Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Eksklusif: Bersepeda Bareng Menjadi Cara Ezra HiVi! Dekat dengan Anak, Papa Hebat

Meski sibuk manggung di seluruh Indonesia, waktu dengan anak harus tetap ada setiap hari

19 November 2022

Eksklusif Bersepeda Bareng Menjadi Cara Ezra HiVi Dekat Anak, Papa Hebat
Popmama.com/Michael Andrew
Photoshoot dilakukan dengan menaati protokol kesehatan

Selain dengan mama, hubungan antara papa dan anak juga sangat penting terjalin dengan hangat. Meski kebanyakan papa sibuk bekerja, ada beberapa momen yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan hubungan dekat dengan si Kecil.

Keberadaan sosok Papa sangat dibutuhkan setiap anak. Tak hanya soal materi, tetapi juga hadir secara emosional. Seperti yang diceritakan oleh Ezra Mandira, musisi sekaligus member dari HiVi! ini mengaku selalu menyempatkan diri untuk me time berdua dengan anak di tengah kesibukan aktivitasnya.

Baginya, waktu dengan anak itu bukanlah sisa tetapi harus selalu disempatkan. WHO dan UNICEF sendiri menyarankan agar orangtua menyempatkan setidaknya waktu 30 menit bersama anak, per anak, untuk melakukan quality time.

Hal itu penting sekali untuk membangun hubungan berkualitas karena bonding akan ikut mengembangkan kemampuan sosial anak serta fungsi-fungsi lainnya. Millennial Papa of the Month edisi November 2022ini sadar betul akan hal itu.

Ia tak mau hanya sekedar mencari nafkah secara fisik untuk anaknya. Berikut Popmama.com rangkum cerita Ezra Mandira dari HiVi! dan caranya tetap dekat dengan anak meski sibuk.

1. Ezra ingin menjadi 'teman dekat' dengan Aksara

1. Ezra ingin menjadi 'teman dekat' Aksara
Popmama.com/Michael Andrew
Photoshoot dilakukan dengan menaati protokol kesehatan

Memiliki Aksara Eisa Madera, putra pertamanya adalah anugerah besar bagi musisi ini. Aksara atau Aksa lahir pada 10 April 2020 lalu di tengah pandemi Covid-19. Perjuangan melahirkan si Kecil dirasa berat bahkan bagi Ezra saat itu.

Kini semakin melihat anaknya tumbuh, Ezra tahu kalau suatu saat Aksara akan punya pilihannya sendiri dalam menjalani hidup. Oleh karenanya dari Aksa kecil Ezra tidak mau menyianyiakan kesempatan untuk terus bisa berada di samping si Kecil.

Ketika ditanya 'ingin dipandang sebagai sosok Papa yang seperti apa?' Ezra masih bingung dengan jawabannya. Pasalnya, sebagai orangtua ia merasa dirinya masih terus bertumbuh seiring dengan perkembangan Aksa. Namun, yang pasti ia ingin menciptakan banyak bersama Aksa kelak hingga ia dewasa.

"Pastinya sosok papa yang baik itu ya bisa dekat dengan anak, mengerti dan menjadi teman untuk dia. Kalau urusan dihormati setiap orangtua pastinya ingin. Namun, tidak mau antara anak dan saya sendiri seperti punya batasan yang terlalu jauh. Saya ingin dia dekat dengan saya, begitupun sebaliknya," tutur musisi kelahiran 1991 ini.

Editors' Picks

2. Kegiatan manggung yang padat, Ezra selalu memprioritaskan waktu dengan anaknya

2. Kegiatan manggung padat, Ezra selalu memprioritaskan waktu anaknya
Popmama.com/Michael Andrew
Photoshoot dilakukan dengan menaati protokol kesehatan

Selama pandemi Covid-19 kemarin, Ezra dan Aksa cukup punya banyak waktu bersama. Namun setelah pandemi mulai turun dan banyak konser berjalan, kesibukan Ezra pun mulai meningkat.

Tentunya ia kini jadi punya sedikit waktu untuk anaknya dibandingkan dulu. Meski begitu, bukan menjadi alasan untuk Ezra tidak punya waktu sama sekali untuk Aksa di rumah.

"Kalau seberapa dekat, dulu sih pas dia masih bayi yang banyak gendong, sekarang karena kegiatan sudah mulai padat ya pastinya menyesuaikan waktunya. Cuman sehari pasti selalu ada waktu main dengan anak," tutur Ezra.

3. Cara Ezra mencintai Aksara lewat caranya sendiri, so sweet banget!

3. Cara Ezra mencintai Aksara lewat cara sendiri, so sweet banget
Popmama.com/Michael Andrew
Photoshoot dilakukan dengan menaati protokol kesehatan

Setiap orang punya cara sendiri untuk mengungkapkan rasa cinta kepada orang tersayang. Begitupun dengan Ezra kepada Aksara selama ini. Musisi kelahiran Jakarta, 29 September 1991 ini mengaku lebih suka melakukan banyak aktivitas bersama anaknya sebagai bentuk bonding.

Saat mereka bermain bersama, bersentuhan, berpelukan ada rasa bahagia yang tidak bisa dijelaskan kata-kata dirasakan Ezra. Meskipun selama ini ia tidak mencontoh siapa-siapa untuk menjadi sosok Papa terbaik bagi putra kecilnya itu.

"Saya dan Aksara banyak melakukan aktivitas bersama. Jadi memang sekat sekali kami. Saya sadar sebagai Papa, harus punya peran juga untuk mengurus Aksa. Memang jika dibandingkan ibunya tentu masih lebih banyak waktu yang dihabiskan Aksa dengan Anjana," tuturnya.

4. Bersepeda bareng jadi bonding antara Ezra dan Aksa yang paling seru

4. Bersepeda bareng jadi bonding antara Ezra Aksa paling seru
Popmama.com/Michael Andrew
Photoshoot dilakukan dengan menaati protokol kesehatan

Ezra menceritakan ada beberapa kegiatan yang biasa ia lakukan dengan Aksa saat menghabiskan waktu bersama. Dari semuanya waktu bersepeda bareng jadi momen yang paling keduanya tunggu.

Papa satu anak ini mengaku si Kecil begitu semangat jika diajak bersepeda bareng. Padahal Aksa sendiri belum bisa mengayuh sepeda sendiri. Biasanya putranya itu menggunakan balance bike kesayangan Aksara.

"Kami suka sekali bersepeda bareng. Selain itu, paling cara saya untuk bisa bonding time dengan Aksa dengan menemani dia bermain dan mengantarkan ke playgroup-nya. Disana saya menemani dia bermain, lari-larian ke sana kemari, itu sudah menjadi bonding untuk kami sendiri. Semua itu adalah saatnya saya dan Aksa menghabiskan waktu berdua saja," pungkas Ezra.

5. Ezra ingin anaknya tumbuh dengan kepercayaan diri tinggi, tetapi tetap rendah hati

5. Ezra ingin anak tumbuh kepercayaan diri tinggi, tetapi tetap rendah hati
Popmama.com/Michael Andrew
Photoshoot dilakukan dengan menaati protokol kesehatan

Setiap orangtua pasti menginginkan anak mereka bisa menjalani kehidupan sebagai orang dewasa dengan baik. Bagi Ezra ia tak mau menuntut terlalu banyak hal untuk Aksara. Ia hanya ingin anaknya itu tumbuh menjadi orang yang percaya diri dan berani berpendapat.

Namun, bukan berarti ia menginginkan Aksa punya keangkuhan dan egoisme yang tinggi. Ia tetap ingin anaknya itu rendah hati dan mau belajar banyak hal dari manapun dan siapapun kelak.

"Tentunya 3 prinsip tadi yaitu 'harus mau dan saling ngobrol', 'harus mau dan saling mendengarkan,' sama 'harus mau dan saling mengerti'. Ditambah saya ingin dia menjadi anak yang bisa mengeluarkan pendapatnya dengan lugas dan tegas. Saya ingin Aksa di masa dewasanya punya keinginan untuk terus belajar banyak hal," tutur Ezra.

Membesarkan seorang anak bagi Ezra dan Anjana adalah sebuah perjalanan panjang yang tidak pernah selesai. Selain tidak ada sekolah pastinya, sebagai orangtua juga dituntut terus belajar sejalan dengan perkembangan anak.

Millennial Papa of the Month Edisi November - Spesial Hari Ayah Nasional 2022: Ezra Mandira

Editor in Chief - Sandra Ratnasari 
Senior Editor - Novy Agrina 
Editor - Onic Metheany 
Reporter - Putri Syifa Nurfadilah & Sania Chandra Nurfitriana 
Social Media - Irma Ediarti 
Design - Aristika Medinasari 
Photographer - Michael Andrew P.
Videographer - Norman Indra Issudewo, Krisnaji Iswandi
Stylist - Onic Metheany, Putri Syifa Nurfadilah
Makeup Artist & Hair Do - Linda Kusumadewi
Ezra's Wardrobe -  Shining Bright & Bertjorak
Aksa's Wardrobe - Bohopanna at Buiboo & Mothercare

Baca juga:

#MillennialMama of the Month

Spesial Hari Ayah 2022
Millennial Mama

Spesial Hari Ayah 2022

Pada Hari Ayah 2022, Popmama.com menampilkan Millennial Papa yang sukses di pendidikan dan karier, Ezra Mandira

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk