5 Karakter yang Dibutuhkan Si Kecil untuk Jadi Anak Unggul Indonesia

Mendidik mereka memang nggak bisa instan, Ma…

1 Maret 2019

5 Karakter Dibutuhkan Si Kecil Jadi Anak Unggul Indonesia
Shutterstock/ANURAK PONGPATIMET

Mama tentu ingin si Kecil menjadi bibit unggul di masa depan. Nggak hanya karena kecerdasan yang ia miliki tetapi juga bagaimana ia bisa tumbuh dengan kondisi emosional yang stabil. Nah, hal ini bukan tidak mungkin diwujudkan kok, Ma. Mama bisa mendorong dan mendidik si Kecil untuk menjadi anak unggul Indonesia salah satunya dengan membiarkannya bereksplorasi.

Untuk Mama ketahui nih, sebenarnya ada 5 karakter yang dipercaya dapat dikembangkan orangtua kepada anak-anak untuk menjadikan anak unggul selanjutnya dan dapat dikembangkan dengan bereksplorasi. Penasaran apa saja karakternya? Simak ulasannya yuk!

1. Berani

1. Berani
Shutterstock/Littlekidmoment

Karakter pertama yang perlu dikembangkan dalam diri si Kecil adalah berani. Dengan mengembangkan keberanian yang dimiliki si Kecil, Mama juga dapat mengembangkan potensi lain dalam diri si Kecil, seperti problem-solving, decision-making, dan keterampilan sosialnya. Salah satu caranya adalah dengan membiarkan si Kecil untuk mengeksplor lingkungan sekitarnya nih Ma, sehingga keberanian dan rasa percaya diri dapat terus terasah.

2. Cerdas

2. Cerdas
Shutterstock/BLUR LIFE 1975

Dengan membiarkan si Kecil mengeksplor dirinya, Mama juga bisa sekaligus bisa memberikan stimulus untuk perkembangan otaknya. Hal ini dikarenakan, semakin sering si Kecil dibiarkan berinteraksi dengan lingkungan di sekitarnya, ia akan terdorong untuk bertanya dan mencari tahu lebih. Nah, ini nih momen untuk mengembangkan pola pikir sekaligus kecerdasannya.

Editors' Picks

3. Kreatif

3. Kreatif
Shutterstock/Hung Chung Chih

Salah satu cara untuk mendorong kreativitas si Kecil adalah dengan membiarkannya bereksplorasi. Hal ini dikarenakan saat si Kecil mengeksplor lingkungan sekitarnya, ia akan terpapar dengan banyak stimulus dan situasi yang akan mendorong daya imajinasi dan kreativitasnya.

Nah, tapi jangan biarkan si Kecil bereksplorasi sendirian ya. Ratih Ibrahim Psikolog seorang psikolog anak mengungkapkan bahwa cara terbaik yang dapat dilakukan orangtua adalah ikut terlibat dalam proses eksplorasi dan lebih banyak mengatakan “iya boleh” kepada si Kecil.

“Jika para orangtua mendorong si Kecil untuk bereksplorasi secara tepat, sesuai dengan usia dan tahap perkembangannya, tentu ini akan membantu si Kecil untuk mengembangkan lima potensi karakter penting, yaitu Berani, Cerdas, Kreatif, Peduli, dan Pemimpin,” tambah Psikolog Ratih Ibrahim, S.Psi., MM.

4. Peduli

4. Peduli
Shutterstock/FamVeld

Semakin besar kesempatan bereksplorasi yang diberikan pada si Kecil, maka semakin besar juga peluang agar si Kecil punya rasa kepedulian yang tinggi. Hal ini bisa ia dapatkan lewat aktivitasnya bersama teman lain atau orang dewasa yang akan memberikannya pelajaran dalam berinteraksi, berbagi, mengenal dan memahami perasaan orang lain bahkan untuk tindakan sederhana seperti mengantre.

Nah, tentunya hal ini tidak bisa dilakukan si Kecil sendirian Ma dalam bereksplorasi. Tapi untung ada Mama yang selalu siap mendampinginya.

5. Pemimpin

5. Pemimpin
Shutterstock/Tom Wang

Terakhir, dengan membiarkan si Kecil bereksplorasi, Mama juga sekaligus memberikan stimulus untuk mengembangkan sikap disiplin dan kemandiriannya agar terus berkembang dengan baik. Jika si Kecil sudah terbiasa mengambil kontrol serta melatih kemampuan menentukan suatu keputusan untuk berbagai hal di sekitarnya, hasilnya, si Kecil akan tumbuh dengan jiiwa kepemimpinan yang tinggi.

Nah, sejalan dengan semangat memberikan kesempatan kepada anak untuk mengeksplorasi lingkungan sekitarnya, DANCOW Advanced Excelnutri+ baru saja meluncurkan gerakan ‘1 Juta Iya Boleh’ untuk mengajak lebih banyak orangtua di Indonesia untuk semakin sering mengatakan “iya boleh” sebagai bentuk dukungan terhadap eksplorasi dan sosialisasi si Kecil.

5 Karakter Dibutuhkan Si Kecil Jadi Anak Unggul Indonesia
Popmama/Dancow

Namun, perlu diingat juga nih, Ma, eksplorasi yang dilakukan si Kecil juga harus didampingi orangtuanya dengan perlindungan yang tepat. Karena bukan tidak mungkin si Kecil terpapar virus atau bakteri yang menurunkan kekebalannya. Apalagi saat si Kecil main di luar, ia memiliki resiko terpapar penyakit bahkan hingga tiga kali lipat dibandingkan anak yang bermain di rumah loh, Ma.

Berikan ia nutrisi perlindungan, seperti makanan yang mengandung Lactobacillus rhamnosus dan serat pangan inulin yang dibutuhkan si Kecil di masa eksplorasinya. Nggak hanya itu, DANCOW juga menyediakan DANCOW Parenting Center yang diawasi oleh para ahli sebagai wadah untuk memberikan panduan stimulasi sesuai usia si Kecil.

Jadi, sekarang nggak perlu khawatir lagi saat membiarkan si Kecil bereksplorasi kan, Ma? Yuk, kita siapkan anak unggul Indonesia mulai dari sekarang!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.