30 Nama Anak Laki-Laki Jawa Keraton Yang Bermakna Baik dan Tangguh

Bisa jadi insprasi bagi Mama yang tengah mencari nama anak laki-laki

6 Oktober 2020

30 Nama Anak Laki-Laki Jawa Keraton Bermakna Baik Tangguh
Freepik

Memasuki zaman yang semakin modern, kebanyakan orangtua biasanya akan memberikan nama anak mereka dengan nuansa yang modern dan kekinian.

Namun tak selalu seperti itu, ternyata masih banyak orangtua yang suka memberikan nama anak mereka dengan nama-nama Jawa Kuno atau Jawa Keraton. Pemberian nama tersebut lantaran dipercayai bahwa nama Jawa Keraton memiliki keunikan serta makna filosofis yang mendalam.

Tak hanya makna filosifis yang mendalam, nama-nama Jawa Keraton juga sering digunakan oleh kalangan bangsawan yang mencerminkan nuansa ningrat dan erat dengan budaya leluhur.

Nah, berikut 30 nama anak laki-laki Jawa Keraton yang bisa dijadikan referensi untuk digunakan pada anak laki-laki Mama. Disimak yuk rangkuman Popmama.com berikut ini, Ma!

1. Abimanyu dan Hadiyata

1. Abimanyu Hadiyata
Freepik/Drobotdean

Jika Mama mencari nama Jawa Keraton yang memiliki makna kuat dan tangguh, nama "Abimanyu" cocok dijadikan pilihan. Nama ini memiliki arti anak laki-laki yang tidak takut dengan kesulitan apa pun.

Sebagai contoh, Mama bisa menamakan si Kecil dengan nama Abimanyu Candra Perdana atau pun Muhammad Abimanyu yang memiliki arti anak laki kuat dan tidak takut dalam menghadapi masalah yang ada.

Selanjutnya ada "Hadiyata" yang juga memiliki arti sangat baik, yakni pemimpin yang memberi petunjuk. Sebagai contoh, Mama bisa menamakan anak Mama dengan Farrel Hadiyata Alvaro atau pun Elvano Hadiyata.

Kedua nama tersebut bisa dijadikan referensi jika Mama mencari nama anak laki-laki Jawa Keraton dengan arti tangguh dan pemimpin yang baik.

2. Adhinata dan Bhadrika

2. Adhinata Bhadrika
Freepik/Maria-sbytova

Ingin menyematkan doa agar anak laki-laki Mama unggul dalam hal apapun, Mama bisa memberikan nama "Adhinata" yang merupakan nama anak laki-laki Jawa Keraton dengan arti paling unggul.

Mama bisa memberikan nama Gandhi Adhinata atau pun Muhammad Kenzo Adhinata, kedua contoh nama tersebut memiliki arti anak laki-laki pintar berilmu yang unggul.

Selanjutnya ada "Bhadrika" untuk anak laki-laki Jawa Keraton yang berarti gagah berani. Nama ini juga bisa Mama berikan jika ingin si Kecil tumbuh menjadi anak yang pemberani.

Sebagai contoh, Mama bisa memberikan nama kepada si Kecil seperti Kenan Bhadrika atau pun Bhadrika Arkana Putra yang memiliki arti anak pemberani yang rela berkorban dan berhati terang.

3. Chandika dan Daryana

3. Chandika Daryana
Freepik

Nama unik lainnya yang bermakna indah yang juga bisa Mama berikan pada anak laki-laki ialah "Chandika". Nama ini berarti anak laki-laki yang menerangi hidup keluarga seperti bulan saat purnama. Cantik kan, Ma?

Nah, untuk contoh referensi nama Chandika, Mama bisa mencoba memberikan nama Chandika Kalandra atau pun Mahendra Chandika Putra. Nama tersebut memiliki arti yang baik yaitu anak laki yang sabar, periang, dan akan selalu menerangi kehidupan orang disekitarnya.

Selanjutnya ada nama "Daryana", nama ini memiliki arti anak yang memiliki budi baik. Sehingga nama Daryana yang disematkan pada si Kecil diharapkan dapat membuatnya tumbuh menjadi anak berbudi baik.

Sebagai contoh, Mama bisa memberikan nama Daryana Melviano atau pun Reinaldo Daryana sebagai perpaduan nama dengan arti pemimpin yang memiliki budi baik.

4. Ganendra dan Abisatya

4. Ganendra Abisatya
Freepik/katemangostar

Ingin memiliki anak yang tangguh bak pasukan dewa? Coba berikan nama "Ganendra" pada si Kecil yuk, Ma! Nama ini merupakan nama anak laki-laki Jawa Keraton yang berarti pasukan dewa.

Sebagai contoh untuk memadupadankan nama Ganendra, Mama bisa memberikan nama Mahawira Ganendra atau pun Muhammad Prambudi Ganendra. Kedua contoh nama tersebut memiliki arti pemimpin yang kuat dan pandai bak pasuka dewa.

Selanjutnya ada nama "Abisatya" yang berarti kelak jadi orang yang jujur. Sehingga nama ini diharapkan membawa doa pada anak untuk selalu hidup jujur untuk mencapai keunggulan.

Mama bisa memadupadakan nama Raditya Abisatya atau pun Abisatya Syahreza Putra, kedua nama tersebut memiliki arti anak laki yang selalu jujur dan penuh kasih sayang untuk menerangi orang sekitarnya.

5. Ismanto dan Ismawan

5. Ismanto Ismawan
Freepik/Maria-sbytova

Nama anak laki-laki Jawa Keraton yang memiliki arti sesuatu yang indah, elok, dan bagus bisa Mama sematkan pada nama "Ismanto" dan "Ismawan". Kedua nama ini diharapkan dapat menjadi doa untuk si Kecil tumbuh dengan pribadi yang unggul dan elok dalam segala hal.

Sebagai referensi, Mama bisa memadukan nama Ismanto Sayudha atau pun Ismanto Ravindra untuk nama Ismanto yang jika digabungkan memiliki arti anak laki yang kuat dan elok.

Untuk nama Ismawan, Mama bisa memadukan nama Muhammad Zaidan Ismawan atau pun Shaquille Ismawan. Kedua nama tersebut berarti anak laki-laki tampan yang baik dalam menyelesaikan pekerjaannya.

6. Jatmiko dan Jayantaka

6. Jatmiko Jayantaka
clarkpodiatry.com

Meskipun kedua nama ini terdengar tidak modern, tetapi arti nama "Jatmiko" merupakan nama Jawa Keraton yang berarti anak yang sopan.

Mama bisa memadukan nama Jatmiko dengan nama modern lainnya seperti Jatmiko Zachery atau pun Radhika Jatmiko. Kedua contoh nama tersebut berarti anak laki-laki sopan yang sukses dan memiliki jiwa petualang. 

Sementara untuk nama "Jayantaka" ini merupakan nama Jawa Keraton yang berarti anak laki-laki yang bijaksana. Sehingga sangat tepat jika Mama mengharapkan si Kecil tumbuh dengan bijak.

Sebagai contoh, Mama bisa memadukan nama Jayantaka dengan nama seperti Jayantaka Kalandra Putra atau pun Mahawira Jayantaka. Kedua contoh tersebut berarti anak laki terhormat karena sifat riang dan kebijaksanannya.

Editors' Picks

7. Kamandaka dan Mahadana

7. Kamandaka Mahadana
Freepik/senivpetro

Jika kelak ingin memiliki anak yang dapat memimpin banyak orang, Mama bisa menyematkan nama "Kamandaka" yang berarti seseorang yang memerintah. Sedangkan, untuk nama panggilan "Kama" bermakna seseorang yang selalu dipuja.

Untuk referensi perpaduan nama, Mama bisa memberikan nama Kamandaka Melviano atau pun Kamandaka Madava. Kedua contoh tersebut memiliki arti pemimpin muda yang terhormat.

Selain nama Kamadaka, nama unik lainnya yang khas dengan Jawa Keraton adalah "Mahadana", nama ini berarti sebagai doa agar kelak sang anak menjadi sosok yang kaya raya.

Mama bisa memadukan nama Mahadana sebagai contoh berikut, Mahadana Gunadhya atau pun Fajrin Mahadana Putra. Kedua contoh nama tersebut berarti anak laki yang kaya raya serta memiliki pengetahuan dan kekuatan.

8. Nagata dan Rahadyan

8. Nagata Rahadyan
Freepik/Rawpixel.com

Nama "Nagata" berarti lelaki yang memiliki masa depan cerah, sehngga diharapkan nama ini dapat menjadikan si Kecil anak yang memiliki masa depan yang cerah untuk kehidupannya.

Sebagai referensi, Mama bisa menyematkan nama Nagata yang dipadukan dengan nama sebagai berikut. Delana Nagata atau pun Nagata Abinaya. Kedua contoh nama tersebut berarti anak laki-laki yang bersemangat dan memiliki masa depan cerah. 

Selanjutnya ada "Rahadyan" yang memiliki arti gelar kebangsawanan. Nama ini diharapkan menjadi doa agar anak tumbuh sebagai orang yang tangguh selayaknya bangsawan.

Mama bisa memberikan nama yang dipadukan sebagai berikut, Rahadyan Adhitama atau pun Muhammad Rahadyan Arrayan. Kedua contoh nama tersebut berarti anak laki tampan yang harum dan kuat.

9. Argani dan Cakara

9. Argani Cakara
Freepik

Jika ingin memberikan nama anak laki yang berarti pemberani, nama "Argani" cocok untuk disematkan pada nama si Kecil, Ma. Sebab Argani memiliki arti berani menghadapi bahaya.

Untuk memadukan nama Argani, Mama bisa memberikan nama Argani Adhitama atau pun Argani Aydin Putra. Kedua contoh tersebut berarti anak laki-laki tampang yang berani dan tangguh.

Nama Jawa Keraton lainnya yang bisa diberikan pada anak laki-laki Mama ialah "Cakara', nama ini memiliki arti yang melindungi. Sehingga diharapkan anak dapat tumbuh menjadi pribadi yang kuat untuk melindungi banyak orang.

Sebagai contoh, Mama bisa memberikan nama Cakara Farzana atau pun Cakara Mahardika. Kedua contoh nama tersebut berarti anak laki-laki bijaksana yang melindungi.

10. Ganendra dan Hanenda

10. Ganendra Hanenda
Freepik

Nama "Ganendra" menjadi khas di Jawa Keraton sebagai nama pasukan dewa. Sehingga diharapkan dengan menyematkan nama ini, anak akan tumbuh menjadi pribadi yang kuat seperta para dewa.

Sebagai referensi, Mama bisa memberikan nama Kenan Ganendra Putra atau pun Ganendra Mahendra. Kedua contoh tersebut berarti pemimpin yang sabar dan rela berkorban.

Selain Ganendra, nama "Hanenda" juga bisa disemtakan jika Mama mengharapkan si Kecil menjadi orang yang tangguh. Sebab arti nama Hanenda ialah orang yang pantang menyerah.

Mama bisa memadukan nama Hanenda dengan nama modern lainnya seperti Hanenda Rafardhan atau pun Rayshiva Hanenda. Kedua contoh nama berikut memiliki arti pelindung yang pantang menyerah dan selalu menerangi orang sekitarnya.

11. Sahasika dan Wacika

11. Sahasika Wacika
Freepik/Prostooleh

"Sahasika" dan "Wacika" merupakan dua nama anak laki-laki Jawa Keraton yang bisa Mama berikan pada anak jika ingin si Kecil tumbuh menjadi pribadi yang tangguh. Sebab nama Sahasika memiliki arti pemberani, sementara nama Wacika memiliki arti tanpa keraguan.

Sebagai referensi pemberian nama Sahasika pada si Kecil, Mama bisa menggabungkan nama seperti Sahasika Adhitama atau pun Sahasika Alvaro Azri. Kedua contoh nama tersebut memiliki arti anak laki tampan yang berani dan cerdas.

Sementara untuk nama Wacika, Mama bisa memadukan nama seperti Muhammad Wacika Andhra atau pun Wacika Abinaya. Kedua contoh nama tersebut memiliki arti anak laki kuat dan berani tanpa adanya keraguan.

12. Raynar dan Sambara

12. Raynar Sambara
Freepik/proostoleh

Nama "Raynar" juga menjadi nama untuk anak laki-laki Jawa Keraton yang bisa diberikan pada anak. Nama Raynar sendiri memiliki arti prajurit yang kuat.

Sebagai perpaduan, nama Raynar Faresta atau pun Muhammad Farzana Raynar bisa Mama berikan pada si Kecil dengan arti anak laki kuat yang bijaksana.

Selanjutnya ada "Sambara" yang memiliki arti siap membela kebenaran, sehingga diharapkan anak nama ini dapat tangguh membela orang disekitarnya.

Untuk nama Sambara, Mama bisa memadukan nama Sambara Kalandra atau pun Sambara Mahaprana Putra. Kedua contoh nama berikut berarti anak laki pembela kebenaran yang optimis.

13. Garjita dan Gentala

13. Garjita Gentala
Freepik

"Garjita" merupakan nama anak laki-laki Jawa Keraton yang berarti dapat dibanggakan. Sehingga anak dengan nama Garjita diharapkan tumbuh menjadi pribadi yang membanggakan karena ketangguhannya.

Sebagai referensi, Mama bisa memadukan nama Garjita Prambudi atau pun Muhammad Garjita Paradipa. Kedua contoh nama tersebut memiliki arti anak laki pandai yang dapat dibanggakan.

Memiliki arti naga, nama "Gentala" bisa Mama berikan pada anak laki-laki dengan harapan sang anak dapat tumbuh menjadi pribadi yang kuat dan tangguh seperti layaknya seekor naga.

Sementara untuk nama Genata, Mama bisa memadukan nama Reinaldo Gentala atau pun Gentala Radhika Putra. Kedua nama tersebut berarti anak laki kuat yang bijaksana dan makmur.

14. Adiwilaga dan Dihyan

14. Adiwilaga Dihyan
Freepik/zilvergolf

"Adiwilaga" menjadi nama anak laki-laki Jawa Keraton yang memiliki arti unggul dalam perang. Anak dengan nama ini diharapkan dapat tumbuh kuat dan tangguh dalam menghadapi permasalahan yang ada.

Dalam memadukan nama Adiwilaga, Mama bisa menggunakan nama modern seperti Zaidan Adiwilaga atau pun Muhammad Adiwilaga Rayshiva. Kedua contoh nama berikut memiliki arti anak laki yang unggul dan beruntung dalam pekerjaan.

Jika mengharapkan anak akan tumbuh seterang dan setangguh matahari, Mama bisa memberikan nama "Dihyan" yang memiliki arti Matahari. 

Untuk nama Dihyan, Mama bisa memadukan nama Dihyan Ravindra atau pun Dihyan Sayudha Putra. Kedua contoh berikut berarti anak laki sekuat matahari yang dapat menyembuhkan.

15. Idhang dan Lakeswara

15. Idhang Lakeswara
Pexels/Porapak Apichodilok

Menjadi pribadi yang kuat dan dapat dijadikan sandaran bagi banyak orang tentu nilai plus untuk seseorang. Jika Mama menginginkan anak yang seperti itu, Mama bisa memberikan nama "Idhang" yang berarti orang yang bisa jadi sandaran.

Sebagai referensi nama, Mama bisa memadukannya menjadi Melviano Idhang atau pun Idhang Keanu Idhang Paradipa. Kedua nama tersebut berarti anak laki yang dapat memimpin dan menjadi senderan bagi banyak orang.  

Berharap si Kecil menjadi pemimpin jika besar nanti, coba berikan nama "Lakeswara" yuk, Ma. Nama ini memiliki arti raja dunia. Diharapkan anak dengan nama Lakeswara dapat tumbuh menjadi pemimpin dunia yang tangguh dan bijaksana.

Untuk contoh nama Lakeswara, Mama bisa memadukannya menjadi Fajrin Lakeswara atau pun Lakeswara Faresta. Kedua nama tersebut memiliki arti pemimpin yang kuat dan berpengetahuan luas.

Nah, itu dia total 30 nama anak laki-laki Jawa Keraton yang bermakna kuat dan tangguh. Semoga nama di atas bisa menjadi referensi ya, Ma.

Mama juga bisa mencari nama bayi dengan cara yang lebih mudah sekarang, karena Popmama.com punya tools untuk membantu Mama mencari nama bayi perempuan ataupun nama bayi laki-laki.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.