10 Rekomendasi Obat Flu yang Aman untuk Anak Balita

Berikan sesuai dosis yang tertera di kemasan atau anjuran dokter ya, Ma!

31 Desember 2021

10 Rekomendasi Obat Flu Aman Anak Balita
smartparenting.com.ph

Memasuki musim hujan, tak jarang membuat si Kecil menjadi lebih mudah terserang gejala flu dan pilek. Meskipun flu menjadi penyakit yang umum dan tak serius pada anak-anak, penyakit ini tetap membuat Mama merasa khawatir.

Karena rasa tidak nyaman yang dialami balita saat flu bisa membuatnya rewel. Untuk itu, Mama harus sigap mencari pengobatan yang tepat agar flu yang dialaminya cepat mereda.

Beruntungnya, ada banyak obat flu yang tersedia di apotek. Agar Mama tak bingung memilihnya, berikut Popmama.com telah merangkum 10 rekomendasi obat flu yang aman untuk anak balita, di bawah ini!

1. Actifed

1. Actifed
Bukalapak.com

Obat flu yang bisa Mama berikan untuk balita, salah satunya adalah Actifed yang memiliki kemasan berwarna oranye. Obat yang satu ini aman dikonsumsi oleh anak mulai usia 2 tahun sampai orang dewasa.

Actifed mengandung pseudoephedrine yang akan meredakan gejala hidung tersumbat pada rongga hidung sehingga membantu si Kecil bernapas lega kembali dan triprolidine atau antihistamin yang akan mengurangi reaksi alergi. 

Actifed ini bisa Mama berikan pada anak usia 2 tahun ke atas, dan dapat dibeli dengan harga mulai dari Rp.51.000,-

2. Bodrexin Pilek Alergi PE

2. Bodrexin Pilek Alergi PE
bodrexin.com

Meski sedang sakit flu, anak-anak yang senang bergerak seringkali sulit ketika diminta untuk istirahat. Jika ini terjadi pada anak mama, maka cobalah berikan Bodrexin Pilek Alergi PE, yang merupakan obat batuk dengan kandungan chlorpheniramine maleate.

Kandungan tersebut dapat menyebabkan anak lebih mudah mengantuk sehingga cepat beristirahat. Selain itu, obat ini juga mengandung phenylephrine yang sangat efektif mengatasi hidung tersumbat sehingga pernapasan anak menjadi lega.

Dengan dua kandungan di atas, anak akan lebih mudah tidur dan tidak merasa sesak. 

Bodrexin Pilek Alergi PE ini bisa Mama berikan untuk anak usia 2-12 tahun, dan dapat dibeli dengan harga mulai dari Rp 9.500,-.

3. Hufagripp Pilek

3. Hufagripp Pilek
Shopee.co.id

Banyak balita yang menolak minum obat karena rasanya yang pahit. Hal ini tentu seringkali membuat Mama kesulitan untuk memberikannya obat. Nah, jika Mama sedang mencari obat flu yang tidak terasa pahit dan mudah disukai si Kecil, maka obat Hufagripp Pilek dapat menjadi alternatif.

Anak akan lebih senang dan mudah minum obat karena obat ini diformulasi dengan rasa strawberry yang segar. Di samping itu, obat ini juga dilengkapi dengan kombinasi dekongestan dan antihistamine. Jadi, berbagai gejala pilek seperti bersin dan hidung tersumbat dapat diatasi oleh satu produk.

Hufagripp Pilek ini bisa diberikan untuk balita usia 2 tahun keatas, dan dapat Mama beli dengan harga mulai dari Rp.17.500,-

4. Iliadin drop

4. Iliadin drop
Halodoc.com

Iliadin merupakan obat flu dengan kandungan zat aktif Oxymetazoline untuk mengatasi hidung tersumbat yang disebabkan oleh rinitis alergi atau peradangan pada saluran pernapasan.

Obat dengan kemasan drop atau tetes ini, tergolong obat bebas terbatas sehingga bisa diperoleh tanpa resep dokter. Namun, tetap dianjurkan untuk menggunakan dosis sesuai yang tertera pada kemasan atau anjuran dokter.

Untuk anak balita usia 2-6 tahun, Mama bisa memberikannya Iliadin jenis drop dengan harga mulai dari Rp.79.600,-.

Editors' Picks

5. Madu Syifa Kids Fluba

5. Madu Syifa Kids Fluba
Tokopedia.com

Madu Syifa Kids Fluba adalah produk obat anak alami untuk penyakit flu dan batuk. Tidak seperti madu biasa pada umumnya. Produk ini sudah disesuaikan untuk anak-anak dan juga kandungannya pun disesuaikan dengan kebutuhan penyembuhan flu dan batuk.

Madu obat ini terdiri habbatussauda dan herbal alami lainnya yang kaya vitamin dan mineral yang diperlukan untuk pengobatan flu dan batuk.

Madu Syifa Kids Fluba merupakan obat batuk herbal untuk bayi usia 1 tahun hingga balita, juga anak-anak usia 12 tahun. Untuk ukuran 100ml, Madu Syifa Kids Fluba dibanderol dengan harga mulai dari Rp34.800.

6. OBH Combi Anak Batuk Plus Flu

6. OBH Combi Anak Batuk Plus Flu
combiphar.com

Mama mungkin mengenal OBH Combi sebagai obat batuk bagi orang dewasa. Nmun ternyata obat yang satu ini juga tersedia untuk anak-anak yang terkena pilek, terutama pilek yang disebabkan oleh flu. Selain itu juga bisa mengobati demam, sakit kepala, hidung tersumbat, dan bersin-bersin.

Obat flu ini mengandung Paracetamol, yang bekerja sebagai pereda demam sekaligus mengurangi rasa nyeri di kepala.

Kandungan Ekstrak Succus Liquiritiae dan Ammonium Chloride bekerja membantu mengencerkan dahak dan kandungan Pseudoephedrine, bisa mencegah hidung tersumbat karena pilek dan flu. Ada juga Chlorpheniramine Maleate yang bekerja mengatasi alergi karena gatal di tenggorokan.

Obat OBH Combi Anak Batuk Plus Flu ini bisa diberikan untuk anak usia 2-5 tahun, dan dibanderol dengan harga mulai dari Rp15.500 dengan ukuran 60ml.

7. Panadol Anak Sirup

7. Panadol Anak Sirup
Shopee.co.id

Obat pilek anak yang sangat mudah Mama temui salah satunya adalah Panadol Anak Sirup dengan Paracetamol. Obat ini mengandung 160 mg paracetamol pada setiap 5 ml botol sirup dan untuk anak usia 1-6 tahun.

Dengan rasa raspberry yang manis, obat sirup ini tentu tidak akan membuat anak takut untuk meminumnya. Menariknya, selain sebagai obat pilek, obat ini juga bisa meringankan sakit kepala, nyeri saat tumbuh gigi, dan juga demam karena imunisasi.

Panadol Anak Sirup ini bisa diberikan dari usia 1-6 tahun, dan Mama bisa membelinya dengan harga mulai dari Rp38.000,-.

8. Rhinos Neo

8. Rhinos Neo
Lazada.co.id

Hidung tersumbat dapat membuat balita tak nyaman dan rewel, sehingga mengganggu waktu istirahatnya terutama di malam hari. Untuk mengatasinya, Mama dapat memberikan Rhinos Neo untuk balita yang sedang mengalami hidung tersumbat.

Dekongestan dalam obat ini efektif mengatasi hidung tersumbat, terlebih untuk balita yang sulit mengeluarkan lendir dari hidung. Dengan demikian, pemberian Rhinos Neo ini akan membantu melegakan hidung serta saluran pernapasan buah hati. 

Rhinos Neo ini dapat diberikan untuk anak mulai dari usia 2-5 tahun, dan bisa Mama beli dengan harga mulai dari Rp.58.600,-

9. Termorex Plus

9. Termorex Plus
Shopee.co.id

Termorex Plus merupakan obat flu yang mengandung paracetamol dan diperuntukkan untuk balita yang mengalami gejala flu yang biasanya disertai demam.

Dengan kandungan tersebut, obat ini dapat membantu meringankan gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat dan bersin-bersin yang disertai batuk. Obat batuk anak dengan rasa jeruk ini bebas alkohol dan juga sangat aman dikonsumsi oleh anak mulai dari usia 2 tahun.

Obat ini juga mengandung bromhexine, paracetamol sebagai antiflamasi dan anti radang untuk anak.

Termorex Plus ini bisa diberikan untuk anak usia 2 tahun ke atas dengan harga mulai dari Rp16.000,-.

10. Triaminic Syrup Pilek

10. Triaminic Syrup Pilek
Halodoc.com

Obat Triaminic Syrup Pilek ini dapat mengatasi gejala pilek, tetapi hanya boleh diberikan kepada anak di atas dua tahun. Jadi, bila si Kecil sudah berusia di atas dua tahun dan mengalami flu, Mama dapat memberikan obat ini atau menyimpannya untuk pertolongan pertama di kemudian hari. 

Bahan aktifnya yaitu pseudoephedrine HCl dan chlorpheniramine maleate, dapat membantu mengatasi bersin dan hidung tersumbat karena pilek, serta membuat anak lebih mudah untuk istirahat

Meskipun begitu, penggunaan obat ini tak hanya terbatas untuk anak, melainkan dapat pula digunakan oleh orang dewasa. Itulah sebabnya, obat yang satu ini bisa menjadi andalan seluruh keluarga saat pilek melanda. 

Triaminic Syrup Pilek ini dapat Mama berikan untuk balita 2 tahun ke atas, dan bisa dibeli dengan harga mulai dari Rp 65.000,-.

Nah itulah 10 rekomendasi obat flu yang aman untuk anak balita. Pastikan untuk memberikan obat sesuai dosis yang tertera di kemasan atau anjuran dari dokter ya Ma. Jika gejala tak kunjung pulih, segera konsultasikan pada dokter anak untuk mendapatkan penanganan selanjutnya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk