Yuk Perhatikan 5 Tips Sebelum Bermain Sains Bersama si Kecil!

Bermain sains ternyata bermanfaat bagi pengembangan potensi anak.

4 September 2020

Yuk Perhatikan 5 Tips Sebelum Bermain Sains Bersama si Kecil
todaysparent.com

Tidak dapat dibantah lagi kalau anak-anak suka sekali bermain. Hal ini masihlah wajar, sebab di usia tersebut mereka perlu aktif bergerak dan menambah pengetahuan dari permainan mereka.

Itulah mengapa sebaiknya anak mama mengisi hari-harinya dengan permainan yang bermanfaat. 

Salah satu bentuk permainan yang mampu mengasah kecerdasannya ialah permainan sains. Ada banyak sekali kegiatan yang dapat dilakukan berhubungan dengan dunia sains ini.

Seperti melakukan eksperimen, mencoba hal yang baru, juga berkenalan dengan alam. Aktivitas ini pun dijamin dapat menambah pengetahuan si Kecil. 

Sebelum memulai permainan sains bersama si Kecil, sebaiknya Mama tidak melewatkan beberapa hal penting yang juga ikut berpengaruh.

Untuk itu, Popmama.com akan membahas mengenai 5 tips sebelum bermain sains bersama anak. Perhatikan baik-baik ya, Ma!

1. Penjelasan dalam keseharian anak

1. Penjelasan dalam keseharian anak
parenting.com

Umumnya, setiap aktivitas yang kita lakukan sehari-hari selalu saja berhubungan dengan dunia sains. Bahkan untuk hal sederhana seperti melompat dan berjalan memiliki penjelasannya sendiri.

Ketika anak bermain di luar rumah, Mama dapat menjelaskan jenis-jenis tumbuhan, dan bagaimana cara tumbuhan menghasilkan oksigen. Ataupun juga menjelaskan tentang perubahan cuaca dan pergerakan awan yang terjadi di langit. 

Ketika mereka tahu bahwa ilmu yang mereka dapatkan ternyata berhubungan dengan kesehariannya, ini akan membuat si Kecil semakin semangat untuk belajar dan bermain di dunia sains. 

 

Editors' Picks

2. Ajak anak mencoba melakukan eksperimen

2. Ajak anak mencoba melakukan eksperimen
Freepik

Dunia sains seringkali dihubungkan dengan kegiatan eksperimen dan percobaan. Membuktikan ilmu atau teori sains secara langsung dapat membuat kegiatan berlangsung lebih efektif.

Mama juga dapat melakukan ini ketika bermain sains bersama si Kecil. Selipkan pengetahuan dan konsep yang digunakan dalam suatu percobaan, semisal konsep massa jenis yang digunakan ketika membuat lava lamp.

Selain praktik, ajukan pertanyaan dan berikan respon menggunakan kalimat yang merangsang nalar kritis.  Atau Mama dapat melakukan percobaan serupa dengan memberikan kondisi yang berbeda. Semisal mengganti warna atau bahan sejenis. Ajak anak mengamati apa yang berbeda dan mengapa itu bisa terjadi.

3. Dorong anak menggunakan indera

3. Dorong anak menggunakan indera
Freepik

Ketika bermain sains bersama si Kecil, doronglah ia untuk menggunakan inderanya. Agar membuat mereka lebih memahami benda-benda dan kejadian di sekeliling mereka.

Ajaklah anak untuk mengenali suara, bau, tekstur, rasa, warna juga bentuk serta ukuran benda yang ia amati di sekelilingnya atau yang menjadi objek permainan. 

Menggunkan indera dalam kegiatan edukatif ini akan membantu mengembangkan pemahamannya akan hal-hal disekelilingnya. Juga menumbuhkan kemampuan observasi anak dengan baik.

 

4. Tambah informasi dari buku pengetahuan yang menarik

4. Tambah informasi dari buku pengetahuan menarik
Freepik/Rawpixel.com

Sebaiknya bermain sains dilengkapi juga dengan sumber informasi yang jelas dan mudah dimengerti. Salah satunya dapat Mama temukan dari buku-buku pengetahuan. 

Tidak hanya bermain dan mencoba bereksperimen, ajak juga si Kecil membaca buku sains agar lebih memahami apa yang sebenarnya terjadi. 

Ada banyak jenis buku sains anak, namun sebaiknya kamu memilih buku yang dilengkapi dengan gambar ataupun suara. Ini semakin dapat menarik perhatian anak mama untuk belajar sambil bermain. 

 5. Perhatikan suasana hati anak

 5. Perhatikan suasana hati anak
Freepik

Terakhir namun tidak kalah pentingnya, yaitu memperhatikan suasana hati anak. Suasana hati ini menentukan berjalannya aktivitas si Kecil. 

Ketika hatinya sedang tidak baik, entah itu karena bad mood atau karena sedang sakit maka si Kecil akan sulit memahami permainan sain tersebut. Membuatnya tidak mendapatkan manfaat apapun dari permainan itu. 

Sebaiknya lakukan permainan ini ketika suasana hatinya sedang baik. Ini membuat ia merasa bersemangat dan dapat mengikuti permainan sains dan menyerap ilmunya dengan baik.

Kalau sudah memperhatikan kelima hal ini, kini saatnya bermain sains bersama si Kecil. Semoga bermanfaat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk