Kenali 6 Manfaat Omega 3 untuk Masa Tumbuh Kembang Anak

Menguatkan fungsi otak dan meningkatkan sistem imun tubuh anak

25 September 2020

Kenali 6 Manfaat Omega 3 Masa Tumbuh Kembang Anak
Freepik/Julijadm

Mama pasti sudah tidak asing dengan kandungan Omega 3, bukan? Manfaat omega 3 memang dikenal sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak, sehingga kandungan tersebut juga sudah banyak digunakan dalam berbagai olahan makanan dan vitamin karena kaya manfaat.

Omega 3 merpakan salah satu jenis asam lemak yang hanya bisa didapatkan melalui asupan makanan, karena tubuh tidak dapat memproduksinya. Sumber makanan yang kaya akan Omega 3 adalah ikan berlemak, seperti salmon, herring, tenggiri, tuna, makarel, serta telur.

Makanan lainnya yang mengandung omega 3 adalah minyak dari kacang kenari, alpukat, canola, kacang kedelai, bayam, dan wanut. Lalu apa saja manfaat Omega 3 untuk tumbuh kembang anak?

Berikut ini Popmama.com telah merangkumnya di bawah ini, yuk simak informasinya Ma!

1. Dapat meningkatkan kecerdasan dan menguatkan fungsi otak anak agar lebih mudah konsentrasi

1. Dapat meningkatkan kecerdasan menguatkan fungsi otak anak agar lebih mudah konsentrasi
Freepik/Racool_studio

Manfaat Omega 3 yang sangat penting bagi anak adalah mampu meningkatkan kecerdasan dan menguatkan fungsi otak anak. Sehingga si Kecil lebih mudah berkonsentrasi dan tentunya berdampak pada tingkat kecerdasannya.

Hal ini juga telah dibuktikan oleh penelitian yang dilakukan oleh Oxford University. Dari penelitian tersebut didapatkan hasil bahwa anak yagn mendapatkan cukup asupan Omega 3, cenderung lebih fokus sehingga lebih mudah menyerap pelajaran, anak juga akan berprestasi di sekolah.

2. Meningkatkan sistem imun anak dan mencegah berbagai penyakit

2. Meningkatkan sistem imun anak mencegah berbagai penyakit
Freepik/Diana.grytsku

Selain itu, manfaat Omega 3 adalah mencegah anak dari berbagai penyakit. Saat anak sedang sakit, Mama bisa memberikan makanan yang kaya akan kandungan lemak Omega 3, karena dapat meningkatkan sistem imunitas tubuhnya agar anak cepat pulih.

Omega 3 juga dapat meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL. Kadar tekanan darahpembentukan plak di pembuluh darah, serta trigliserida yang merupakan salah satu jenis lemak yang banyak ditemukan di dalam darah pun dapat berkurang.

Hal ini pun dapat menghindarkan anak dari risiko penyakit jantung dan hipertensi saat ia dewasa.

Editors' Picks

3. Membantu menyeimbangkan koordinasi tangan dan mata anak

3. Membantu menyeimbangkan koordinasi tangan mata anak
Freepik/Maria-sbytova

Saat masa-masa pertumbuhan anak akan membutuhkan keseimbangan antara koordinasi antara mata dan tangan, terlebih saat nantinya sudah memasuki usia sekolah ketika anak mulai mengerjakan tugas dan mencatat pelajaran di sekolah.

Seorang peneliti bernama Profesor Paul Montgomery dari Oxford University telah membutikan bahwa, Omega 3 dapat membantu menyeimbangkan koordinasi tangan dan mata anak.

Anak-anak yang mengonsumsi makanan yang kaya kandungan Omega 3 secara rutin, cenderung lebih mudah dalam menyeimbangkan pergerakan tangan dan mata mereka.

4. Cenderung memiliki kemampuan membaca yang lebih baik untuk menyerap informasi

4. Cenderung memiliki kemampuan membaca lebih baik menyerap informasi
Freepik/prostooleh

Masih menurut penelitian Profesor Paul Montgomery, ia mengatakan bahwa anak-anak yang darahnya memiliki kandungan Omega 3 tinggi, cenderung memiliki kemampuan membaca yang lebik baik.

Apabila kemampuan membacanya baik, maka anak juga akan lebih mudah untuk menyerap pelajaran serta mendapatkan wawasan yang luas. Selain itu, anak juga dapat bersikap lebih baik di sekolah.

5. Selain menjaga kesehatan fisik, Omega 3 juga dapat menjaga kesehatan mental anak

5. Selain menjaga kesehatan fisik, Omega 3 juga dapat menjaga kesehatan mental anak
Freepik/prostooleh

Bagi orang dewasa, minyak ikan yang mengandung Omega 3 tinggi sering digunakan sebagai obat depresi. Menurut para ahlu hal ini juga dapat diterapkan pada anak-anak.

Tak hanya baik untuk kesehatan fisik anak, Omega 3 juga baik untuk kesehatan mental anak. Hal ini juga telah dibuktikan oleh banyak penelitian, mengonsumsi Omega 3 secara rutin dapat menurunkan risiko beberapa penyakit mental pada anak usia 6-12 tahun, seperti bipolar, skizofrenia, dan depresi.

6. Membantu anak untuk mencegah kegemukan dan mengendalikan berat badan

6. Membantu anak mencegah kegemukan mengendalikan berat badan
Freepik/Vgstockstudio

Tak kalah penting, Omega 3 juga dapat membantu anak mencegah kegemukan. Mama pun tidak perlu khawatir jika sering memberikan anak makanan sumber Omega 3, karena makanan tersebut tidak akan membuat anak gemuk.

Sebaliknya, asam lemak Omega 3 justru dapat mengendalikan berat badan dan mengecilkan lingkar pinggang. Anak pun dapat terhindar dari risiko kegemukan sejak kecil hingga dewasa jika dikonsumsi secara rutin.

Karena banyaknya manfaat Omega 3 tersebut, WHO pun menganjurkan anak untuk makan ikan sebanyak dua porsi perminggunya. Mama juga bisa memberikan variasi menu dengan sumber makanan lainnya. Semoga informasinya bermanfaat ya Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.