14 Permainan Edukasi yang Bisa Dilakukan Bersama Balita

Bisa menghibur dan mengedukasi si Kecil

3 Maret 2021

14 Permainan Edukasi Bisa Dilakukan Bersama Balita
Freepik/jcomp

Mengisi waktu luang bersama si Kecil bisa dilakukan dengan bermain. Bermain dengan anak dapat menjadi bagian terbaik dari hari Mama, untuk beristirahat dari pekerjaan sejenak, meningkatkan waktu bonding, sekaligus mengedukasi anak.

Untuk menjadikan waktu bermain istimewa bagi Mama dan anak, Mama tidak perlu mengeluarkan banyak uang atau pergi ke mana pun. Seperti yang Mama tahu, tidak ada tempat seperti rumah. Mama dan anak tetap bisa bermain dengan aman dan nyaman di rumah.

Jika Mama kehabisan ide untuk mengajak anak bermain, kali ini Popmama.com akan membahas ide-ide permainan yang bisa dilakukan bersama si Kecil, ide di bawah ini akan dibagi menjadi ide dengan anggaran yang rendah dan ide dengan anggaran yang mahal.

Jadi, Mama bisa menyesuaikan dengan kebutuhan bermain si Kecil! Simak ide-idenya di bawah ini!

Ide dengan Aktivitas Anggaran Rendah

Ide-ide ini menampilkan aktivitas yang gratis atau tidak mahal, dan banyak di antaranya dapat dilakukan dengan hal-hal yang sudah Mama miliki di rumah, dan tentunya kegiatan ini tetap menyenangkan dilakukan bersama si Kecil!

1. Play-doh

1. Play-doh
Freepik/Yaoinlove

Siapa anak yang tidak suka Play-Doh? Ketika Mama kehabisan ide untuk apa yang harus dilakukan, Mama bisa membuka box atau tempat penyimpanan Play-Doh di rumah dan mulai mengajak anak untuk membentuknya.

Biasanya tidak butuh waktu lama Mama mengajak anak bermain Play-doh. Kemudian Mama dan anak bisa duduk bersama dan membuat "pancake" atau "cookie" atau menggunakan semua cetakan untuk membentuk karakter populer.

Hal terbaik tentang Play-Doh adalah bisa didapatkan dengan harga murah dan di mana saja, anak juga tidak membutuhkan peralatan mewah untuk memainkannya. Si Kecil bisa menggunakan pisau dari mainan masak-masakannya, ditambah gulungan karton kosong dari kertas aluminium untuk meratakan adonan.

2. Bermain peran

2. Bermain peran
Freepik/Ronnachaipark

Baik anak perempuan atau laki-laki, pasti senang bermain peran atau mendandani. Gunakan apa pun yang Mama miliki, seperti topi, gaun, kalung dan gelang, selimut, atau bahkan sesuatu yang sederhana seperti kertas.

Mama bisa mengajak anak untuk membuat kostum unik sendiri, atau temukan ide di Internet.

Di rumah tentunya Mama memiliki banyak benda untuk bermain peran, seperti tiara, gaun putri, kotak P3K, dan berbagai ikat kepala dengan telinga binatang. Kemudian buatlah skenario cerita menarik yang bisa dimainkan oleh Mama dan si Kecil.

3. Bermain musik

3. Bermain musik
Freepik/Nitipong168

Hampir tidak ada anak yang tidak menyukai musik. Bahkan sejak kecil, Mama mungkin biasa menyanyikan lagu-lagu anak untuk menghibur atau menemani tidur anak.

Mengisi waktu di rumah bisa dimanfaatkan dengan bermain musik! Membuat lagu, mendengarkannya, dan menari untuk itu. Dan yang terbaik dari semuanya, musik bisa seratus persen gratis, Mama bahkan bisa cukup gunakan suara sendiri dan bernyanyilah.

Tetapi jika Mama memiliki beberapa alat musik untuk mendukung minat anak dibidang ini, Mama membeli beberapa alat musik yang bisa digunakan selama bertahun-tahun. Meskipun tidak murah, ini adalah kesenangan utama bagi anak yang menyukai musik.

4. Buku mewarnai

4. Buku mewarnai
Freepik/Rawpixel.com

Mewarnai adalah aktivitas yang paling sering dilakukan oleh balita, selama akhir pekan Mama dan anak bisa mewarnai puluhan atau bahkan ratusan halaman buku mewarnai. Mama bisa memilih buku mewarnai yang sesuai dengan karakter favorit anak.

Seperti hewan, tokoh kartun, putri kerajaan, mobi-mobilan, dan lain-lain. Belilah buku mewarnai dengan tema yang paling disukai balita anak, dan pastikan Mama juga memiliki krayon / pensil warna yang berkualitas baik untuk kesenangan mewarnai yang maksimal.

5. Buku dongeng

5. Buku dongeng
Freepik/jcomp

Buku cerita juga menjadi salah satu hal yang paling disukai oleh anak balita. Jika anak mama termasuk senang mendengarkan dongeng, Mama bisa membacakan beberapa dongeng untuknya di waktu luang, dari pagi hingga malam.

Agar lebih mengembangkan imajinasi anak, Mama juga bisa memilih untuk tidak membacakan buku dongeng untuk si Kecil. Melainkan, biarkan anak melihat gambar-gambar di buku cerita tersebut, dan mengarang ceritanya sendiri.

6. Papan gambar magnetik

6. Papan gambar magnetik
Freepik/Mykhailopustovit

Papan gambar bermagnet adalah pilihan yang baik saat anak ingin membuat coret-coret, namun Mama tidak membuang-buang kertas dan menjadi limbah kertas setelahnya. Papan gambar magnetik bisa menjadi solusi terbaik.

Karena magnet bentuk-bentuk yang disertakan dengan papan, seperti gambar hewan, huruf, angka, atau geometri, bisa menyenangkan untuk digunakan, terutama saat Mama bisa membuat wajah seseorang atau bentuk hewan yang lucu dengan si Kecil.

Editors' Picks

7. Memasak dan memanggang

7. Memasak memanggang
Freepik/prostooleh

Memasak dan memanggang bisa sangat menyenangkan bagi anak mama. Namun, jangan berharap anak mengeluarkan cangkir dan mangkuk untuk memasak makanan hotel bintang lima ya!

Sebaliknya, mulailah dengan sesuatu yang sederhana, seperti kue atau biskuit. Takar semua bahan kue yang ingin dibuat sebelum mulai memasak, dan biarkan anak memasukkan bahan-bahan semuanya ke dalam mangkuk dan mengaduknya.

Tentu saja Mama yang harus menangani bagian oven / kompor. Dan bagian terbaik dari ide ini adalah Mama dan anak bisa memakannya.

8. Lukisan anti-kekacauan

8. Lukisan anti-kekacauan
Freepik

Tersedia berbagai macam kanvas atau buku mewarnai yang dirancang untuk digunakan hanya dengan air. Celupkan kuas ke dalam air dan lihat warnanya muncul di atas kertas. Ini sangat berguna ketika si Kecil ingin mengecat, namun Mama tidak ingin membersihkan kekacauan yang bisa ditimbulkannya.

Biarkan anak bebas berkreasi dengan cat yang dimilikinya, ia bisa menggambar hewan, garis lurus, geometri, dan lain-lain. Setelah kering Mama bisa menempelkannya di dinding untuk menunjukkan karya seni si Kecil.

9. Puzzle

9. Puzzle
Pexels/Markus Spiske

Menyatukan teka-teki dapat meningkatkan keterampilan fisik anak, dari memegang potongan puzzle dan memutarnya hingga pas, keterampilan emosional, saat anak belajar bersabar, dan dihargai dengan menyelesaikan teka-teki, dan keterampilan kognitif, melalui pemecahan masalah.

Pilih teka-teki dengan potongan dan gambar yang lebih besar yang mudah diidentifikasi untuk menghindari frustrasi dan memaksimalkan kesenangan. Pilih tema gambar yang paling disukai anak mama.

Ide dengan Aktivitas Anggaran Tinggi

Selanjutnya adalah beberapa mainan yang bisa Mama beli untuk si Kecil. Meskipun lebih mahal daripada aktivitas DIY, di bawah ini adalah mainan-mainan yang bisa tahan lama. Mama juga akan menemukan berbagai penawaran dengan berbelanja di toko-toko mainan.

1. Mainkan masak-masakan

1. Mainkan masak-masakan
Freepik

Apakah anak seorang juru masak yang bersemangat? Jika iya maka belikan anak “dapur” untuk bermain masak-masakan. Bermain masak-masakan menawarkan banyak manfaat untuk balita, seperti memicu kreativitasnya.

Ada banyak jenis dapur bermain yang tersedia, seperti dengan kombinasi lemari es, kompor, dan wastafel, dan beberapa lainnya dilengkapi dengan microwave, mesin cuci, dan bahkan pembuat es batu.

2. Duplo

2. Duplo
Freepik/Fwstudio

Duplo adalah mainan yang sempurna untuk segala usia. Anak dapat berkreasi membangun apapun yang ia inginkan, seperti rumah, hewan, piramida, istal kuda, atau memadukannya dengan set kereta agar bisa membuat jalur berbukit.

Permainan duplo juga memiliki berbagai set berbeda yang tersedia, yang mungkin juga menampilkan karakter favorit si Kecil agar lebih semangat bermain!

3. Kereta-keretaan kayu

3. Kereta-keretaan kayu
Freepik/Shurkin-son

Kebanyakan set kereta kayu tidak murah. Namun, Mama juga harus mencari kereta kayu yang berkualitas dan tahan lama agar tidak cepat rusak. Permainan kereta kayu ini membuat anak berimajinasi untuk menyusun relnya mengitari kamar atau ruang tamu.

Kemudian, setelah anak selesai membangun rel, anak bisa menikmati menonton kereta kayunya bekerja, atau anak bisa menggunakan mainan ini secara manual agar bisa membuat skenario cerita sendiri dari mainan kereta kayunya.

4. Balok-balok kayu

4. Balok-balok kayu
Freepik/Dashu83

Balok kayu adalah mainan klasik yang harus dimiliki, yang telah ada selama ratusan tahun karena banyak disukai anak-anak untuk bermain.

Balita tidak hanya bermain dengan balok-balok kayu, tetapi pada saat yang bersamaan mainan ini meningkatkan keterampilan yang berharga seperti rentang perhatian, keterampilan kognitif, dan keterampilan motorik halus.

Mama dapat membeli satu set balok kayu dengan huruf ABC berwarna, karena ini merupakan mainan yang bagus untuk mengajari anak tentang mengeja huruf serta mempelajari warna.

5. Bermain tenda-tendaan

5. Bermain tenda-tendaan
Freepik/Odua

Bermain tenda-tendaan sangat menyenangkan dan tersedia dalam berbagai bentuk, warna, dan ukuran. Jika anak mama perempuan, Mama bisa memilih tenda kastil putri merah muda untuk si Kecil, sedangkan untuk anak laki-laki Mama bisa membeli tenda camping dengan karakter favoritnya.

Tergantung pada jenis tema tenda, bermainlah sebagai ksatria dan putri, atau buatlah tenda agar terlihat seperti ruang bermain anak, jadi letakkan segala permainan anak di dalamnya, dan minta anak untuk bermain di “ruang” bermainnya.

Namun, selain untuk bermain terkadang menyenangkan hanya duduk di tenda dan membaca atau tidur sebentar.

Nah itulah beberapa aktivitas bermain yang bisa Mama lakukan bersama si Kecil saat mengisi waktu luang atau di akhir pekan. Pilihlah permainan-permainan yang menghibur anak dan mengedukasinya, agar di masa-masa pertumbuhan anak, ia sudah bisa mengisi waktu dengan hal-hal yang bermanfaat untuk masa depannya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.