5 Doa Ulang Tahun untuk Anak dalam Bahasa Arab Beserta Artinya

Ini dia doa-doa terbaik untuk anak di hari ulang tahunnya!

13 September 2020

5 Doa Ulang Tahun Anak dalam Bahasa Arab Beserta Artinya
muslimommy.com

Hingga kini, merayakan ulang tahun dalam agama islam masih menjadi perdebatan.

Meskipun banyak kontroversi dalam hal melaksanakan acara tersebut, tetapi sepertinya perayaan ulang tahun akan susah untuk di rubah karena sudah menjadi tradisi yang melekat pada diri sebagian umat muslim, apalagi jika anak mama yang sedang berulang tahun.

Untuk itu, agar lebih bijak dalam memaknainya, sebaiknya panjatkanlah doa-doa yang baik untuk anak di hari ulang tahunnya.

Apa saja doa ulang tahun anak yang dapat Mama panjatkan?

Berikut Popmama.com telah merangkum 5 daftarnya.

1. Doa ulang tahun mohon panjang umur

1. Doa ulang tahun mohon panjang umur
Pixabay/dhanelle

Doa pertama diperuntukan untuk anak mama agar di hari ulang tahunnya ia bisa panjang umur dan dapat menjadi orang yang berguna di setiap fase kehidupannya.

"Allaahumma thowwil ‘umuuronaa, wa shohhih ajsaadanaa, wa nawwir quluubanaa, wa sabbit iimaananaa wa ahsin a’maalanaa, wa wassi’ arzaqonaa, wa ilal khoiri qorribnaa wa ‘anisy-syarri ab’idnaa, waqdhi khawaa-ijanaa fiddiini waddunyaa wal aakhirati innaka ‘alaa kulli syai-in qodiirun,"

Artinya:

"Ya Allah! Panjangkan umur kami, sehatkan jasad kami, terangi hati kami, tetapkan iman kami, baikkan amalan kami, luaskan rezeki kami, dekatkan kami pada kebaikan dan jauhkan kami dari keburukan, kabulkan semua kebutuhan kami dalam urusan agama, dunia, dan akhirat. Sesungguhnya Engkau (Allah) Maha Kuasa atas segala sesuatu,"

Editors' Picks

2. Doa mohon kemuliaan untuk anak dan keluarga

2. Doa mohon kemuliaan anak keluarga
Freepik/Yanalya

Doa kedua masih diperuntukan untuk anak namun juga untuk keluarga. Doa yang satu ini dimaksudkan guna meminta kemuliaan kepada Allah untuk anak yang sedang berulang tahun dan juga untuk keluarga.

"Robbanaa hablanaa min azwaajinaa wa dzurriyyaatinaa qurrota a’yuun waj-‘alnaa lilmuttaqiina imaama,"

Artinya:

"Ya Rabb kami, anugerahkan kepada kami, istri-istri kami dan anak cucu kami sebagai penyenang hati kami, dan jadikan kami imam bagi orang-orang yang bertaqwa,"

3. Mohon keselamatan dan kesejahteraan

3. Mohon keselamatan kesejahteraan
Freepik/Freepic.diller

Doa selanjutnya ditujukan untuk keselamatan dan kesejahteraan anak mama yang sedang berulang tahun. Doa ini juga dimaksudkan agar anak senantiasa sehat jasmani dan rohaninya.

"Allaahumma innaa nas-aluka salaamatan fid diini wa ‘aafiyatan fil jasadi wa ziyaadatan fil ‘ilmi wa barokatan fir rizqi wa taubatan qoblal mauti wa rohmatan ‘indal mauti wa maghfirotan ba’dal mauti,"

Artinya:

"Ya Allah kami memohon kepadaMu keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan atau kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizqi, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan keampunan sesudah mati,"

4. Mohon anak yang saleh dan saleha

4. Mohon anak saleh saleha
Rock-cafe.info

Doa inilah yang paling banyak dipanjatkan oleh kedua orangtua, ya doa agar anak dapat tumbuh menjadi sosok yang saleh dan saleha. 

"Robbi hablii min ladunka dzurriyyatan thoyyibatan innaka samii’ud du’aa-i,"

Artinya:

"Ya Rabbi, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa (hambamu),"

5. Doa mohon rezeki yang halal dan baik

5. Doa mohon rezeki halal baik
Pixabay/rosysmith581

Doa terakhir dimaksudkan agar anak yang sedang berulang tahun tersebut bisa mendapatkan rizki yang halal dan melimpah dari Allah SWT.

"Allahumma innii as-aluka an tarzuqonii rizqon halaalan waasi’an thoyyiban min ghairi ta’abin wala masyaqqatin walaa dloirin walaa nashabin innaka ‘a-laa kulli syai-in qodiir,"

Artinya:

"Ya Allah, aku minta pada Engkau akan pemberian rizki yang halal, luas, baik tidak tanpa repot dan juga tanpa kemelaratan dan tanpa keberatan sesungguhnya Engkau kuasa atas segala sesuatu,"

Itulah beberapa doa ulang tahun anak beserta terjemahan dan artinya.

Semoga bermanfaat.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.