5 Kegiatan Berkualitas Bersama si Kecil Sebelum Tidur

Mari menutup hari dengan cara yang menyenangkan

29 Oktober 2020

5 Kegiatan Berkualitas Bersama si Kecil Sebelum Tidur
Freepik

Waktu tidur sangatlah penting bagi anak dan orangtua. Jangan hanya menyuruhnya tidur dan meninggalkannya begitu saja.

Ada banyak kegiatan berkualitas yang bisa meningkatkan bonding antar Mama dan si Kecil saat sebelum tidur. 

Bagi orangtua, mengajak anak tidur tepat waktu agar tidak terlalu larut sangatlah penting. Sementara itu, si Kecil hanya ingin bermain meski sudah larut dan sudah mengantuk. 

Daripada memaksanya tidur, atau meninggalkannya begitu saja, lebih baik lakukan beberapa kegiatan bermanfaat yang bisa meningkatkan bonding. 

Disusun Popmama.com, ini 5 kegiatan bersama anak sebelum tidur yang bisa Mama lakukan.

1. Membacakan buku

1. Membacakan buku
Pexels/cottonbro

Banyak orangtua yang menjadikan sesi baca buku sebelum tidur sebagai kebiasaan harian. Memang benar, membacakan buku sebelum tidur memiliki banyak manfaat.

Membacakan buku sebelum tidur bisa meningkatkan koleksi kosakata yang terekam di otak si Kecil. Penting sekali, kan?

Selain itu, membacakan buku sebelum tidur juga meningkatkan kedekatan fisik dan emosional.

Si Kecil akan meminta dipeluk sambil dibacakan. Mama dan buah hati akan merasa lebih dekat dengan menghabiskan waktu berkualitas seperti ini. 

Ia juga bisa tidur lebih tenang karena bisa menutup harinya dengan kegiatan yang menyenangkan.

Editors' Picks

2. Membuat dongeng bebas

2. Membuat dongeng bebas
Freepik/tirachardz

Selain membaca buku, ada hal lain yang tak kalah seru yaitu membuat dongeng bebas. Biasanya hal ini dilakukan saat lampu kamar sudah dimatikan. 

Menurut Sarah McGeown, dosen psikologi perkembangan di Universitas Edinburgh, bercerita dengan anak membuat si Kecil mampu berpikir kreatif. 

Mengajaknya membuat dongeng memancing ide dan kreativitasnya. Ia akan berpikir siapa saja yang ada dalam cerita tersebut, bagaimana ceritanya akan berjalan, serta, detil seperti apa yang akan dikisahkannya. 

Mama bisa menambahkan cerita agar lebih seru. Selain mengasah otak si Kecil, kegiatan ini akan menjadi kenangan indah semasa kecil yang akan tersimpan di memorinya. 

3. Mengulang kegiatan selama sehari

3. Mengulang kegiatan selama sehari
fitlife.tv

Selingan yang bisa Mama lakukan selain membuat cerita atau membaca buku adalah mengulang kegiatan yang telah dilakukannya selama sehari ini. 

Hal ini juga bisa membantu menguatkan ingatan si Kecil. Anak-anak memiliki tingkat ingatan yang tinggi. Tinggal bagaimana Mama mengasahnya. 

Salah satu cara menyenangkan yang bisa dilakukan adalah mengajaknya mengingat lagi apa saja yang telah dilakukannya. Bisa dimulai dari pagi, atau diputar jadi berawal dari kegiatan paling terakhir, sampai kegiatan paling awal. 

Mama bisa membantunya mengingatkan detil jika ia lupa. Mama juga bisa menanyakan mana saja yang menyenangkan bagi si Kecil.

Jika dibiasakan, ia akan memiliki kemampuan mengingat yang lebih tajam dibanding anak yang tidak diasah. Penting untuk perkembangannya nanti di dunia sekolah, Ma!

4. Bersyukur atas kebahagiaan di hari tersebut

4. Bersyukur atas kebahagiaan hari tersebut
Freepik/freepic.diller

Mengajarkan anak bersyukur mengenai apa yang telah didapatkannya juga tak kalah penting. Mama bisa mengajaknya mengingat apa saja kebahagiaan yang didapatkannya pada hari itu. 

Misal hari itu ia mendapat hadiah dari sang Papa, atau Kakek dan Neneknya, maka itu bisa dijadikan contoh.

Mengucap syukur pada Tuhan juga bisa mendekatkan mereka dengan Sang Pencipta tanpa ia sadari. 

Kenalkan kalimat-kalimat bersyukur. Juga, kenalkan dengan aneka kebahagiaan sederhana.

Mama bisa mengajaknya bersyukur jika hari itu ia bisa mendapat camilan enak, atau bisa bermain senang bersama teman-teman. 

Jika dibiasakan, ia akan tumbuh jadi anak yang mudah bersyukur dan tidak mudah serakah.

5. Berdoa bersama

5. Berdoa bersama
crosswalk.com

Hal terakhir yang tak kalah penting dilakukan adalah berdoa bersama. Setiap orangtua pasti mengajarkan doa sebelum tidur.

Ajak si Kecil melafalkan dan menghafalkan doa sebelum tidur, lengkap dengan artinya. 

Beri tahu juga mengenai alasan mengapa si Kecil harus berdoa sebelum tidur. Dengan begitu, ia bisa melakukannya dengan lebih semangat. 

Selesai berdoa, biasanya hati akan terasa lebih tenang dan Mama pun bisa menemaninya tidur dengan lebih nyaman, tanpa marah atau kesal karena si Kecil belum kunjung tidur juga. 

Memberikan pengalaman baik dan menyenangkan sebelum ia tidur sangatlah penting bagi anak. Jika ia tidur dengan perasaan kesal dan sedih, maka akan terbawa sampai ke alam bawah sadarnya. 

Maka dari itu, pilihlah kegiatan berkualitas yang bisa dilakukan bersama si Kecil sebelum ia tidur, agar alam bawah sadarnya tetap membawa hal yang menyenangkan saja. 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.