5 Hal Penting yang Orangtua Harus Lakukan dalam Mengasuh Anak

Yuk Ma mulai mengasuh anak dengan cara-cara ini

28 April 2021

5 Hal Penting Orangtua Harus Lakukan dalam Mengasuh Anak
Pexels/kamaji-ogino

Mengasuh anak dan membantu anak untuk menumbuhkan rasa empati, kasih sayang dan cara pandang adalah salah satu tantangan yang perlu orangtua lakukan sejak dini.

Namun terkadang, apa yang kita ajarkan ke anak dengan perilaku kita sendiri tidak sejalan. Anak kerap kali serba salah dalam berperilaku karena pesan yang orangtuanya ajarkan.

Untuk itu, ada beberapa hal penting yang bisa Mama lakukan dalam mengasuh anak menjadi pribadi yang baik.

Berikut Popmama.com telah merangkumnya.

1. Menjadi panutan yang positif

1. Menjadi panutan positif
Pexels/anna-shvets

Masa anak-anak adalah masa dimana seseorang banyak belajar dari sekitarnya. Sehingga orangtua perlu menjadi panutan dan pembimbing yang positif.

Untuk bisa membimbing anak menjadi pribadi yang baik. Penting bagi Mama untuk mengatasi permasalahan dalam diri sendiri terlebih dahulu, meminimalisir stress yang menghambat Mama untuk peduli kepada orang lain. Jika Mama mengalami masa-masa sulit lakukan konsultasi atau bercerita dengan orang yang Mama percayai.

Mulai kegiatan positif dan tampilkan perilaku tersebut di depan anak. Yaitu seperti, perilaku yang suka membantu orang lain, memperlakukan orang dengan baik, mengaku dan minta maaf jika melakukan sesuatu yang salah.

Editors' Picks

2. Berbicara terbuka kepada anak

2. Berbicara terbuka kepada anak
Pexels/ketut-subiyanto

Orangtua kerap meremehkan pentingnya berbicara dengan anak secara terbuka mengenai nilai moral dan nilai yang etis. Padahal, anak adalah pengamat yang tajam dan persepsi mereka dipengaruhi oleh nilai yang diterima dari orang dewasa di kehidupan mereka.

Untuk bisa membentuk cara komunikasi anak dengan baik. Mama bisa mulai dengan berbicara pada anak mengenai, contoh hubungan yang sehat antar manusia, cara mengungkapkan rasa syukur, memberikan penghargaan atas hal baik yang terjadi, memberikan apresiasi atas upaya dan prestasi anak, memberikan anak kesempatan untuk belajar dan mendiskusikan sifat dan perilaku yang etis dan tidak etis.

3. Prioritaskan peduli pada orang lain

3. Prioritaskan peduli orang lain
Pexels/pixabay

Mengajarkan anak bahwa kepedulian sama pentingnya dengan kebahagiaan diri sendiri merupakan bekal untuk anak dalam menghadapi dunia luar.

Membentuk anak menjadi orang yang peduli membuat perilaku anak kedepannya akan menunjukan welas asih, rasa hormat, jujur dan berani untuk bertindak dan membela keadilan.

Anak diharapkan dapat terhindar dari perilaku buruk dengan teman sebayanya, tidak pengertian, egois, kejam dan bahkan melakukan penindasan.

4. Mengajarkan bagaimana mengatur perasaan pada anak

4. Mengajarkan bagaimana mengatur perasaan anak
Pexels/elly-fairytale

Perasaan negatif seperti amarah, rasa malu, iri hati pasti dirasakan semua manusia. Diantara perasaan negataif ada yang wajar jika merasakannya namun ada juga yang perlu dibuang jauh-jauh.

Mengajarkan anak untuk mengelola perasaan mereka akan membuat pengendalian diri mereka berkembang, Ma. Sehingga rasa peduli dan empati pada orang lain akan dirasakan secara tulus di dalam hati mereka.

5. Sediakan cara mempraktikkan kebaikan

5. Sediakan cara mempraktikkan kebaikan
Pexels/kamaji-ogino

Anak perlu untuk berlatih merawat orang lain dan mengungkapkan rasa syukur untuk menghargai hidup mereka.

Orang yang sering mengungkapkan rasa syukur cenderung suka membantu, murah hati, penyayang dan pemaaf. Anak juga akan cenderung bahagia dan sehat.

Benih empat, kepedulian dan kasih sayang memang telah hadir sejak awal kehidupan, tetapi untuk menjadi orang yang benar-benar peduli dan etis, anak-anak memerlukan orangtua untuk membantu mereka memelihara benih tersebut di setiap tahap kehidupan mereka.

Itulah informasi mengenai hal penting yang orangtua harus lakukan dalam mengasuh anak. Semoga informasi di atas dapat membantu Mama membesarkan si Kecil menjadi pribadi yang baik ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.