Inilah 5 Daftar Obat Pereda Sakit Gigi untuk Anak Balita

Anak-anak lebih rentan mengalami gigi berlubang, karena enamel pada gigi susunya masih cukup lemah

5 September 2019

Inilah 5 Daftar Obat Pereda Sakit Gigi Anak Balita
bendigodental.com.au

Sebagai orangtua tentu merasa sangat sedih ketika melihat sang buah hati menderita sakit gigi.

Pasalnya anak-anak lebih rentan mengalami gigi berlubang, karena enamel pada gigi susunya masih cukup lemah daripada enamel pada gigi orang dewasa.

Dikutip dari Kid’sDentisTree bahwa sakit gigi pada anak dapat memiliki banyak penyebab seperti pembusukan gigi, penumpukan plak, gigi berlubang hingga makanan yang terperangkap di antara giginya

Lalu obat apa saja yang aman untuk mengatasinya? Berikut daftar 5 obat pereda sakit gigi untuk anak balita yang sudah dipilih oleh Popmama.com:

1. Naprex sirup bisa diberikan sejak usia 2 tahun

1. Naprex sirup bisa diberikan sejak usia 2 tahun
shopee.co.id

Hal pertama yang orangtua lakukan saat sang buah hati mengeluh sakit gigi ialah meminta mereka untuk menunjuk atau menggambarkan rasa sakitnya.

Jika terdapat pembengkakan gusi kemungkinan ia mengalami rasa sakit yang cukup hebat, sehingga akan membuat mereka rewel dan sulit menelan makanan.

Solusinya Mama dapat memberikan si Kecil obat Naprex Sirup.

Di mana Naprex sirup (paracetamol) digunakan untuk menurunkan nyeri sakit gigi pada segala usia, termasuk anak-anak usia 2-12 tahun.

Naprex sirup mengandung paracetamol, yakni obat yang memiliki aktivitas sebagai antipyretic sekaligus analgetic. Sementara pemberian dosis pada anak 2-5 tahun hanya 3-4 x sehari sebanyak 0.5 sendok takar 5 ml.

Di apotek atau toko obat biasanya Naprex sirup tersedia dengan kemasan botol 60 ml syrup dan Naprex drops 15 ml.

Editors' Picks

2. Panadol sirup bisa meredakan sakit gigi

2. Panadol sirup bisa meredakan sakit gigi
panadol.co.id

Sakit gigi bisa menimpa siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak.

Gejala yang biasa dialami anak biasanya ia jadi mudah ngiler, gigi terasa nyeri dan pembengkakan gusi.

Berbeda dengan orang dewasa, pemberian obat sakit gigi untuk anak balita lebih membutuhkan perhatian khusus dan tidak boleh sembarangan.

Oleh karenanya harus diberikan obat pereda nyeri sakit gigi yang diformulasikan khusus anak-anak.

Mama dapat memberikannya Panadol sirup anak 1-6 tahun dengan kandungan paracetamol. Panadol sirup bisa digunakan untuk meredakan demam dan nyeri sakit gigi secara efektif bagi anak-anak.

Obat yang dalam kemasan berupa botol plastik menggunakan childresistantcap dan dilengkapi pipet tetes ini terdapat rasa yang disukai anak.

Pemberian dosis yang disarankan untuk balita usia 2-3 tahun yakni 1 sendok takar 1.5 ml. Sedangkan 4-5 tahun sebanyak 1.5 sendok takar 5 ml.

3. Dari demam hingga sakit gigi, Proris sirup bisa jadi pilihan

3. Dari demam hingga sakit gigi, Proris sirup bisa jadi pilihan
iLOTTE

Kemungkinan besar, sakit gigi yang dialami anak-anak akan diikuti pembengkakan pada bagian gusi. Tak jarang, nafsu makannya pun berkurang.

Telah diketahui bahwa Proris adalah obat yang bermanfaat untuk menangani demam dan nyeri seperti sakit gigi pada anak-anak.

Proris memiliki komposisi berupa ibuprofen yang termasuk golongan OAINS atau NSAID (obat anti infamasi non-steriod) dengan aktivitas analgesik (meredakan nyeri) dan antipiretik (menurunkan demam).

Ketersediaan Proris di rumah dianggap bisa menjadi pertolongan pertama untuk menangani sang buah hati yang mengalami demam hingga gejala nyeri seperti sakit kepala atau sakit gigi.

Pemberian dosis untuk anak balita yaitu sekitar 5 mg/kg berat badannya sebanyak 3-4 kali sehari.

Namun, tetap saja orangtua harus memerhatikan aturan penggunaan obat Proris ibuprofen yang sesuai aturan pemakaian agar mendapatkan hasil maksimal.

4. Asam mefenamat yang mengurangi rasa nyeri tingkat ringan hingga sedang

4. Asam mefenamat mengurangi rasa nyeri tingkat ringan hingga sedang
BabyCenter

Biasanya, obat yang dianjurkan untuk sakit gigi adalah mengandung asam mefenamat untuk mengurangi rasa nyeri dan peradangan pada sakit gigi.

Asam mefenamat adalah obat golongan antiinflamasi nonsteroid (OAINS) yang berfungsi mengurangi rasa nyeri tingkat ringan hingga sedang, serta peradangan yang ditimbulkan oleh penyakit tertentu.  

Obat jenis ini bekerja dengan cara menghambat kerja zat siklo-oksigenase yang terlibat dalam produksi berbagai bahan kimia tubuh, salah satunya adalah prostaglandin. Sehingga rasa nyeri yang ditimbulkan oleh prostaglandin pun akan berkurang secara perlahan.

Biasanya asam mefenamat untuk sakit gigi tersedia dalam bentuk tablet dan sirup khusus buat anak-anak yang boleh diminum setelah makan.

5. Cataflam drops mengurangi peradangan karena sakit gigi

5. Cataflam drops mengurangi peradangan karena sakit gigi
rosheta.com

Rekomendasi obat pereda sakit gigi untuk anak selanjutnya yaitu Cataflam drops.

Di mana Cataflam tergolong ke dalam kelas obat NSAID dan mengandung kalium diklofenac 15 mg di setiap 1 ml berfungsi untuk mengurangi zat dalam tubuh penyebab peradangan maupun pembengkakan karena sakit gigi.

Obat jenis ini termasuk ke dalam kategori obat anti inflamasi non steroid. Dosisnya diberikan berdasarkan kondisi medis dan sebaiknya menggunakan resep dokter.

Cataflam punya 2 jenis, yaitu ada bentuk tablet yang khusus orang dewasa dan tetes (drops) untuk anak-anak.

Demikianlah 5 daftar obat sakit gigi yang aman untuk anak balita. Bila perlu, oleskan kompres dingin menggunakan handuk ke pipi luar anak di bagian yang sakit atau bengkak selama 15 menit.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.