Pekerjaan Rumah yang Bisa Dilakukan Anak Umur 5 Tahun

Coba beri jenis pekerjaan rumah ini, Ma

9 Juni 2019

Pekerjaan Rumah Bisa Dilakukan Anak Umur 5 Tahun
Freepik

Banyak manfaat yang bisa didapat saat memberikan tugas pekerjaan rumah kepada anak. Selain bisa memberikan peran pada mereka, juga bisa meningkatkan kemampuan motorik dan sosialnya. 

Meski terlihat seperti membantu, mereka lebih menganggap ini sebagai permainan yang menyenangkan. Asal pekerjaannya sesuai dengan umur, maka itu bisa memberikan banyak efek positif.

Disusun Popmama.com, inilah aneka pekerjaan yang bisa dilakukan anak berumur 5 tahun:

1. Memberi makan hewan peliharaan

1. Memberi makan hewan peliharaan
Pexels/Anastasiya Gepp


Hewan peliharaan merupakan salah satu anggota keluarga yang penting. Menugaskan anak berumur 5 tahun untuk memberi makan peliharaannya bisa jadi tanggung jawab yang besar baginya.

Ia akan merasa bangga dengan kemampuannya. Di sisi lain, kegiatan ini sudah cocok untuk anak umur 5 tahun. Tidak terlalu sulit, juga tidak terlalu mudah.

2. Membereskan kasur

2. Membereskan kasur
familyeducation.com
Pekerjaan rumah untuk anak 6-8 tahun

Sedari kecil, pastikan untuk mengajari anak bertanggung jawab. Termasuk bertanggung jawab membereskan tempat tidurnya. Anak berumur 5 tahun sudah bisa menarik ujung-ujung seprai. 

Kegiatan ini bisa dilakukan setiap pagi. Meski awalnya tidak akan langsung rapi, namun dengan seiring berjalannya waktu ia akan lebih terlatih dan jadi jauh makin rapi. 

3. Membersihkan jendela

3. Membersihkan jendela
Freepik

Saat memiliki anak berumur 5 tahun, jangan lupa untuk mengajaknya untuk membereskan rumah. Ia takkan merasa disuruh-suruh, malah ia akan bersemangat karena dianggap mampu.

Mama bisa memberikan tugas membersihkan yang ringan. Beberapa di antaranya adalah membersihkan jendela, mengelap meja, dan sejenisnya. 

Hal ini tak hanya bisa mengenalkan aneka tugas di rumah, namun juga mampu mengajarkan anak untuk berkontribusi dalam pekerjaan rumah. Sehingga di masa depan, ia bisa langsung mengerjakan yang ia bisa tanpa disuruh.

Editors' Picks

4. Mengosongkan tempat sampah

4. Mengosongkan tempat sampah
Freepik

Jika ada beberapa tempat sampah di rumah, mintalah si Kecil untuk mengosongkan tempat sampah yang isinya sampah kering. Seperti sampah kertas dan plastik. 

Pekerjaan ini cocok dilakukan anak berumur 5 tahun. Mereka akan mengenali kegiatan mengumpulkan sampah dari dalam rumah dan membawanya ke luar rumah. 

5. Membereskan tempat makan

5. Membereskan tempat makan
Freepik/Bearfotos

Saat mencuci piring, ajaklah si Kecil untuk berpartisipasi. Tak perlu menaruh barang pecah belah ke rak, cukup memintanya untuk menyusun sendok dan garpu ke tempatnya. 

Selain untuk membuat ia sibuk, kegiatan ini mampu mengenalkan ia untuk belajar mengembalikan barang ke tempatnya setelah menggunakan. 

6. Membuat camilan

6. Membuat camilan
www.etapainfantil.com

Anak berumur 5 tahun sering meminta camilan. Tak ada salahnya menyuruhnya untuk membuat camilan yang sederhana. Hal ini bisa berguna untuk meningkatkan bonding antara Mama dan si Kecil.

Beberapa camilan yang bisa dibuat seperti membuat sereal sendiri, membuat roti lapis, dan sejenisnya. Hal penting yang bisa didapat saat mempercayakan mereka melakukan tugas ini adalah bagian membereskannya. 

Mereka jadi sadar bahwa ada kegiatan membereskan yang harus dilakukan saat melakukan sesuatu, termasuk membuat makanan. Selain itu, memberikan kepercayaan pada mereka untuk membuat camilan sendiri mampu meningkatkan kepercayaan diri dan kontrol terhadap diri mereka sendiri. 

Jangan ragu meminta bantuan pada si Kecil ya, Ma!

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;