7 Aplikasi Android yang Melatih Anak Menggambar dan Mewarnai

Anak bisa belajar menggambar atau mewarnai kapanpun dan dimanapun

12 Oktober 2021

7 Aplikasi Android Melatih Anak Menggambar Mewarnai
Freepik/Jes2ufoto

Sejak kecil anak seringkali diperkenalkan dengan kegiatan menggambar atau mewarnai, tak jarang orangtua membelikan peralatan menggambar berupa buku gambar, krayon, pensil warna, cat, dan lain-lain untuk mengajarkan si Kecil menggambar.

Berkat kemajuan teknologi, anak sekarang dapat menggambar dan mewarnai langsung di layar ponsel Androidnya. Anak juga dapat mengeluarkan kreativitas di dalamnya kapanpun dan dimanapun, dengan banyak sekali aplikasi menggambar yang tersedia.

Agar memudahkan Mama memilih aplikasi menggambar atau mewarnai untuk anak, Popmama.com telah menyusun daftar aplikasi menggambar untuk anak di Android. Jadi, jika Mama ingin mengasah keterampilan anak sejak dini, pastikan untuk membaca dan melihat aplikasi di bawah ini.

123 Draw

123 Draw
Nerdschalk.com

Belajar menghitung mungkin jadi pelajaran yang membosankan bagi balita, namun aplikasi 123 Draw dapat membantu anak mengenal angka dan menambakan warna-warna pada angka. Aplikasi yang satu ini membantu anak untuk mempelajari angka dan juga menggambar binatang.

Selain itu, dalam aplikasi 123 Draw juga menyertakan suara anak kecil yang berfungsi untuk membimbing anak saat belajar angka.

Aplikasi ini juga memiliki permainan berhitung yang membantu anak dari segala usia menciptakan dan menemukan cara kreatif dalam seni visual, serta mengajarkan si Kecil berhitung matematika dengan cara yang menyenangkan menggunakan angka-angka berwarna.

ABC Draw

ABC Draw
Play.google.com

Untuk Mama yang mencari aplikasi menggambar yang juga menyertakan permainan alfabet, aplikasi ABC Draw mungkin merupakan pilihan yang tepat.

Selain mengajarkan anak tentang alfabet dengan cara yang menyenangkan, aplikasi ini juga membantu mengembangkan keterampilan motorik halus anak dan keterampilan menggambarnya.

Kemudian, aplikasi ini juga mengemas permainan prasekolah untuk anak-anak berusia 3 tahun, serta penggabungan dari permainan menggambar dan pengenalan alfabet untuk anak balita, sehingga si Kecil tidak hanya belajar menggambar objek tetapi juga belajar mengenal huruf.

Editors' Picks

Coloring and Drawing for Kids

Coloring and Drawing for Kids
Apkpure.com

Selanjutnya adalah aplikasi Coloring and Drawing for Kids. Aplikasi ini memiliki perbedaan yang cukup untuk dibandingkan aplikasi menggambar lainnya. Perbedaan antara aplikasi ini adalah jumlah halaman mewarnai dan bagaimana alat ditampilkan.

Ada lebih dari 120 halaman mewarnai yang berbeda, bersama dengan delapan paket tema yang berbeda untuk mengajak anak bersenang-senang selama mewarnai.

Sedangkan untuk palet alat, si Kecil dapat menemukan bahwa aplikasi ini memiliki ikon besar dan menampilkan banyak alat gambar untuk membiarkan imajinasi anak menjadi lebih terlatih dan berkembang.

Coloring Book - Kids Paint

Coloring Book - Kids Paint
Play.google.com

Menggambar tidak hanya tentang membuat sketsa garis, ini juga melibatkan seni dalam memberi warna pada karya. Dengan hadirnya aplikasi Coloring Book - Kids Paint, anak dapat mempelajari beberapa teknik mewarnai sederhana.

Buku mewarnai digital yang tersedia untuk diunduh dari Google Play, mencakup lebih dari 130 gambar untuk mewarnai dengan menggunakan konten pendidikan untuk anak-anak dari segala usia dan jenis kelamin. Aplikasi ini juga mengajari anak tentang penggunaan berbagai macam alat mewarnai.

Selain itu, Coloring Book – Kids Paint ini juga menyertakan Decoration Mode atau mode dekorasi, yang memungkinkan si Kecil menambahkan stiker dan latar belakang pada karya seninya. Beberapa koleksi gambar seperti hewan, putri, Halloween, mainan, sirkus, tersedia pada aplikasi ini.

Kids Doodle

Kids Doodle
Sensortower.com

Salah satu aplikasi mewarnai di Android yang paling menarik untuk anak adalah Kids Doodle. Aplikasi satu ini memiliki sekitar 24 jenis kuas mewarnai yang memungkinkan anak menggambar imajinasinya dengan pilihan kuas seperti neon, cahaya, kembang api, krayon, dll.

Aplikasi ini memberikan kanvas kosong berwarna hitam yang membuat anak menjadi lebih leluasa dalam menggambar imajinasinya. Namun, sayangnya aplikasi ini memiliki banyak iklan yang terkadang dapat mengganggu anak saat menggambar.

Tetapi secara keseluruhan, Kids Doodle dapat menjadi solusi untuk anak belajar menggambar dimana saja dan kapan saja.

Simple Line Drawing for Kids

Simple Line Drawing for Kids
Play.google.com

Ketika anak sedang belajar menggambar, anak seringkali bingung harus mulai menggambar dari mana. Aplikasi bernama Simple Line Drawing for Kids ini dapat membantu Mama dan anak untuk belajar menggambar.

Aplikasi ini dirancang untuk mengajarkan anak cara menggambar sesuatu dengan garis sederhana serta panduan langkah demi langkah. Selain itu, aplikasi ini juga mengelompokan gambar dalam kategori dan kesulitan yang berbeda.

Anak bisa bisa memilih untuk belajar menggambar berbeda sesuai kebutuhan dan minatnya. Setelah menggambar, anak bisa bersenang-senang dengan mewarnainya.

Slate for Kids Paint & Color

Slate for Kids Paint & Color
Amazon.com

Seperti namanya, aplikasi Slate for Kids Paint & Color ini memberi anak papan tulis kosong untuk dicoret-coret. Ada papan tulis putih dan hitam untuk dipilih, dan anak tidak perlu khawatir karena ada banyak pilihan warna kapur yang tersedia.

Slate for Kids Paint & Color, memungkinkan balita untuk menikmati cara melukis, mewarnai, menggambar, mencoret-coret, menggambar kartun, mempelajari huruf, belajar angka, mengisi bentuk, dan lain-lain, dengan tampilan yang mudah di mengerti.

Nah itu dia 7 aplikasi menggambar dan mewarnai untuk anak di Android yang bisa Mama coba unduh di smartphone Android untuk mengajarkan anak tentang menggambar serta mengenalkan hal-hal baru padanya.

Memberi si Kecil pemahaman tentang cara bekerja dengan pensil sejak dini, dapat membuat imajinasi anak semakin berkembang dan ia dapat melatihnya sebanyak yang ia inginkan. Semoga informasinya bermanfaat, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.