Kanker Paru-paru pada Anak, Ketahui Penyebab dan Pengobatannya

Kanker paru-paru juga bisa dialami oleh anak-anak, ketahui penyebabnya

26 Desember 2023

Kanker Paru-paru Anak, Ketahui Penyebab Pengobatannya
Freepik

Kanker paru-paru terjadi saat sel di paru-paru tumbuh tidak teratur dan membentuk tumor. Tumor adalah kumpulan dari sejumlah besar sel kanker yang mempunyai kemampuan untuk menyebar ke bagian tubuh yang lain.

Kanker paru-paru terbagi menjadi dua jenis, yaitu kanker paru-paru sel kecil (SCLC), dan kanker paru-paru non sel kecil (NSCLC).

Kanker paru umumnya terjadi pada usia 40-70 tahun. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan bahwa kanker paru-paru juga dapat menyerang pada usia di bawah 40 tahun, bahkan termasuk anak-anak.

Ada beberapa penyebab anak-anak terkena kanker paru-paru. Tetapi, ada juga anak-anak yang memiliki kanker paru-paru karena faktor genetik dari orangtuanya.

Lantas hal apa yang bisa menyebabkan kanker paru-paru pada anak? Seperti apa pengobatannya?

Berikut Popmama.comtelah merangkum informasinya. Mama dan Papa bisa membacanya untuk mencegah si Kecil dari kanker paru-paru, ya!

1. Faktor yang menyebabkan kanker paru-paru

1. Faktor menyebabkan kanker paru-paru
Freepik

Kanker paru-paru bisa terjadi karena banyak hal, berikut adalah beberapa faktor yang bisa meningkatkan kemungkinan berkembangnya sel kanker paru-paru pada si Kecil:

  • Merokok: Jika Mama dan Papa masih memiliki kebiasaan merokok, maka Mama dan Papa tidak boleh merokok di dekat si Kecil. Zat nikotin pada rokok dapat merusak dan menyebabkan kelainan pada paru-paru. Hal tersebut bisa berdampak lebih buruk pada perokok pasif yang menghirup asap rokok bekas orang lain.
  • Zat beracun dan polusi lingkungan: Radiasi dari zat-zat kimia, serta polusi dari debu, uap, dan nikel juga dapat menyebabkan tumbuhnya sel kanker pada paru-paru. Sehingga, penting bagi Mama dan Papa memakaikan masker pada si Kecil ketika sedang keluar dan udaranya tidak bagus.

Editors' Pick

2. Gejala kanker paru-paru

2. Gejala kanker paru-paru
Freepik/benzoix

Biasanya, penderita kanker paru-paru stadium awal tidak akan menunjukan gejala yang spesifik. Namun, seiring penyakitnya menyebar mungkin akan muncul gejala-gejala berikut:

  • Batuk disertai darah dan tidak sembuh setelah beberapa minggu
  • Nafas sesak dan terengah-engah
  • Dada sering terasa nyeri
  • Suara serak
  • Mudah lelah dan letih
  • Penurunan berat badan secara tiba-tiba

3. Metode pengobatan

3. Metode pengobatan
Freepik

Kanker paru-paru dapat diobati dengan berbagai macam cara, tergantung pada ukuran, dan stadium dari kanker tersebut. Pengobatan juga disesuaikan dengan kondisi dan kesehatan mental pasien. Berikut adalah beberapa pengobatan kanker paru-paru:

  • Operasi: Operasi dapat dilakukan pada kanker paru-paru non sel kecil stadium awal. Operasi dilakukan dengan tujuan untuk segera mengangkat tumor yang belum menyebar ke bagian lain.
  • Radioterapi: Terapi menggunakan sinar radiasi guna membakar sel-sel kanker yang tumbuh. Terapi ini hanya memerlukan waktu yang singkat, tetapi juga memberikan efek samping seperti kelelahan, kehilangan nafsu makan, dan iritasi kulit.
  • Kemoterapi: Terapi ini biasanya dilakukan bersamaan dengan radioterapi. Terapi ini disarankan untuk menahan pertumbuhan sel kanker yang cepat dan tidak terkendali.

4. Hal-hal yang harus dilakukan

4. Hal-hal harus dilakukan
Freepik/cookie_studio

Selain dengan pengobatan tersebut ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk menyembuhkan kanker paru-paru pada anak:

  • Berhenti merokok di dekat si Kecil
  • Ajak si Kecil berolahraga dengan rutin
  • Temui dokter secara rutin untuk mengontrol kambuhnya kanker, dan penyebarannya ke bagian tubuh lain.

Nah itulah penjelasan terkait kanker paru-paru pada anak. Yuk Ma, Pa mulai kurangi kebiasaan-kebiasaan buruk agar si Kecil dapat terhindar dari risiko terkena kanker paru-paru.

Baca juga:

The Latest