Selain Nonton TV, Ini 8 Kegiatan Seru untuk Balita

Bebas dari rasa bosan meski tak nonton televisi

12 Januari 2020

Selain Nonton TV, Ini 8 Kegiatan Seru Balita
Freepik

Hampir setiap anak akan langsung diam dan tenang saat tayangan favoritnya diputar di TV. Memberikan screen time pada anak tak ada salahnya, tapi jika terlalu lama, bisa berefek buruk pada mereka. 

Bagi anak-anak, segala kegiatan pada dasarnya menyenangkan. Tinggal bagaimana Mama mengemasnya agar mereka tertarik dan mau terlibat dalam kegiatan tersebut. 

Untuk anak balita, ada sederet kegiatan asyik dan seru untuk dilakukan selain nonton TV. Disusun Popmama.com, inilah aneka kegiatannya. 

1. Masak bersama

1. Masak bersama
Freepik/prostooleh

Adakah Mama yang suka menyalakan TV untuk si Kecil saat Mama harus masak? Maka, cobalah hal baru. 

Ajak si Kecil masak bersama. Tak perlu memberikan tugas yang sulit. Cukup minta si Kecil memasukkan sayur yang telah dipotong ke wadah masing-masing. 

Bisa juga, menyuruhnya membuka bawang. Ini sangat bagus untuk perkembangan motorik halus dan fokus konsentrasinya, Ma. 

Selain itu, sesi masak bersama juga bisa membuat anak merasa terlibat dan dihargai oleh Mama. Melakukan kegiatan bersama seperti ini juga bisa meningkatkan bonding antara Mama dan si Kecil. 

2. Membersihkan mainannya 

2. Membersihkan mainannya 
bobvila.com

Percaya tak percaya, salah satu cara terbaik membuatnya sibuk selama berjam-jam adalah saat mereka disuruh membersihkan mainannya. 

Bariskan mainan mereka yang sekiranya butuh dibersihkan. Beberapa contohnya adalah sepeda, skuter, LEGO, dan mainan yang anti air lainnya. 

Berikan sabun yang aman untuk anak dan spons bersih. Biarkan ia membersihkan mainannya sampai bersih. 

Mereka akan merasa seperti sedang main air dan sabun. Sembari bermain, mainan mereka bisa sekaligus bersih dan si Kecil pun tak lagi mencari televisi.

3. Bermain air

3. Bermain air
Pxhere

Setiap anak akan luluh saat dihadapkan dengan air. Mereka bisa menghabiskan waktu berjam-jam saat bermain dengan air. 

Jika punya kolam plastik, Mama bisa membuka kolam itu dan mengisinya dengan mainan favorit mereka seperti balon atau bola. Biarkan mereka main di air sampai puas. 

Jika tak ada kolam, memberikannya bak atau ember berisi air juga sudah cukup. Mereka akan sangat bahagia bisa bermain air.

Editors' Picks

4. Mengecat 

4. Mengecat 
Freepik

Anak balita juga senang dengan kegiatan mengecat. Mama bisa memberikan cat air atau pewarna makanan pada si Kecil dan biarkan ia mengecat sesuai keinginannya. 

Tak melulu mengecat di kertas. Mereka juga bisa mengecat daun kering atau batu. Lebih seru!

5. Mencuci mobil bersama 

5. Mencuci mobil bersama 
Femalefirst.co.uk

Saat akhir pekan, si Kecil bisa mencuci mobil bersama Papa. Daripada nonton TV, lebih baik lakukan kegiatan seru sembari quality time bersama sang Papa. 

Selagi si Kecil main air bersama Papa, Mama jadi bisa melakukan hal lain. Me time contohnya.

6. Berkebun

6. Berkebun
angelibebe.com

Pada umur balita, anak akan senang jika dilibatkan dalam kegiatan sehari-hari. Salah satu kegiatan yang pasti disukainya adalah berkebun. 

Mama bisa meminta tolong pada si Kecil untuk menyiram tanaman setiap pagi dan sore. Selain bisa menjauhkannya dari televisi, kegiatan ini juga bisa menumbuhkan rasa sayang pada tanaman. 

7. Bermain pasir

7. Bermain pasir
freepik.com/kbza

Selain bermain air, anak balita juga suka sekali bermain pasir. Berikan wadah berisi pasir dan beberapa cetakan. Tak lupa sekop dan sendok untuk perlengkapan bermain. 

Tempatkan ia di area yang terisolasi seperti bak besar, atau di garasi dengan area yang dibatasi. Dengan begitu, Mama tak perlu repot saat membereskan bekas pasirnya. 

Jangan heran jika mereka bisa anteng selama lebih dari satu jam ya, Ma, karena bermain pasir memang seru sekali bagi anak balita. 

8. Bermain playdough

8. Bermain playdough
diynetwork.com

Yang terakhir adalah bermain playdough. Anak balita senang dengan tekstur dan warna playdough. Apalagi jika mereka diberikan cetakan untuk bermain, bisa lebih lama lagi rentang konsentrasinya.

Bermain playdough bisa mengasah sensori dan motorik mereka. Selain bebas dari TV, si Kecil bisa sekalian belajar warna dan mengenal tekstur. Asyik, kan?

Itulah beberapa kegiatan yang bisa dilakukan anak balita saat mereka tak boleh nonton TV. Mama takkan mati gaya lagi!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.