5 Ciri-Ciri Anak Cerdas Berdasarkan Perilakunya

Kecerdasan anak dapat Mama ketahui dari tindakan dan perkembangan anak, lho.

28 April 2022

5 Ciri-Ciri Anak Cerdas Berdasarkan Perilakunya
Freepik/Zinkevych

Saat berusia anak-anak, perkembangan yang terjadi pada tubuh dan otak akan meningkat pesat seiring berjalannya waktu. Terlebih lagi jika Mama dan Papa mendukung perkembangannya melalui permainan yang anak minati.

Dengan melihat anak bermain, biasanya orangtua dapat memerhatikan bagaimana anak bereaksi dengan sekitarnya. Dari sanalah Mama dan Papa dapat mengetahui apakah anak tergolong cerdas atau tidak.

Secara umum, kecerdasan umumnya dikaitkan dengan Intelligence Quotinent atau IQ yang hanya dapat diketahui jika anak sudah mengikuti tes IQ. Makin besar angka IQ pada anak, maka anak akan dinilai makin cerdas.

Kecerdasan yang ditampilkan anak-anak dan orang dewasa tentu berbeda. Jika orang dewasa yang cerdas umumnya memiliki kecenderungan bangun sampai larut malam, lain halnya dengan anak-anak.

Lalu, apa saja ciri-ciri anak cerdas? Berikut ini Popmama.comsudah merangkum apa saja perilaku anak yang dapat Mama perhatikan tanpa perlu mengikuti tes.

1. Memiliki perkembangan bahasa yang lebih cepat

1. Memiliki perkembangan bahasa lebih cepat
Freepik/karlyukav

Dilansir dari Reader’s Digest, anak balita yang cerdas umumnya berkembang lebih cepat dibandingkan anak seusianya, terutama dalam kemampuan berbicara.

Anak cerdas dapat lebih cepat berkomunikasi dengan orang lain sekaligus mudah menyerap kata-kata baru di usia dini.

Karena kemampuan komunikasi ini pula, anak mungkin akan lebih senang untuk bergabung dengan obrolan orang yang lebih tua.

Editors' Picks

2. Senang membaca

2. Senang membaca
Freepik/Artroomstudio

Biasanya, anak akan lebih cepat berkembang dalam berbicara jika sudah terbiasa dibacakan buku. Maka tak heran jika anak cerdas umumnya juga suka membaca.

Saat sudah mengenal abjad dan membaca kata, anak yang cerdas akan cenderung suka membaca apapun yang dapat ia baca, mulai dari buku, game dalam gadget, hingga papan iklan yang ia lewati.

Berkat kesukaan membaca ini pula, anak cerdas umumnya memiliki daya imajinasi yang tinggi dan dapat menceritakannya pada Mama dan Papa.

3. Memiliki rasa penasaran tinggi

3. Memiliki rasa penasaran tinggi
Freepik/Zinkevych

Jika anak Mama dan Papa sering berceloteh dan banyak bertanya, itu dapat menjadi salah satu tanda anak cerdas. Biasanya, anak cerdas akan memiliki rasa penasaran besar tentang dunia sekitarnya.

Berkat rasa penasarannya itulah anak akan melontarkan berbagai pertanyaan yang muncul di kepalanya, mulai dari hal paling remeh hingga hal besar yang sulit dijelaskan sekalipun.

Karena memiliki rasa penasaran tinggi, anak cerdas umumnya juga akan senang mempelajari berbagai hal baru.

4. Dapat mengingat berbagai hal detail yang ia sukai

4. Dapat mengingat berbagai hal detail ia sukai
Freepik/prostooleh

Meski memiliki ketertarikan mengenai banyak hal, seringkali anak cerdas memiliki minat pada hal-hal tertentu, seperti pada dinosaurus atau kartun yang sangat ia sukai.

Tak hanya suka, anak cerdas akan dapat menghapal dan menangkap berbagai detail tentang hal yang mereka minati tersebut yang mungkin anak lain lewati.

Jika anak sudah mampu mengamati berbagai hal dengan detail, maka standar anak juga akan cenderung lebih tinggi.

5. Memiliki jiwa kepemimpinan

5. Memiliki jiwa kepemimpinan
Pexels/Gustavo Fring

Meski tak semua anak cerdas selalu memiliki bakat memimpin, kemampuan memimpin sering dikaitkan dengan kecerdasan seorang anak.

Anak yang cerdas biasanya akan didengar oleh anak-anak seusianya. Ini terjadi karena mereka lebih mengetahui banyak hal dibanding pengetahuan yang dimiliki oleh teman-temannya.

Untuk mendapatkan kepercayaan teman-temannya, anak cerdas juga akan cenderung memiliki kepekaan terhadap lingkungan sekitarnya.

Itulah ciri-ciri anak cerdas yang dapat diperhatikan di rumah. Untuk memastikan kembali, anak Mama juga dapat mengikuti tes IQ. Kira-kira anak Mama termasuk anak yang cerdas tidak, ya?

Baca Juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk