Aktivitas Seru untuk Tingkatkan Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini

Poin No.2 akan turut meningkatkan daya imajinasi Si Kecil yang kreatif

25 Mei 2018

Aktivitas Seru Tingkatkan Bahasa Inggris Anak Usia Dini
Freepik

Hal yang paling menyenangkan dari era Millennial saat ini adalah keadaan di mana teknologi menyatukan orang antar negara untuk dapat berkomunikasi secara mudah. Tentu, dalam perihal ini, kemampuan Bahasa Inggris sangatlah dibutuhkan.

Maka dari itu, Mama dianjurkan untuk membangun kemampuan Bahasa Inggris anak mama yang sangat dibutuhkan untuk masa depannya.

Caranya sangat mudah. Cukup mulai dengan 7 aktivitas seru yang bisa meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris anak di bawah ini.

1. Permainan Bahasa Inggris

1. Permainan Bahasa Inggris
electronics.howstuffworks.com

Kita pasti setuju bahwa definisi dari aktivitas seru bagi anak mama tercinta adalah permainan yang menyenangkan. Tentu, dalam perihal ini, Mama dianjurkan untuk mengajak Si Kecil bermain permainan Bahasa Inggris.

Ada berbagai macam pilihan seperti Scrabble dan Boggle. Masing-masing dari kedua permainan tersebut membantu Si Kecil mengenal beragam kata-kata dalam Bahasa Inggris dan menguasai cara mengucapkannya.

2. Membuat sebuah cerita

2. Membuat sebuah cerita
r.ddmcdn.com

Anak mama yang masih kecil memanglah memiliki rangkaian imajinasi yang sangat kreatif dan menggemaskan.

Hal ini nyatanya bisa Mama manfaatkan untuk mendorong Si Kecil mengeksplorasi dunia fantasinya dengan kempuan Bahasa Inggris.

Caranya, Mama cukup mendorong Si Kecil untuk membuat sebuah cerita yang menyenangkan. Hal ini bisa dilakukan baik secara lisan ataupun tertulis.

Pastikan Si Kecil melakukannya sesuai dengan keinginannya dan berilah kebebasan untuknya berimajinasi dalam Bahasa Inggris.

Editors' Picks

3. Menulis jurnal kehidupan

3. Menulis jurnal kehidupan
parentingsquad.com

Apabila Mama ingin meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris Si Kecil sekaligus kemampuan menulisnya, hal ini bisa dilakukan secara bersamaan melalui sebuah aktivitas seru yang adalah menulis jurnal kehidupan.

Benar sekali! Anak mama dapat didorong untuk mulai menulis perasaan dan pikirannya saat melalui kesehariannya dalam sebuah jurnal kehidupan atau diary. Dari situ, Mama dapat memintanya untuk menceritakan tulisannya secara lisan dalam Bahasa Inggris.

4. Menciptakan resep di buku

4. Menciptakan resep buku
Freepik
Memasak bersama anak

Berbicara mengenai kegiatan menulis dan daya imajinasi anak kecil seusia anak mama yang kreatif, Mama bisa lho, melakukan aktivitas seru yang dapat meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris anak mama melalui tulisan resep Si Kecil pada sebuah buku.

Mulailah dengan mengajak Si Kecil membantu mama memasak makanan yang ringan dan prosesnya tidak berbahaya. Kemudian, dorong anak mama untuk menulis resep makanan ciptaannya untuk kalian membuatnya bersama-sama nantinya.

5. Membaca buku bersama

5. Membaca buku bersama
Freepik

Berbicara mengenai upaya untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris anak mama sejak berusia dini, hal ini tentu saja tidak boleh lepas dari aktivitas membaca buku yang sangat efektif untuk mengenalkan rangkaian kata-kata dalam Bahasa Inggris.

Untuk itu, marilah ajak anak mama tercinta untuk ikut membaca buku dalam Bahasa Inggris bersama-sama.

Mulailah dengan membacakannya secara bersuara dan biarkan Si Kecil mendengar. Kemudian dorong Si Kecil untuk mengikuti setiap ejaan bersama-sama.

6. Menikmati tontonan Bahasa Inggris

6. Menikmati tontonan Bahasa Inggris
dailytelegraph.com.au
Asik, main games positif bareng Mama dan Papa!

Sebagai bagian dari era Millenial, kita tentu saja tidak mungkin lepas dair penggunaan teknologi dan gadgets. Tanpa terkecuali, anak mama tercinta yang sudah mengenai penggunaan gadgets untuk sekedar hiburan semata.

Atas dasar itu, Mama dianjurkan untuk turut melengkapi aktivitas seru yang meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris Si Kecil dengan meninkmati tontonan Bahasa Inggris bersama. Mama dapat menggunakan gadgets atau sekedar memanfaatkan televisi saja.

7. Menyanyi lagu-lagu kesayangan

7. Menyanyi lagu-lagu kesayangan
additudemag.com

Terakhir, kita pasti setuju bahwa musik selalu menjadi salah satu faktor yang bisa menyenangkan hati sekejab.

Dalam rangka ini, tidak ada salahnya jika Mama mengisi hari-hari Si Kecil dengan menyanyi lagu-lagu kesayangan Si Kecil yang ber-Bahasa Inggris.

Mama dapat melakukannya di rumah ataupun dalam perjalanan di mobil pribadi Mama. Sebagai rekomendasi, kami menyarankan supaya Si Kecil didorong untuk menggerakkan kaki dan tangannya saat mendengarnya supaya anak mama benar-benar menikmatinya.

Sekarang, Mama telah melihat beberapa aktivitas seru untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris Si Kecil. So, tunggu apa lagi? Yuk, kita lakukan bersama sekarang juga.

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.