Berbahan Buah dan Sayur, Ini Pilihan Camilan Sehat untuk si Kecil

Camilan sehat ini bisa membantu si kecil tetap sehat meski tidak suka sayur dan buah

1 Juli 2020

Berbahan Buah Sayur, Ini Pilihan Camilan Sehat si Kecil
cdc.gov

Tahukah Mama, kalau camilan yang biasa anak Mama konsumsi ternyata merupakan ekstra nutrisi yang berguna bagi tubuhnya. Nutrisi yang didapatnya tersebut sangat berguna, jika ia tidak mendapat nutrisi yang cukup dalam makanannya sehari-hari. 

Seperti nutrisi dan serat yang si kecil dapatkan dari buah dan sayur. Lalu bagaimana jika ia tidak suka makan sayur dan buah? Tenang saja, Mama hanya perlu memberinya camilan yang dapat memenuhi kebutuhannya tersebut. 

Untuk itu, Popmama.com akan membahas camilan sehat yang diolah dari buah dan sayur yang dapat memenuhi kebutuhan nutrisi anak mama. Simak penjelasannya! 

1. Sepotong buah

1. Sepotong buah
Freepik/rawpixel

Ya, benar sekali. Sepotong buah sebenarnya sudah dapat menjadi salah satu camilan sehat dan lezat bagi si kecil. Itu karena sebagian besar buah mengandung serat dan nutrisi penting seperti vitamin A dan C, juga potasium.

Selain itu, camilan yang satu ini juga mudah untuk disajikan. Mama hanya perlu memotongnya kecil-kecil. Dan ketika si kecil mulai bosan, Mama dapat memberikan varian buah lain. Seperti pisang, apel, pir, anggur, persik, dan prem merupakan beberapa buah-buahan yang bisa kamu pilih.

2. Seledri dengan selai kacang dan kismis

2. Seledri selai kacang kismis
celiac.org

Ini dia salah satu menu camilan yang unik namun tetap menyehatkan bagi anak mama. Menu ini disebut juga dengan "Semut di Atas Kayu" karena penampakan dari kismisnya yang menyerupai semut.

Cara membuatnya tidak sulit kok. Pertama-tama Mama perlu memotong seledri menjadi tiga atau empat potong. Kemudian sebarkan selai kacang di atas seledri, dan atur beberapa kismis di atas selai kacang.

Campuran dari ketiga makanan itu ternyata memiliki tingkat karbohidrat, protein, dan lemak yang baik di dalamnya.

3. Salad

3. Salad
Pixabay/Danson67

Siapa yang tak kenal salad? Pastinya sebagian besar dari kita kenal dengan makanan sehat yang satu ini. Ternyata, makanan ini juga dapat menjadi pilihan camilan sehat buat si kecil.

Mama bisa membuatnya dengan mencampurkan sayur atau buah yang disukai oleh anak mama. Sehingga membuatnya lebih suka pada makanan sehat yang satu ini. Mama juga bisa menambahkan saus di atas salad, seperti menggunakan mayonaise pada salatmu. Itu akan membuat si kecil lebih menyukainya.

4. Es loli dari buah

Anak mama pastinya suka sekali dengan yang namanya es. Makanan menyegarkan dan manis itu pastinya dapat membuatnya ketagihan. Namun banyak dari mereka yang dibuat dengan menggunakan gula buatan.

Mama ternyata dapat membuat hal favorit si kecil menjadi lebih sehat. Es loli buahlahjawabannya. Makanan yang satu ini pastinya disukai oleh anak-anak dan tentunya sangat sehat karena dibuat menggunakan buah-buahan.

Cara membuatnya pun tidaklah sulit. Pertama-tama, tuanglah buah atau buah beku dan sedikit jus buah dalam blender. Lalu masukan campuran tersebut ke dalam cetakan es loli atau gelas plastik kecil. Tutup dengan foil dan masukkan tongkat es loli ke dalam es loli, dan bekukan semalaman.

Kamu akan mendapatkan es loli buah yang menyegarkan pada hari berikutnya.

Editors' Picks

5. Asinan

5. Asinan
i0.wp.com

Asinan yang akan dibahas disini merupakan asinan yang diolah dari mentimun. Dan diolah dengan cara fermentasi dalam garam dan air.

Asinan ini sendiri merupakan sumber vitamin K yang baik. Dan tidak hanya itu, mereka juga mengandung bakteri probiotik yang baik untuk sistem pencernaan.

Mama harus memperhatikan kalau asinan yang mengandung cuka ternyata tidak mengandung probiotik. Hindari juga asinan yang manis, karena mengandung banyak gula. 
 

6. Manisan buah

6. Manisan buah
continentecountrystore.com

Manisan buah merupakan cara lain untuk si kecil menikmati kesegaran buah yang dipotong. Olahan buah ini juga cukup dikenal dan disukai masyarakat Indonesia lho, terutama manisan yang dibuat dari mangga.

Manisan ini dapat Mama temukan di berbagai tempat. Dengan rasa manis yang terdapat pada buah akan membuat rasa buah menjadi semakin unik, dan tentunya semakin disukai oleh anak mama.

7. Root vegetable chips

7. Root vegetable chips
simplyorganic.com

Camilan berupa keripik yang gurih dan renyah memang paling enak. Tapi pastinya Mama tau, kalau banyak dari keripik yang dibuat dengan perasa kimia, ekstrakuadrat, dan bahan-bahan lain yang tidak baik bagi tubuh.

Jika si kecil sangat menyukai camilan keripik, mungkin pilhan keripik alternatifnya ini dapat menjadi solusinya. Biasanya keripik ini terdiri dari olahan tanaman umbi akar, seperti; kentang, ubi jalar dan talas, dan bit.

8. Fruit Smoothie

8. Fruit Smoothie
Freepik

Smoothie merupakan cara yang menyenangkan bagi si kecil untuk memperoleh nutrisi yang baik pada buah dan susu. Dan ini dapat menjadi salah satu ide camilan yang pastinya akan disukai si kecil.

Mama juga ternyata dapat menambahkan sayuran ke dalam smoothis. Si kecil tentunya tidak akan menyadari hal tersebut, karena tertutup oleh rasa manis buah dalam smoothie. 

Sebaiknya Mama mengunakan bahan-bahan segar dan hindari penggunaan gula yang terlalu banyak.

9. Keripik Kale

9. Keripik Kale
epicurious.com

Masih sama-sama keripik seperti sebelumnya, namun ini berbeda. Jika root vegetables chips diolah dari tanaman umbi akar, kali ini diolah dari sayuran hijau, yaitu kale.

Kale sendiri dianggap makanan super, karena mengandung nutrisi yang banyak namun rendah kalori. Faktanya, anak mama dapat memperoleh semua vitamin A, C, dan K yang mereka butuhkan dalam sehari hanya dalam 1 gelas (65 gram) kale.

Sebagian besar anak-anak rasanya akan menolak untuk makan makanan hijau ini secara langsung. Namun keripik kale adalah camilan lezat yang mungkin membuat anak mama tertarik.

10. Stik wortel dan hummus

10. Stik wortel hummus
eatthismuch.com

Ini dia camilan terakhir yang unik namun tak kalah enak dari camilan-camilan sebelumnya. Camilan ini terdiri dari wortel yang dipoting berbentuk stik, dan hummus sebagai bumbu colek untuk stik wortel tersebut. 

Hummus sendiri merupakan salah satu makanan dari timur tengah dan dikenal sebagai puree atau saus cocol. Hummus sendiri dibuat dari kacang arab yang sebelumnya digiling dan dicampur dengan tahini yaitu sejenis wijen giling, minyak zaitun, limau yang telah diperas, bawang putih, dan garam. Ini juga merupakan sumber zat seng yang baik.

Menyantap wortel yang dicocol ke dalam hummus ini pastinya membuat camilan anak mama terasa lezat. Namun tentunya tetap sehat.

Kandungan sayur dan buah dalam tubuh sudah seharusnya terpenuhi dengan baik. Melalui camilan yang sehat ini, Mama dapat membantu memenuhi kebutuhan tubuh anak mama akan sayur dan buah.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.