Kenali Gejala dan Penyebab Hemangioma pada Anak

Muncul benjolan merah di area tubuh anak

28 Maret 2021

Kenali Gejala Penyebab Hemangioma Anak
Parenting.firstcry.com

Hemangioma seringkali disebut sebagai tanda stroberi yaitu merupakan tanda lahir berbentuk benjolan kemerahan yang tumbuh pada kulit anak. Benjolan ini muncul akibat pembuluh darah lebih atau tidak normal dan menjadi satu hingga berbentuk benjolan elastis dan berwarna merah cerah.

Tanda ini sering muncul di wajah, leher, kulit kepala, dada, dan punggung anak dari usia 18 bulan ke bawah. Hemangioma memang tidak perlu dikhawatirkan, karena tanda yang muncul ini tidak bersifat kanker dan bisa hilang dengan sendirinya.

Namun jika muncul di area yang tidak tepat, kondisi ini perlu diberikan pengobatan yang lebih lanjut. Untuk mengetahui selengkapnya tentang hemangioma, kali ini Popmama.com telah merangkumnya di bawah ini!

1. Hemangiona merupakan benjolan empuk berwarna merah cerah

1. Hemangiona merupakan benjolan empuk berwarna merah cerah
En.wikipedia.org

Hemangioma merupakan tanda berwarna merah cerah yang muncul saat lahir atau pada minggu pertama atau kedua kehidupan. Terlihat seperti benjolan empuk dan terdiri dari pembuluh darah ekstra di kulit.

Hemangioma dapat terjadi di mana saja di tubuh, tetapi paling sering muncul di wajah, kulit kepala, dada, atau punggung. Perawatan untuk hemangioma bayi (hemangioma infantil) biasanya tidak diperlukan karena akan memudar seiring waktu.

Seorang balita yang memiliki kondisi ini dari masa bayi biasanya memiliki sedikit jejak pertumbuhan yang terlihat hingga usia 10 tahun. Hemanginona yang muncul di wajah dapat mengganggu penglihatan, pernapasan, atau fungsi lainnya

Editors' Picks

2. Gejala muncul pertama kali sebagai tanda merah datar di beberapa bagian tubuh anak

2. Gejala muncul pertama kali sebagai tanda merah datar beberapa bagian tubuh anak
Medicalnewstoday.com

Hemangioma mungkin muncul saat lahir, tetapi lebih sering muncul selama beberapa bulan pertama kehidupan.

Gejala muncul pertama kali sebagai tanda merah datar di area-area tubuh tertentu, namun paling sering di wajah, kulit kepala, dada atau punggung. Biasanya anak hanya memiliki satu tanda. Tetapi, anak mungkin memiliki lebih dari satu, terutama jika anak bagian dari kelahiran ganda.

Selama tahun pertama anak, tanda merah tumbuh dengan cepat menjadi benjolan empuk yang menonjol dari kulit. Hemangioma kemudian memasuki fase istirahat dan, akhirnya, mulai menghilang secara perlahan.

Banyak hemangioma menghilang pada usia 5 tahun, dan sebagian besar hilang pada usia 10 tahun. Kulit mungkin sedikit berubah warna atau menonjol setelah hemangioma hilang.

3. Penyebab hemangioma adalah pembuluh darah ekstra dan berkelompok hingga membentuk gumpalan

3. Penyebab hemangioma adalah pembuluh darah ekstra berkelompok hingga membentuk gumpalan
Kidshealth.org

Penyebab hemangioma sendiri yaitu adanya pembuluh darah ekstra dan berkelompok sehingga berbentuk gumpalan padat. Selain itu juga ada beberapa faktor lainnya yang bisa menyebabkan anak terkena hemangioma.

Diantaranya adalah kelahiran prematur, berjenis kelamin perempuan, hingga faktor genetik atau keturunan.

4. Proses diagnosa dan perawatan untuk mengobati hemangioma jika diperlukan

4. Proses diagnosa perawatan mengobati hemangioma jika diperlukan
Freepik

Seorang dokter biasanya dapat mendiagnosis hemangioma hanya dengan melihatnya. Sehingga tidak memerlukan serangkaian test. Selain itu dokter juga akan memberikan pengobatan dalam mengatasi hemangioma jika diperlukan.

Hal ini karena hemangioma biasanya tidak memerlukan pengobatan, karena akan hilang dengan sendirinya seiring waktu. Tetapi jika hemangioma memengaruhi penglihatan atau menyebabkan masalah lain, perawatan termasuk obat-obatan atau operasi laser, seperti:

Obat penghambat beta

Pada hemangioma kecil dan superfisial, gel yang mengandung obat timolol dapat dioleskan ke kulit yang terkena. Hemangioma parah yang terjadi pada bayi bisa hilang jika diobati dengan larutan oral propranolol.

Perawatan biasanya juga perlu dilanjutkan sampai sekitar usia 1 tahun. Efek sampingnya bisa berupa gula darah tinggi, tekanan darah rendah dan mengi.

Obat kortikosteroid 

Untuk anak yang tidak merespons pengobatan penghabat beta atau tidak dapat menggunakannya, obat kortikosteroid dapat menjadi pilihan. Obat kortikosteroid ini disuntikkan ke dalam nodul atau dioleskan ke kulit. Efek sampingnya bisa berupa pertumbuhan yang buruk hingga penipisan kulit.

Operasi laser

Terkadang operasi laser dapat mengangkat hemangioma kecil dan tipis atau mengobati luka pada hemangioma.

Jika Mama sedang mempertimbangkan pengobatan untuk hemangioma anak, pertimbangkan pro dan kontra setiap metode pengobatan dengan dokter anak. Pertimbangkan bahwa juga sebagian besar hemangioma pada bayi dan balita bisa menghilang dengan sendirinya selama masa kanak-kanak dan bahwa pengobatan memiliki potensi efek samping.

5. Mama dapat langsung berkonsultasi pada dokter jika muncul gejala baru dan komplikasi

5. Mama dapat langsung berkonsultasi dokter jika muncul gejala baru komplikasi
Freepik/Seventyfour

Dokter anak dapat memantau hemangioma selama pemeriksaan rutin. Namun jika hemangioma pada anak mulai berdarah, timbul rasa sakit, mundul tanda infeksi, dan tanda pembengkakan, penting untuk segera berkonsultasi dengan dokter untuk penanganan yang lebih tepat dan aman.

Mama juga bisa langsung berkonsultasi dengan dokter jika hemangioma mulai mengganggu penglihatan, pernapasan, dan pendengaran anak.

Nah itulah informasi seputar hemangioma. Seperti petunjuk di atas, segera bawa anak ke dokter jika muncul tanda-tanda hemangioma untuk mendapatkan perawatan dini dan mencegah kondisi menjadi lebih parah.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.