Perkenalkan 7 Ungkapan Bahasa Inggris Ini agar si Kecil Tetap Positif

Si Kecil bisa sambil belajar Bahasa Inggris nihi, Ma. Hihihi....

20 Mei 2018

Perkenalkan 7 Ungkapan Bahasa Inggris Ini agar si Kecil Tetap Positif
parentacademy.bg

Memasuki usia satu tahun, anak mama tentu sudah mulai membangun kemampuan berkomunikasi secara lisan dengan ikut mencoba mengucapkan kata-kata dari Bahasa Ibu.

Namun, tahukah Mama? Si Kecil bisa juga meniru kata-kata dari Bahasa asing.

Itu kenapa, Mama sebaiknya mulai memperkenalkan Bahasa Inggris saat kinerja otaknya masih dalam proses perkembangan untuk memahami segala sesuatu termasuk bahasa.

Dalam hal ini, yuk, perkenalkan 7 ungkapan Bahasa Inggris agar si Kecil tetap positif.

1. I love you, ungkapan cinta yang harus dikenalkan sejak dini

1. I love you, ungkapan cinta harus dikenalkan sejak dini
Pixabay/stocksnap

Di atas segalanya, anak mama tentu membutuhkan kasih sayang dari seorang Mama yang dicintainya.

Hal ini tidak hanya terpaku pada perbuatan nyata di mana Mama menjaga dan merawatnya dalam menjalani proses tumbuh kembangnya yang masih dini.

Ada baiknya apabila si Kecil kesayangan Mama diekspos dengan kata-kata yang secara lugas mengatakan bahwa Mama mencintai si Kecil. Jadi, dalam rangka mengajar Bahasa Inggris, katakan juga tiga kata, “I love you.”

2. I am proud of you, ungkapan bangga yang harus selalu diucapkan

2. I am proud of you, ungkapan bangga harus selalu diucapkan
parintecuminte.ro

Dalam menjalani proses tumbuh kembang, Mama pasti mulai membantu si Kecil untuk membangun dan mempertahankan kebiasaan yang baik supaya anak mama bertumbuh menjadi pribadi berkarakter baik dan positif.

Supaya anak mama yang masih kecil terdorong dan termotivasi untuk melakukan instruksi yang Mama tunjukkan secara visual dan rutinitas sehari-hari, Mama sebaiknya memperkenalkan juga ungkapan Bahasa Inggris “I am proud of you” saat si Kecil berhasil melakukannya.

Editors' Picks

3. Good job!

3. Good job
freepik

Berbicara mengenai upaya Mama dalam membangun kebiasaan dan karakter anak mama yang positif, Mama mungkin bertanya-tanya mengenai cara yang tepat dalam mengomunikasikan bahwa perbuatan baik yang berhasil dilakukannya adalah hal yang positif untuk dilakukan.

Dalam perihal ini, kami sangat menyarankan Mama memberikan apresiasi pada si Kecil berupa ekspresi wajah dan gerak-gerik tubuh seperti tepuk tangan.

Namun, bisa juga, Mama memberikan ungkapan Bahasa Inggris, “Good job!” yang menonjolkan kata “good” atau baik.

4. It's okay

4. It's okay
ahaparenting.com

Sekarang, pertanyaan berikutnya pastilah mengenai kemungkinan si Kecil gagal dalam melakukan instruksi yang Mama tunjukkan secara visual dan pembangunan rutinitas sehari-hari yang bersifat konsisten.

Sebaiknya, Mama memahami bahwa anak kecil seusia anak mama janganlah diberikan beban melalui ekspresi sedih dan kata “No” yang mengacu pada sikap tidak senang.

Sebaliknya, katakan ungkapan Bahasa Inggris, “It’s okay” lalu arahkan kembali pada aktivitas positif dengan cara menyenangkan yang mengalihkan perhatiannya seketika.

5. You can do it!

5. You can do it
Pixabay.com/3643825

Kegagalan demi kegagalan artinya upaya demi upaya yang sebaiknya Mama lakukan dengan sabar demi proses tumbuh kembang Si Kecil yang diharapkan positif, secara khusus pembentukan karakternya yang baik.

Tentu, dalam proses tersebut, Mama haruslah menyemangati dan memotivasi anak mama tercinta.

Selain ungkapan Bahasa Inggris yang telah disebutkan sebelumnya, Mama bisa melakukannya dengan mengatakan, “You can do it” dan tunjukkan ekspresi bahagia.

6. Cheer up!

6. Cheer up
Pixabay.com/stocksnap

Menyemangati anak mama tercinta haruslah dilakukan secara terus menerus.

Tentu, hal ini tidak hanya mengacu pada keadaan di mana anak mama sedang sedih, kesal maupun gagal dalam mengikuti instruksi yang telah kami jelaskan sebelumnya.

Lakukanlah setiap hari bahkan saat Si Kecil sedang bersenang-senang supaya anak mama mengerti bahwa memilih untuk bahagia haruslah dibangun setiap detik.

Salah satu upaya yang kami rekomendasikan adalah mengatakan, “Cheer up!”

7. Fighting!

7. Fighting
mommyish.com

Satu lagi nih, Ma, ungkapan Bahasa Inggris yang bisa memotivasi anak mama tercinta yaitu “Fightiing.”

Ungkapan ini sebenarnya berasal dari budaya Korea Selatan yang menggunakan kata tersebut sebagai pengganti dari “Cheer Up!”

Namun, kenapa kami memilih penggunaan ungkapan ini?

Karena hal ini dapat dijadikan sebagai hal yang positif di mana kata “fight” yang semula memiliki konotasi negatif yang berarti berkelahi, berubah menjadi positif yang berarti semangat tanpa menyerah.

Sekarang, Mama mengerti, bukan? Sambil mengenalkan kata-kata Bahasa Inggris melalui 7 ungkapan Bahasa Inggris di atas, Mama bisa membentuk kepribadian Si Kecil tetap positif.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.