Saat Anak Sakit Gigi, Hindari 5 Makanan yang Memperparah Kondisinya

Makanan manis dapat memicu sakit gigi bertambah parah

2 Februari 2020

Saat Anak Sakit Gigi, Hindari 5 Makanan Memperparah Kondisinya
Freepik/prostooleh

Sakit gigi memang sangat luar biasa. Untuk anak-anak, rasa sakit gigi yang terus-menerus dan berdenyut pastinya membuat ia tidak nyaman.

Di mana sakit gigi terjadi ketika erosi atau pembusukan menembus ruang pulpa gigi, yang berisi saraf serta pembuluh darah sangat kecil dan sangat sensitif.

Dikutip dari Kids Care Dental.com, jika anak menderita sakit gigi sebaiknya kumur air hangat biasa yang dicampur dengan satu sendok teh garam untuk membantu meringankan nyerinya.

Sementara 5 makanan dan minuman ini juga bisa memicu sakit gigi pada anak bertambah parah. Berikut Popmama.com sajikan informasi selengkapnya:

1. Makanan dan minuman dingin membuat gigi bertambah sakit

1. Makanan dan minuman dingin membuat gigi bertambah sakit
Freepik

Makanan seperti es krim tentu sangat tidak dianjurkan saat anak sedang sakit gigi. Jika ia makan dan minum minuman dingin, maka akan membuat giginya bertambah sakit.

Menurut Crest.com, kerusakan gigi atau penyakit gusi ialah kondisi gigi sangat peka terhadap dingin. Di mana saraf pada pulpa membuat gigi sensitif terhadap dingin ketika akar gigi menjadi terbuka, ini karena penyakit gusi atau gusi yang surut.

Jadi usahakan agar anak tidak menggigit makanan yang sangat dingin dan pastikan ia menggunakan sikat gigi dengan bulu lembut.

Editors' Picks

2. Makanan dan minuman panas memperburuk rasa nyeri

2. Makanan minuman panas memperburuk rasa nyeri
Freepik

Tentu sakit gigi tidak hanya menyakitkan, tetapi juga memengaruhi cara anak berbicara, makan dan minum.

Solusinya yakni dengan merawat gigi yang sakit dan mungkin anak juga harus mengikuti diet ketat pada makanan tertentu agar tidak memperburuk sakit giginya.

Dental Housemi.com menjelaskan, selain melakukan prosedur gigi di klinik dan obat-obatan sebenarnya ada beberapa cara untuk mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh sakit gigi. Salah satu caranya adalah makan dan tidak makan makanan tertentu.

Apabila anak mengonsumsi makanan atau minuman dalam keadaan panas, hal ini dapat memperburuk rasa nyeri.

Sebaiknya konsumsi makanan minuman dalam temperatur normal agar tidak bereaksi pada gigi yang bermasalah.

3. Makanan bertekstur keras dapat merusak gigi

3. Makanan bertekstur keras dapat merusak gigi
Freepik/prostooleh

Berbeda dengan orang dewasa, pemberian obat sakit gigi untuk anak-anak lebih membutuhkan perhatian khusus dan tidak boleh sembarangan.

Selain itu, sakit gigi yang dialami anak-anak di mana ia juga harus menghindari makanan yang teksturnya keras.

Mouth Healthy.org menerangkan, meski permen keras tampaknya tidak berbahaya tapi memakannya dapat merusak gigi. Bahkan permen keras juga membuat gigi berisiko penuh gula dan memicu keadaan darurat seperti gigi yang patah atau terkelupas.

Sebaliknya, ketika anak sakit gigi disarankan untuk mengonsumsi makanan yang lembut.

4. Makanan manis memicu gusi semakin bengkak

4. Makanan manis memicu gusi semakin bengkak
Freepik/jcomp

Tidak hanya penuh dengan gula yang dapat menyebabkan sakit gigi, tetapi makanan manis seperti karamel memiliki beberapa serangan terhadap gigi anak.

Di mana makan makanan yang sangat manis dan lengket dapat mempercepat pertumbuhan bakteri yang merusak lapisan gigi dan memicu gusi semakin bengkak.

Mypenn Dentist.org mengungkapkan, sensitivitas gigi menyebabkan gejala sakit ringan hingga berat. Menghilangkan banyak permen dan makanan penutup lainnya yang manis adalah sebagai tanda peringatan. Hal ini untuk menghindari mengembangkan kondisi gigi yang serius.

5. Makanan asam memicu sensitivitas dan rasa sakit gigi

5. Makanan asam memicu sensitivitas rasa sakit gigi
Freepik

Jika anak sakit gigi, orangtua mungkin akan segera mencari obat bebas untuk meredakan rasa sakitnya. Namun selain itu, sebaiknya jauhkan anak dari makanan yang berasa asam.

Dilansir dari Everyday Health.com, bahwa nanas, jeruk bali, lemon atau jeruk nipis adalah buah yang sangat asam dan dapat membuat gigi lebih sensitif. Bahkan memakan buah-buahan ini bisa memicu sensitivitas dan rasa sakit gigi.

Di mana kandungan asam buah-buahan membuat lapisan email menipis dan membuat gigi berlubang.  

Jadi orangtua tidak memberikan makanan dan minuman yang memiliki rasa asam untuk sementara waktu. Itulah kelima makanan serta minuman yang harus dihindari anak saat sakit gigi. Menyadari mereka sakit gigi, cobalah untuk mengompres pipinya dengan air dingin selama beberapa saat.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.