisin, Metionin, Fenilalanin, Threonin, Triptofan dan Valin.

Perlu diketahui nih Ma, Asam Amino Esensial (AAE) adalah asam amino yang fungsinya sangat penting untuk perkembangan, pertumbuhan, dan kesehatan. Namun, Asam Amino Esensial (AAE) tidak bisa diproduksi sendiri oleh tubuh. Oleh karena itu, Asam Amino Esensial (AAE) hanya bisa didapatkan dari asupan makanan dan minuman yang harian anak.

Maka dari itu, Mama bisa memastikan si Kecil mendapatkan asupan Asam Amino Esensial (AAE) yang cukup dengan rajin memberikan makanan dan minuman yang mengandung protein hewani seperti telur, ikan, daging merah, daging putih, susu, dan lain sebagainya.

Editors' Picks

2. Minyak Ikan, Omega 3 (ALA) & Omega 6 (LA)

2. Minyak Ikan, Omega 3 (ALA) & Omega 6 (LA)
Shutterstock/Kerdkanno

Peran dari nutrisi ini sangat penting terutama di periode emas pertumbuhan anak lho Ma. Minyak ikan merupakan sumber DHA dan Omega 3 (ALA) serta Omega 6 berfungsi untuk mendukung potensi perkembangan fungsi otak dan retina si Kecil agar tumbuh pintar.

Omega 3 (ALA) dan Omega 6 (LA) juga merupakan bahan baku untuk pembentukan DHA dan AA di dalam tubuh, yang penting untuk mendukung perkembangan fungsi otak si Kecil. Terlebih lagi, DHA & AA juga diketahui mampu menjaga kesehatan organ-organ pernapasan anak. 

Melansir dari verywellfamily.com, sebuah studi menyebutkan bahwa anak-anak yang mendapatkan asupan DHA dan AA memiliki risiko alergi pernapasan dan alergi kulit yang lebih kecil Ma. Jadi, jangan sampai terlewat ya!

3. Zat besi dan Seng (Zinc)

3. Zat besi Seng (Zinc)
Shutterstock/Littlekidmoment

Keduanya merupakan unsur penting dalam pertumbuhan dan perkembangan otak, serta metabolisme anak. Dari hasil penelitian juga ditemukan bahwa anak-anak yang mengalami kekurangan zat besi dikaitkan dengan IQ yang lebih rendah, kemampuan memproses informasi yang lebih lambat, gangguan fungsi motorik, dan lain sebagainya. 

Di sisi lain, kekurangan seng juga membuat anak tak bisa tumbuh optimal, memicu penyakit diare, dan gangguan saluran pernapasan bawah. Oleh karena itu, orangtua wajib memberikan makanan dan minuman yang mengandung cukup zat besi dan seng selama usia tumbuh kembang. 

4. Kalsium

4. Kalsium
Shutterstock/Mcimage

Awal usia pertumbuhan adalah saat yang tepat untuk mempersiapkan ‘fondasi pertumbuhan’. Untuk itu, anak butuh kalsium agar pertumbuhan tulang dan giginya bisa semakin optimal. Eits, kalsium ini bukan hanya untuk membantu anak tumbuh tinggi, tapi juga untuk memastikan tulang dan giginya tumbuh kuat lho Ma. 

Melansir dari childlifenutrition.com, anak yang tercukupi asupan kalsiumnya sejak dini memiliki risiko osteoporosis dan patah tulang yang lebih kecil lho. Betul sekali, itu karena tulangnya memiliki tingkat kepadatan yang lebih tinggi daripada anak yang kekurangan kalsium.
 

5. Magnesium

5. Magnesium
Shutterstock/Evan Lorne

Magnesium memiliki peran yang erat dengan kalsium nih Ma. Untuk pembentukan tulang yang lebih baik, tubuh anak juga membutuhkan magnesium dan Vitamin D3 untuk mendukung pertumbuhan tulang yang lebih kuat. Selain untuk tulang, magnesium juga penting untuk transmisi saraf dan mengatur fungsi vital tubuh. Nah Mama bisa temukan magnesium dari makanan seperti alpukat, daging sapi, kacang-kacangan, dan susu.

Itu dia Ma lima nutrisi penting yang tak boleh sampai terlewatkan diberikan kepada si Kecil. Jadi, mulai sekarang kita harus lebih teliti lagi dalam memberikan makanan dan minuman kepada anak. Pastikan makanan dan minuman yang diberikan sudah mengandung kelima nutrisi di atas, terutama Asam Amino Esensial (AAE) yang berperan penting untuk optimalkan tumbuh kembang anak. 

Nah, pasti sekarang Mama penasaran apakah ada sumber asupan yang mengandung kelima nutrisi di atas? Tentu saja ada, karena kelima nutrisi tersebut sudah terkandung dalam Susu Bubuk Pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO

Betul sekali Ma, Susu Bubuk Pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO sudah dilengkapi dengan Asam Amino Esensial (AAE) dan sembilan zat gizi penting lainnya untuk dukung potensi si Kecil tumbuh pintar, kuat, sehat, dan tinggi.

Dengan pengalaman selama lebih dari 98 tahun, tentu saja Mama tak perlu ragu dengan kualitas susu bubuk pertumbuhan dari Frisian Flag ini. Susu Bubuk Pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO diproduksi dengan standar internasional dan di bawah pengawasan ahli pangan dan gizi anak agar aman dikonsumsi serta memenuhi kebutuhan nutrisi anak sesuai tahapan usianya. Nah, Susu Bubuk Pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO tersedia dalam dua varian sesuai dengan jenjang usia anak nih, Ma.

Ada Susu Bubuk Pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 1+ untuk anak usia 1-3 tahun dan ada Susu Bubuk Pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO 3+ untuk anak usia pra sekolah. Keduanya tersedia dalam varian rasa madu, vanilla, dan coklat yang pastinya disukai anak-anak Ma.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk optimalkan tumbuh kembang si Kecil dengan kandungan Asam Amino Esensial (AAE) dalam Susu Bubuk Pertumbuhan Frisian Flag PRIMAGRO, Ma! 

Untuk informasi lebih lanjut, Mama bisa klik di sini ya! (WEB)

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.