10 Origami Dekorasi Natal yang Dapat Mama Coba dengan Anak

Membuat suasana rumah menjadi lebih meriah dengan dekorasi ini

30 November 2020

10 Origami Dekorasi Natal Dapat Mama Coba Anak
Freepik

Menjelang perayaan Natal pada bulan Desember nanti, rasanya kurang jika tidak mendekorasi rumah dengan ornamen-ornamen natal yang identik dengan warna merah dan hijau. Agar dekorasi rumah menjadi lebih istimewa, Mama dan anak bisa coba membuat sendiri ornamennya lho!

Cobalah untuk membuat beberapa origami dekorasi Natal ini. Harganya yang terjangkau dan mudah untuk dibuat, akan membuat Mama dan anak menikmati pembuatan dekorasi pohon Natal. Anak juga dapat belajar satu atau dua hal selama proses pembuatannya.

Mulai dari pohon Natal mini, bintang harapan, karangan bunga, amplop, dan pernak-pernik untuk menghiasi pohon Natal di rumah. Penasaran dengan ada origami apa saja?

Berikut Popmama.com berikan 10 inspirasi origami dekorasi Natal yang bisa dibuat bersama anak di rumah!

1. Origami Santa Claus

1. Origami Santa Claus
Thesprucecrafts.com

Walaupun Santa Claus tahun ini mungkin tidak bisa mengunjungi setiap rumah, namun Mama tetap bisa membawa semangatnya berbagi kebahagiaan ke dalam liburan Natal, dengan membuat origami Santa Claus kecil yang menggemaskan.

Mama cukup membutuhkan satu lembar kertas origami persergi berwarna putih, yang berukuran 20 x 20 cm. Akan menjadi nilai tambah jika salah satu sisinya berwarna merah. Namun jika tidak, anak bisa mewarnai bagian belakangnya dengan krayon atau pensil warna merah.

Buatlah sebanyak yang anak sukai dan pajang Santa Claus mini ini di pohon natal atau di tembok rumah dengan menempelkannya pada tali. Mama bisa lihat cara pembuatannya di sini.

2. Origami bintang harapan

2. Origami bintang harapan
Cookcleancraft.com

Ingin keinginan menjadi kenyataan pada Natal ini? Maka buatlah origami “harapan” yang bisa mendatangkan keberuntungan. Buat anak-anak mengisi waktunya dengan membantu Mama membuat karangan bunga origami yang bisa digantung di depan pintu rumah atau di setiap pintu dalam rumah.

Ambil lembaran kertas origami berwarna merah dan hijau, atau dua warna berbeda, dan buat delapan bintang. Rekatkan keduanya dan tempelkan dalam bentuk lingkaran, dan gantung dekorasi ini di pintu-pintu rumah.

Selain mendatangkan keberuntungan pada keluarga, dekorasi ini membuat suasana Natal di rumah lebih meriah. Mama bisa mengikuti instruksi lengkapnya di sini.

3. Pohon Natal mini

3. Pohon Natal mini
Youtube.com/Origami with Jo Nakashima,

Perayaan Natal memang identik dengan pohon cemaranya. Sehingga jika tidak ada dekorasi pohon Natal, mungkin Natal menjadi kurang lengkap di rumah. Namun, bagaimana dengan menempatkan pohon Natal kecil di atas pohon Natal yang sebenarnya?

Video YouTube berikut menampilkan tutorial tentang cara membuat origami pohon Natal. Mama cukup membutuhkan dua lembar kertas origami, berwarna hijau dan coklat. Lembaran hijau untuk daun dan satu lembar coklat untuk batang.

Pohonnya cukup rumit untuk dibuat oleh anak sendiri, sehingga ia akan membutuhkan bantuan dan banyak kesabaran. Namun, hasil akhirnya akan sepadan dengan kesabarannya kok, Ma! Cara pembuatan selengkapnya di video ini.

4. Origami box camilan berbentuk bintang

4. Origami box camilan berbentuk bintang
Muslinandmerlot.blogspot.com

Anak-anak suka makan cemilan seperti coklat dan wafer. Buatlah anak bersemangat tentang Malam Natal dengan membantu anak untuk membuat origami box bintang untuk camilan saat natal. Untuk setiap box bintang, Mama membutuhkan selembar kertas berukuran 6 inci x 6 inci.

Pilih warna berbeda untuk setiap kotak, kemudian lipat kertas menjadi bintang empat titik seperti yang ditunjukkan dan isi setiap kotak dengan permen favorit anak.

Letakkan box bintang di sekitar Pohon Natal dan tunggu sampai hari perayaan tiba. Saat keluarga atau tamu berkunjung, biarkan anak memberikan hadiah box bintang pada mereka. Untuk melihat cara pembuatan lengkapnya, Mama bisa lihat di sini.

Editors' Picks

5. Origami bintang keberuntungan mini

5. Origami bintang keberuntungan mini
Paperkawaii.com

Ingin keinginan menjadi kenyataan pada Natal ini? Maka buatlah hidangan berbentuk bintang yang diisi dengan origami bintang 'harapan' beruntung. Untuk origami ini, Mama membutuhkan selembar kertas panjang, bukan persegi.

Selain itu, lebih baik menggunakan pemotong kertas dan papan daripada gunting karena pemotong cenderung memberikan tepi yang lebih rapi. Setelah selesai melipatnya, masukkan jari untuk 'menggembungkan' bintang.

Setelah menggembungkannya, letakkan di piring. Bintang-bintang akan terlihat sangat cantik duduk di atas meja kopi. Mama bisa melihat cara pembuatan lengkapnya di sini.

6. Ornamen kepingan salju

6. Ornamen kepingan salju
Freepik/Mikeos

Natal dan salju berjalan beriringan, dan pohon Natal di rumah tidak akan terlihat lengkap tanpa kepingan salju yang berkilau. Anak dapat menempelkan kepingan salju hasil kerajinannya pada hadiah, di jendela, dan menggantungnya di pintu.

Origami ini cukup rumit dan ada banyak cara untuk mendesain pola kristal. Mama membutuhkan satu kertas origami persegi untuk setiap kepingan salju. Simak video berikut ini yang memperlihatkan berbagai cara membuat kepingan salju dari kertas origami.

7. Origami kereta luncur Santa Claus

7. Origami kereta luncur Santa Claus
Youtube.com/Origami with Jo Nakashima

Jika Mama pernah membacakan cerita tentang Santa Claus pada anak, tentunya sudah tak asing dengan kereta luncur terbang milik Santa Claus untuk mengantarkan hadiah. Mama dapat membantu anak untuk membuat ornamen kereta luncurnya untuk membuat perayaan Natal lebih menarik.

Untuk kereta luncurnya, siapkan karton yang berukuran 15cm x 15cm. Mama bisa menyiapkan lembaran warna yang sisi berbeda, atau warna lain yang disukai.

Ikuti tutorial seorang seniman origami, oleh Jo Nakashima, agar berhasil membuat kereta luncur. Tingkat kesulitannya rendah namun anak tetap membutuhkan sedikit bantuan dari Mama. Anak-anak dapat dengan mudah membuat kereta dalam beberapa menit.

8. Origami amplop ucapan selamat natal untuk keluarga

8. Origami amplop ucapan selamat natal keluarga
Origami-fun.com

Kali ini adalah proyek menyenangkan lainnya untuk mengisi waktu bersama anak. Minta anak membuat surat pribadi untuk teman dan keluarga dan menyimpannya di dalam amplop yang terbuat dari origami. Dibuat dengan cinta dan kasih sayang, amplop ini tentunya jauh lebih istimewa daripada amplop biasa.

Mama dapat menggunakan kertas apa saja untuk itu, disarankan menggunakan kertas yang berbentuk persegi. Untuk setiap amplop, gunakan warna cerah atau kertas bergambar dengan tema Natal. Origami ini mudah dibuat dan tidak memerlukan gunting atau lem. Lihat tutorial lengkapnya di sini.

9. Origami bola-bola natal

9. Origami bola-bola natal
Paperchase.com

Ornamen Natal yang terbuat dari kertas origami sangat menyenangkan secara visual dan juga membuat anak lebih percaya diri karena sesuatu yang ia buat bisa dipajang di rumah. Yang Mama butuhkan hanyalah segenggam kertas origami berwarna cerah, pita, gunting, dan lem.

Dari setiap kertas, anak bisa membuat bola-bola natal yang menarik. Gantung setiap bola natal di sekitar rumah dan tentu saja di pohon Natal rumah, dan rasakan suasana meriah sepenuhnya.

Untuk panduan lengkap langkah demi langkah tentang cara membuat pernak-pernik origami, Mama bisa lihat di sini.

10. Dekorasi Santa Claus yang bisa bergoyang

10. Dekorasi Santa Claus bisa bergoyang
Colourmylearning.com

Apakah Mama dan keluarga menantikan Natal yang penuh kegembiraan dan tawa riang? Maka jangan lupa untuk untuk membuat suasana pesta lebih seru dan menyenangkan dengan meletakkan Santa Claus yang menari di atas meja.

Video di bawah ini menunjukkan cara agar anak dapat membuat Santa Claus bergoyang riang dengan sebuah lagu.

Nah menyenangkan bukan Ma? Anak dapat menjalani harinya untuk membuat hiasan Natal dari kertas origami. Seni origami ini dapat disimpan selama bertahun-tahun jika disimpan dengan benar. Saat Natal berakhir, simpan kreasi ini dengan hati-hati, dan keluarkan setiap tahun untuk membuat perayaan Natal menjadi hari yang penuh warna.

Origami ornamen Natal mana yang ingin Mama dan anak segera coba?

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.