Demi Kesehatan, Begini 5 Manfaat Memperkenalkan Susu Organik ke Anak

Si Kecil sudah pernah mengonsumsi susu organik belum nih, Ma?

13 Februari 2020

Demi Kesehatan, Begini 5 Manfaat Memperkenalkan Susu Organik ke Anak
Pixabay/Alexas_Fotos

Susu menjadi salah satu sumber nutrisi yang diperlukan oleh anak-anak agar pertumbuhannya tetap sehat. Susu menjadi sumber yang baik untuk kalsium dan protein, bahkan dapat memberikan tambahan kalori yang dibutuhkan sebagai penunjang perkembangan si Kecil. 

Demi mendapatkan nutrisi yang mencukupi, maka susu organik bisa menjadi pilihan tepat untuk diberikan kepada anak-anak. 

Susu organik adalah susu yang sama sekali tidak menggunakan bahan kimia karena benar-benar berasal dari sapi organik.

Susu organik pun dihasilkan dari sapi atau kambing yang bebas antibiotik serta tanpa suntikan hormon pertumbuhan. Demi menjaga sapi dalam pertenakan organik, maka makanannya terbebas dari pupuk kimia dengan diberikan makanan di padang rumput yang juga organik. 

Susu organik yang diminum oleh anak-anak secara rutin mampu meningkatkan perkembangan anak. Hal ini dikarenakan sapi yang menghasilkan susu organik dipelihara tanpa diberikan obat-obatan tertentu, sehingga dianggap lebih sehat dan aman dikonsumsi. 

Jika Mama masih ingin mengetahui manfaat dari susu organik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak-anak, tak perlu khawatir karena Popmama.com telah merangkumnya. 

Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma!

1. Membantu dalam meningkatkan daya tubuh anak 

1. Membantu dalam meningkatkan daya tubuh anak 
Pexels/Pixabay

Dalam sebuah studi yang diterbitkan oleh British Journal of Nutrition ada penelitian mengenai kandungan di dalam susu organik diketahui bahwa ada frukto-oligosakarida (FOS) dan galakto-oligosakarida (GOS). Kedua kandungan ini tanpa disadari dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan anak-anak. 

Perlu Mama ketahui juga bahwa frukto-oligosakarida dan galakto-oligosakarida termasuk prebiotik, sehingga mampu meningkatkan serta menjaga jumlah bakteri tetap stabil sesuai dengan kinerjanya selama berada di dalam usus. 

Ketika anak-anak yang mengonsumsi susu organik secara rutin membuat saluran pencernaan terjaga dengan baik bahkan meningkatkan daya tahan tubuh menjadi lebih kuat. 

2. Mampu mendukung pertumbuhan tulang dan gigi

2. Mampu mendukung pertumbuhan tulang gigi
Unsplash/Eiliv-Sonas Aceron

Saat sedang memerhatikan perkembangan anak, beberapa orangtua pun begitu protektif dengan selalu memonitor pertumbuhan tulang dan giginya agar tumbuh optimal. 

Di dalam susu organik, anak-anak yang mengonsumsi akan mendapatkan vitamin D dan vitamin K. 

Vitamin D yang diterima anak dapat membantu penyerapan kalsium karena membentuk tulang dan gigi. Ketika kebutuhan kalsium terpenuhi dengan baik, maka tulang dan gigi menjadi lebih kuat seiring anak bertambah usia. 

Selain itu, vitamin K di dalam susu organik mampu membentuk tulang dan gigi. Vitamin K adalah vitamin yang mudah larut dalam lemak, sehingga dapat disimpan pada jaringan lemak tubuh. 

Jika vitamin D dan vitamin K tercukupi dengan baik, si Kecil akan terhindari dari penyakit rakitis.

Editors' Picks

3. Meningkatkan perkembangan kognitif dan otak

3. Meningkatkan perkembangan kognitif otak
Freepik

Susu organik juga dihasilkan dari sapi yang selama di peternakan mengonsumsi rumput tanpa campuran pestisida, sehingga ketika dikonsumsi anak-anak menjadi lebih sehat. 

Sebuah studi yang diterbitkan pada British Journal of Nutrition juga mengatakan bahwa susu organik mengandung asam lemak omega 3 yang sehat sebanyak 56 persen. 

Susu organik mengandung asam lemak omega 3 yang lebih tinggi dibanding susu biasa. Apalagi sel dalam tubuh anak pun membutuhkan asam omega 3 karena mampu meningkatkan perkembangan otak anak. 

Beberapa penelitian menyatakan bahwa susu dengan kandungan asam omega 3 yang tinggi dapat meningkatkan kecerdasan serta keterampilan sosial anak menjadi lebih baik.

Tak hanya itu, kandungan asam lemak omega 3 yang terdapat pada susu organik bisa mendukung beberapa perkembangan anak seperti meningkatkan daya ingat, konsentrasi serta koordinasi antara mata dengan tangan.

4. Membantu gaya hidup sehat untuk anak sejak dini

4. Membantu gaya hidup sehat anak sejak dini
Pixabay/tung256

Tak hanya rasanya yang lebih enak daripada susu biasa, susu organik memiliki khas ketika dikonsumsi oleh anak-anak. Berdasarkan penelitian yang diterbitkan oleh jurnal Biological Agricultural and Horticulture, susu organik memiliki rasa yang lebih kental. 

Rasa yang lebih enak ini didapat karena sapi selama di kandang mendapatkan berbagai makanan organik, sehingga berpengaruh ke hasil susunya. Kondisi ini tentu dapat mendukung gaya hidup sehat si Kecil dimulai sejak sedini mungkin.

Perlu diketahui juga bahwa susu organik diolah melalui proses pasteurisasi yang diperkaya dengan sumber nutrisi lain, sehingga sama sekali tidak mengandung banyak bahan kimia. 

5. Menjaga fungsi jantung pada anak 

5. Menjaga fungsi jantung anak 
Unsplash/Nikolai Chernichenko

Kandungan kalium di dalam susu organik tentu membantu menjaga organ-organ penting, termasuk jantung. Peran ini dibantu karena kandungan asam omega 3 di dalam susu organik yang membantu menjaga kesehatan anak. 

Itulah beberapa informasi yang dapat Mama pahami mengenai manfaat dari susu organik. Semoga pemilihan susu organik ini menjadi langkah tepat untuk diberikan kepada si Kecil. 

Semoga bermanfaat ya, Ma!

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!