Kulit Lebih Sensitif, Jangan Asal Pilih Popok untuk Anak

Tetap memberikan yang terbaik untuk anak sesuai kenyamanannya ya, Ma

15 Januari 2022

Kulit Lebih Sensitif, Jangan Asal Pilih Popok Anak
Unsplash/yrsy

Memilih produk untuk anak-anak tidak boleh sembarangan. Apalagi soal kebutuhan yang setiap hari dipakai oleh anak seperti popok, pakaian hingga perlengkapan lainnya.

Kulit anak balita dikenal lebih sensitif dibandingkan dengan kulit orang dewasa.

Disampaikan oleh CEO Makuku Indonesia, Jason Lee bahwa sudah sepatutnya orangtua menginginkan yang terbaik untuk anak mereka. Apalagi jika itu soal kenyamanan dan keamanan produk anak.

"Setiap orangtua pasti menginginkan yang terbaik bagi buah hatinya. Termasuk dalam pemilihan produk yang akan digunakan," tutur Jason Lee dalam wawancara khusus dengan Popmama.com, Selasa (11/1/2022).

Berawal dari sana, ia pun menyampaikan bahwa penting sekali agar orangtua memilih produk yang nyaman untuk anak. Tak hanya soal harga saja tapi kualitas yang ditawarkan juga harus terjamin.

Berikut Popmama.com rangkum informasi selengkapnya.

1. Banyak orangtua di Indonesia khawatir dengan kesehatan anak, tapi tidak tahu ilmunya

1. Banyak orangtua Indonesia khawatir kesehatan anak, tapi tidak tahu ilmunya
Dok. Makuku Indonesia
Jason Lee, CEO Makuku Indonesia

Kesehatan, kenyamanan dan keamanan anak tentu penting bagi orangtua. Namun, menjadi orangtua bukan hal mudah karena banyak kasus real yang baru ditemukan saat mengurus anak.

"Setiap orangtua pasti punya banyak concern dan pertanyaan akan kesehatan anaknya. Terlebih di masa pandemi seperti ini. Oleh karenanya dengan ada Makuku Private Consultation,  kami berharap dapat menjadi solusi para orang tua atas pertanyaan mereka terkait perawatan anak dengan cara yang mudah, cepat, dan bisa dilakukan dari rumah," ujar Jason Lee.

Editors' Picks

2. Ruam popok jadi salah satu masalah yang banyak ada di Indonesia pada anak balita

2. Ruam popok jadi salah satu masalah banyak ada Indonesia anak balita
Freepik/Joaquincorbalan

Menurut penelitian dalam jurnal ilmu kebidanan oleh Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Semarang (Poltekkes Kemenkes Semarang) pada November 2019, masalah yang sering ditemukan pada kulit bayi adalah ruam popok.

Ini berhubungan dengan iritasi eksternal seperti kotoran, bahan popok, urin, mikroorganisme, dan gesekan popok yang berulang.

Data itu menunjukkan jika kejadian ruam popok di Indonesia mencapai 7-35% yang menimpa anak-anak di bawah usia tiga tahun.

Gangguan kulit ini biasanya menyerang bagian tubuh bayi yang tertutup popok, terutama di area selangkangan.

"Maka dari itu saat ini orang tua mencari popok dengan keunggulan anti gumpal, berdaya serap tinggi, ekstra kering, dan nyaman digunakan bayi sehingga kesehatan kulit terutama di area selangkangan tetap terjaga," pungkas Jason Lee.

3. Semakin majunya zaman, perkembangan soal popok anak juga terus berubah

3. Semakin maju zaman, perkembangan soal popok anak juga terus berubah
Instagram.com/chelseaoliviaa

Semakin berkembangnya zaman, banyak hal juga mengikutinya. Tak hanya teknologi, kini perkembangan penelitian soal popok anak juga terus diperbaharui.

Di Jepang sendiri, saat ini inti struktur dari popok kebanyakan dari SAP (Super Absorbent Polymers).

Inti SAP ini memiliki banyak kelebihan diantaranya berdaya serap tinggi, desain tipis, dan anti-gumpal.

"Ini bisa membuat kulit si Kecil bisa lebih kering. Sehingga bisa mendukung bayi agar minim mengalami masalah kulit. Juga menjadi jawaban dari keresahan para mama di Indonesia. Rata-rata di Jepang dan negara lain lagi berusaha memproduksi popok dengan inti struktur ini. Contohnya, untuk produk popok premium di Jepang kebanyakan dengan inti struktur SAP," pungkas Jason Lee.

4. Dengan terus belajar ilmu parenting, orangtua di Indonesia bisa lebih baik dalam mengasuh anak

4. terus belajar ilmu parenting, orangtua Indonesia bisa lebih baik dalam mengasuh anak
Freepik/Valuavitaly

Banyak ilmu dan teori yang ada dalam mendidik dan mengasuh anak. Tidak ada sekolah yang pasti saat menjadi orangtua, tapi setidaknya kita bisa selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk anak.

"Kami memahami betul bahwa support yang dibutuhkan orangptua tidak hanya melalui produk yang berkualitas untuk anak, tapi juga melalui edukasi dan sharing informasi," tutur Jason Lee.

Sharing informasi ini tidak hanya mengenai masalah bayi atau popok.

Namun, juga mengenai parenting dan perempuan secara umum.

"Kami akan ada talkshow bertema kesehatan mental untuk perempuan, menyeimbangkan kehidupan sebagai perempuan yang aktif, dan lain-lain. Makuku berkomitmen untuk secara konsisten mengadakan acara-acara serupa pada tahun 2022," tambahnya.

Itulah tadi informasi mengenai pentingnya orangtua mengetahui produk yang aman dan nyaman untuk anak, terutama soal popok.

Semoga informasi ini bermanfaat bagi Mama dan Papa yang membutuhkan ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk