Bernuansa Islami, Inspirasi Nama dari Ketiga Anak Perempuan Bung Hatta

Memiliki makna yang indah dan bernuansa Islami

27 Agustus 2020

Bernuansa Islami, Inspirasi Nama dari Ketiga Anak Perempuan Bung Hatta
Instagram.com/Halidahatta

Menemukan nama anak yang sesuai, tentunya perlu pertimbangan yang matang kan, Ma? Mencari inspirasi untuk nama anak juga tidak boleh sembarangan, karena nama merupakan doa dan harapan bagi kehidupan anak kelak.

Mama juga dapat terinspirasi dari ketiga anak perempuan Wakil Presiden Republik Indonesia Pertama, yaitu Mohammad Hatta. Beliau sangat berjasa dalam mewujudkan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Ketiga putrinya, punya nama yang indah, bernuansa Islami, dan menyimpan makna mendalam yang bisa menjadi inspirasi Mama.

Kali ini Popmama.com akan membahas tentang nama dan arti lengkap ketiga putri Wakil Presiden Republik Indonesia, yuk simak di bawah ini!

Editors' Picks

1. Meutia Farida Hatta

1. Meutia Farida Hatta
Instagram.com/Meutiahatta

Putri sulung Bung Hatta dan istrinya, Siti Rahmiati, bernama Meutia Farida Hatta. Perempuan kelahiran Yogyakarta 73 tahun silam ini, pernah menjabat sebagai Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan Republik Indonesia pada periode 2004-2009.

Nama “Meutia” berasal dari kata ‘mutiara’ yang bermakna keindahan. Sementara “Farida” dalam bahasa Arab, memiliki makna berharga atau sempurna. Dan ditutup dengan nama belakang sang Papa, yaitu “Hatta”.

Jika digabungkan, arti nama Meutia Farida Hatta adalah keindahan yang sempurna.

2. Gemala Rabi’ah Hatta

2. Gemala Rabi’ah Hatta
Satupena.id

Berselang lima tahun dari kelahiran anak sulungnya, Bung Hatta kembali dikaruniai anak perempuan yang diberi nama Gemala Rabi’ah Hatta.

Nama “Gemala” kemungkinan berasal dari kata ‘gema’ yang berarti bunyi, dan ‘kemala’ yang bermakna kesempurnaan. Sedangkan “Rabi’ah” berasal dari kata ‘rabiul’ yang dalam bahasa Arab bermakna subur atau kesuburan.

Sama seperti sang kakak, nama belakang sang Papa “Hatta” juga disematkan. Sehingga, jika digabungkan arti nama Gemala Rabi’ah Hatta adalah bunyi dan kesuburan yang sempurna.

3. Halida Nuriah Hatta

3. Halida Nuriah Hatta
Instagram.com/Halidahatta

Putri bungsu Bung Hatta dan Siti Rahmiati, diberi nama Halida Nuriah Hatta. Seperti kedua kakaknya, nama Halida juga ditutup dengan nama belakang sang Papa, yaitu “Hatta”.

Nama “Halida” diambil dari kata ‘khalid’ yang dalam bahasa Arab berarti kekal atau abadi. Sementara, “Nuriah” berasal dari kata ‘nur’ yang juga diambil dari bahasa Arab, yang bermakna cahaya.

Jika digabungkan, arti dibalik nama putri bungsu Bung Hatta adalah cahaya yang abadi.

Nah tadi nama lengkap beserta arti ketiga putri Bung Hatt. Semua namanya memiliki makna yang indah dan mendalam, bukan Ma?

Nama tersebut bisa menjadi inspirasi jika Mama sedang memilih nama bayi. Semoga bermanfaat ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.